Pulau Banda Neira (Sumber gambar: Kementerian Luar Negeri)

5 Tempat Wisata Unik di Banda Neira, Bukan Cuma Pantai!

12 October 2022   |   06:54 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pulau Banda Neira mendadak jadi perbincangan hangat di jagat media sosial Twitter. Rupanya, pulau kecil yang berada di Maluku Tengah ini tengah dibicarakan karena keindahan alamnya yang masih jarang terjamah wisatawan. Banda Neira memiliki luas 3 km persegi yang menyuguhkan gugusan pulau cantik dikelilingi lautan.

Dilansir dari situs Wondeful Indonesia, Banda Naira merupakan satu di antara sepuluh pulau vulkanik di kepulauan Banda yang terkenal dengan kepulauan tropis hijau dari kumpulan pohon Myristica yang asli dari pulau ini. Pohon Myristica jiuga menjadi sumber dari dua rempah langka yakni pala dan fuli, yang sangat menguntungkan bagi warga sekitarnya.

Eksotisme pulau ini juga terlihat dari kilauan laut safir yang mengitari pulaunya. Terdapat banyak karang indah dengan kehidupan laut yang melimpah di pulau penuh keindahan itu.

Baca juga5 Fakta Menarik Banda Neira, Setitik Surga di Maluku Tengah yang Bersejarah

Tidak hanya wisata laut, Banda Naira juga dinilai memiliki wisata-wisata alam hingga historis lainnya yang menairk untuk dikunjungi. Yuk simak!
 

1. Gunung Api Banda

Gunung Api Banda (Sumber gambar: Kemdikbud)

Gunung Api Banda (Sumber gambar: Kemdikbud)


Menjadi ikon keindahan Pulau Banda Naira, Gunung Api Banda menyajikan pemandangan pulau dan keindahan laut yang mengelilinginya sejauh mata memandang. Gunung Api Banda juga menjadi salah satu identitas Pulau Banda Neira sebagai pulau vulkanik. Untuk wisata yang lebih menantang, kamu bisa mendaki ke Gunung Api Banda ini loh Genhype!
 

2. Pulau Syahrir

Dikenal dengan keindahan lautnya, Pulau Syahrir sangat cocok untuk Genhype yang menyukai wisata bawah laut seperti snorkeling atau diving. Beberapa spot seperti Tanjung Pisang memberikan kesejukan mata dengan keanekaragaman terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.
 

3. Pulau Nailaka

Pulau tropis dengan pasir berwarna putih dan air laut tosca kebiruan yang mengelilingi Pulau Nailaka tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjungke Banda Naira. Selain keelokan pasir dan airnya, pulau ini juga mewarkan ketenangan dan kenyamanan di sebelah timur Indonesia dengan pemandangan gugusan pulau berwarna hijau.


4. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Rumah Pengasingan Bung Hatta (Sumber gambar: Kemdikbud)

Rumah Pengasingan Bung Hatta (Sumber gambar: Kemdikbud)


Selain wisata alam, kamu juga bisa menikmati wisata historis seperti Rumah Pengasingan Bung Hatta. Dilansir dari Arsip Indonesia, rumah ini menjadi pengasingan bagi tokoh proklamasi Indonesia yakni Mohammad Hatta pada 1936-1942. Selama 8 tahun diasingkan, Bung Hatta tinggal di rumahnya di Banda Neira dan mengajar banyak anak di sana.
 

5. Benteng Belgica

benteng Belgica (Sumber gambar: Kemdikbud)

benteng Belgica (Sumber gambar: Kemdikbud)


Wisata sejarah selanjutnya adalah benteng Belgica. Tempat ini merupakan peninggalan sejarah berupa benteng yang besar dan kokoh di tengah keindahan Banda Neria.

Dilansir dari situs Kemdikbud, benteng Belgica ini dibangun pada 4 September 1611 di bawah perintah Gubernur Jenderal VOC Pieter Both, yang selanjutnya menjadi wadah bagi perdagangan rempah dunia.

Genhype, itulah beberapa wisata di Banda Neria yang wajib kamu kunjungi. Siap untuk berwisata ke Maluku?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Fakta di Balik Pink Pony Polo yang Dikenakan Mark Lee NCT, Komitmen untuk Penyintas Kanker Payudara

BERIKUTNYA

Jakarta Fashion Week 2023 Bakal Hadir di Metaverse, Yuk Simak Gambarannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: