Ilustrasi laut Pulau Setan yang berwarna biru dan memanjakan mata para pelancong. (Sumber gambar: Unsplash/ Leslie Wong)

Tak Seseram Namanya, Ini Pesona Pulau Setan yang Tidak Boleh Dilewatkan

08 October 2022   |   14:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Berbicara mengenai setan, maka yang ada di dalam pikiran kita adalah makhluk gaib yang menakutkan. Namun, tidak dengan kata setan yang merujuk pada sebuah pulau di Provinsi Sumatra Barat. Pulau Setan yang berada di kawasan Mandeh itu bahkan memiliki beragam pesona yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong.

Sebagaimana dilansir dari laman mandeh.pesisirselatankab.go.id, Pulau Setan memiliki nama asli Pulau Sultan. Namun, nama pulau ini mengalami perubahan seiring dengan pelafalan masyarakat setempat yang menyebut kata Sultan dengan Setan.

Kian lama, nama Pulau Sultan pun mengalami perubahan menjadi Pulau Setan. Jadi, para pelancong tidak akan menemukan berbagai bentuk mistis yang menyeramkan ketika mengunjungi pulau ini. Para wisatawan justru akan menemukan beragam keindahan yang dapat membuat ingin berlama-lama berada di Pulau Setan.

Baca jugaRekomendasi Desa Wisata di Sumatra Barat yang Wajib Kalian Kunjungi!

Pulau Setan adalah adalah salah satu dari sejumlah pulau yang terdapat di kawasan objek wisata Mandeh. Tempat ini menjadi surga wisata bagi para pelancong di Kabupaten Pesisir Selatan, terlebih secara keseluruhan objek wisata di kawasan ini memiliki gugusan dan kesamaan dengan pulau cantik seperti Raja Ampat di Papua Barat.

Dilansir dari laman Indonesia.go.id, Pulau Setan adalah pulau yang cocok bagi pelancong yang suka dengan suasana tenang, pribadi, dan jauh dari keramaian. Kalian yang ingin berkunjung dapat mengguakan perahu atau boat.

Berikut sejumlah pesona yang dapat kalian temukan saat berkunjung ke Pulau Setan.
 

Biru Laut

Di tempat ini, sejumlah indera kita akan menikmati keindahan Pulau Setan. Mata akan dimanjakan oleh birunya laut dan pasir pantai yang putih bersih. Kemudian, indera pendengaran akan mendengar alunan deburan ombak yang dapat memberikan kedamaian dan ketenangan.

Tidak hanya itu, di Pulau Setan yang dikelilingi oleh lautan ini juga dapat menjadi tempat bermain bagi anak-anak. Mereka bisa dengan nyaman berenang mengingat pinggiran pantai yang dangkal.
 

Sajian Kuliner

Lelah bermain air dan berenang atau sambil menikmati laut yang mempesona, kalian bisa menikmati santapan nikmat yang tersedia di sejumlah warung. Tidak hanya makanan, warung-warung milik warga itu juga menyediakan berbagai minum untuk menghilangkan dahaga.
 

Bersantai

Kalian dan keluarga yang hanya ingin bersantai dengan duduk santai di pinggir pantai dapat menyewa tikar mengingat banyak warga yang menyewakannya. Dengan pemandangan laut yang mempesona, duduk di panggar pantai juga memberikan kenikmatan tersendiri.
 

Wahana Permainan Laut

Bagi kalian yang senang dengan berbagai permainan laut, kalian dapat menikmati banana boat dan donut boat di Pulau Setan. Harga yang ditawarkan kepada para pelancong untuk bermain wahana ini pun cukup terjangkau.
 

Keliling Pulau

Pulau Setan adalah salah satu dari kawasan wisata Mandeh. Jadi selain ke Pulau Setan, kalian bisa berkeliling ke sejumlah pulau dengan menggunakan perahu atau boat. Kalian hanya perlu membayar sekitar Rp500.000 – Rp700.000. Besaran biaya yang harus kalian bayar bergantung pada banyak wilayah yang ingin dikunjungi.

Baca juga5 Destinasi Wisata Belitung, Pulau di Lepas Pantai Timur Sumatra yang Memesona

Selain Pulau Setan, terdapat Pulau Sironjong Gadang, Sironjong Ketek, Hutan Mangrove, dan air terjun Sei Gumuruh di kawasan ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Resep Nasi Rasul Khas Lombok, Hidangan Khas Maulid Nabi Muhammad

BERIKUTNYA

Hypereport: Melihat Geliat Bisnis Tamiya, di Balik Nostalgia dan Ajang Kompetisi Penuh Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: