Wisata Mandeh, Sumatra Barat (Sumber gambar: Muhammad Noli Hendra/Bisnis)

Surga Bahari Mandeh, Pesona ‘Raja Ampat’ dari Sumatra Barat

15 September 2024   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sumatra Barat dikenal dengan aneka tradisi dan festival menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Misalnya, bagaimana budaya Minangkabau dan kuliner ala Padang yang begitu populer menjadi daya tarik wilayah di sebelah Barat Pulau Sumatra ini. 

Selain tradisi dan kuliner, Sumatra Barat juga diunggulkan dengan keindahan alamnya yang tak kalah menakjubkan. Gunung Singgalang, Danau Singkarak, pemandian air panas di Painan, hingga Taman Nasional Bukit Barisan Selatan hanyalah beberapa di antara objek wisata terkenal di Sumatra Barat.
 
Namun, Sumatra Barat juga tak kalah menarik dengan wisata baharinya. Kawasan Wisata Bahari Mandeh menjadi salah satu objek wisata bahari yang banyak menarik perhatian. Terletak di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Mandeh menjadi destinasi ideal bagi pelancong yang ingin merasakan keindahan alam yang fantastis.  

Baca juga: Rekomendasi Desa Wisata di Sumatra Barat yang Wajib Kalian Kunjungi! 
 
Wisata Mandeh menjadi tempat ideal untuk melarikan diri dari kesibukan kota yang padat.  Dengan  pantai berpasir putih, Mandeh juga memiliki air yang jernih dan beragam aktivitas yang dapat dinikmati, sehingga menawarkan pengalaman bahari yang tak terlupakan. 
 
Berlokasi sekitar 120 km dari pusat kota Padang, Mandeh dikenal dengan julukan "Raja Ampat-nya Sumatra" berkat panorama bahari yang memukau. Kepulauan Mandeh terdiri dari sejumlah pulau kecil dengan perairan yang jernih dan hamparan pantai berpasir putih. 
 

Wisata Mandeh, Sumatra Barat (Sumber gambar: Muhammad Noli Hendra/Bisnis)

Wisata Mandeh, Sumatra Barat (Sumber gambar: Muhammad Noli Hendra/Bisnis)

Salah satu daya tarik utama dari kawasan ini adalah Taman Nasional Mandeh. Di sana, wisatawan dapat melihat eksotisnya pulau-pulau, terumbu karang alami, serta hutan mangrove yang melindungi ekosistem laut.

Selain itu, ada pula pantai-pantai indah seperti Pantai Pasumpahan dan Pantai Carocok yang memiliki pasir putih yang bersih dengan air jernih yang sempurna bagi wisatawan yang ingin berenang dan bersantai.
 
Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas air, mulai dari snorkeling dan diving, hingga berlayar dengan kapal tradisional sambil menikmati keindahan kedalaman laut dan permukaan laut. 
 

Wisata Mandeh, Sumatra Barat (Sumber gambar: Muhammad Noli Hendra/Bisnis)

Wisata Mandeh, Sumatra Barat (Sumber gambar: Muhammad Noli Hendra/Bisnis)

Wisata Mandeh juga sering menjadi spot andalan untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam berteman kejernihan air Mandeh.  Sapuan langit berwarna oranye dan pink menjadi pemandangan indah yang melatari gugusan pulau-pulau kecil di sekitar Mandeh.

Wisata Mandeh menawarkan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan wisatawan selama berkunjung. Di sekitar area wisata, ada beberapa resort dan homestay yang menyediakan akomodasi nyaman. Beberapa penginapan juga menyedikan view langsung ke arah  pemandangan laut yang memukau. Beberapa tempat juga menawarkan fasilitas restoran yang menyajikan hidangan laut segar serta masakan lokal yang menggugah selera.
 
Untuk menikmati berbagai keindahan wisata Mandeh ini, wisatawan perlu merogoh kocek  antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang. Untuk menuju ke Wisata Mandeh, wisatawan perlu mengambil rute menuju Pesisir Selatan dari pusat Kota Padang. Ikuti Jalan Lintas Barat Sumatera (Jalan Raya Padang - Painan) melewati Lubuk Alung dan Pariaman menuju Pesisir Selatan.

Perjalanan darat ini akan berlangsung dalam waktu 3-4 jam perjalanan. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Mandeh menggunakan kapal atau boat di sekitar dermaga. Perjalanan menggunakan kapal lokal diperkirakan memakan waktu 30-60 menit.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Editor Aline Jusria: Regenerasi Penyunting Film Panjang Belum Ideal

BERIKUTNYA

Hypereport: Potensi Meditasi & Retret Spiritual Jadi Arah Baru Wisata Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: