Bekunjung ke desa wisata bisa menjadi salah satu alternatif liburan (Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

Rekomendasi Desa Wisata di Sumatra Barat yang Wajib Kalian Kunjungi! 

02 May 2022   |   21:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menggencarkan konsep desa wisata di berbagai wilayah di Indonesia, yang menawarkan pengalaman berwisata unik, menarik, dan bersifat lokalitas. Kali ini Hypeabis.id akan membahas desa wisata yang ada di provinsi Sumatra Barat.

Sebagai informasi, Provinsi tersebut menempatkan empat entri dalam daftar 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Keempat desa tersebut adalah Desa Sungai Batang yang ada di Kabupaten Agam, Desa Wisata Kampung Minang di Kabupaten Tanah Datar, Desa Wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota, dan Desa Wisata Apar di Kabupaten Pariaman. 

Mari kita lihat satu per satu apa saja yang ada dan bisa dilakukan di desa-desa wisata yang ada di Provinsi Sumatra Barat itu :


1. Desa Sungai Batang, Kabupaten Agam
 

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

 

Desa Wisata Sungai Batang merupakan wilayah atau nagari yang terletak di tepian danan Maninjau. Desa wisata ini kaya akan potensi budaya, sejarah, dan tradisi adat istiada yang masih kental. Ini juga menjadi tempat kelahiran tokoh Indonesia, Buya Hamka.

Di desa wisata ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang ciamik dari Pantai Tapian Kualo, hamparan rumput hijau Ranggeh View yang dikelilingi oleh sawah dan pemandangan danau Maninjau. Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata edukasi menyusuri jejak Buya Hamka. 
 

2. Desa Wisata Kampung Minang, Kabupaten Tanah Datar 

 

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)


Desa Wisata Kampung Minang atau dikenal dengan Kampuang Minang Nagari Sumpu, terletak di Kecamatan Batipuh Selatan, tepatnya berada di sebelah utara Danau Singkarak yang dilalui oleh aliran Batang Sumpu. 

Desa ini menyuguhkan kombinasi antara pemandangan alam yang kaya mulai dari hamparan sawa, aliran sungai, danau, hingga air terjun bersama dengan wisata budaya yang kental. Ada juga wisata seni budaya misalnya pertunjukan kesenian tradisional Sumpu seperti tari, randai, dan silat.


3. Desa Wisata Saribu Gonjong, Kabupaten Lima Puluh Kota
 

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

Bernama lengkap Desa Wisata Saribu Gonjong - Sarugo, kawasan wisata ini baru diresmikan pada Agustus 2019 berkat kerja sama antara mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata, bersama dengan pemerintah kecamatan, kabupaten, dan provinsi setempat.

Desa wisata ini terletak di dataran tinggi gugusan Bukit Barisan yang terkenal itu. Wilayah perkampungannya dikelilingi oleh gugusan perkebunan jeruk yang dikenal dengan Jeruk Siam Gunuang Omeh. Selain itu, desa ini juga memiliki wisata sejarah yang kental karena menjadi basis perjuangan Pemerintah Darurat Republik Indonesia sekitar 1948-1949. 
 

4. Desa Wisata Apar, Kabupaten Pariaman
 

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

(Sumber gambar: Jadesta Kemenparekraf)

Desa Wisata Apar merupakan spot lokasi wisata yang ada di Kabupaten Pariaman dengan konsep yang menyuguhkan wisata alam dan budaya kearifan lokal. Dari sisi wisata alam, Apar punya bentangan pantai yang memukau mulai dari hutan mangrove hingga hamparan pasir putih dan laut biru.

Selain itu, ada juga wisata kearifan lokal seperti atraksi beruk, di mana wisatawan bisa melihat langsung aksi beruk memetik atau menjatuhkan buah kelapa. Atraksi lainnya yang bisa dilakukan adalah tracking hutan mangrove hingga bermain kano di sepanjang tepian pantai. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cukup Pakai Smartphone, Ini Kiat Foto Keluarga di Momen Lebaran 

BERIKUTNYA

Film The Marvels & Ant-Man 3 Tukar Jadwal Tayang Perdana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: