Salah satu adegan dalam film Until Tomorrow karya Ali Asgari (sumber gambar IMDB)

Jangan Terlewat! Ini 5 Film Pilihan dari Madani International Film Festival 2022

07 October 2022   |   20:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Rasa dan Asa (2022)

 

Film dokumenter karya Nasrikah, dan Okui Lala ini mengikuti kegiatan dari sebuah organisasi Persatuan Pekerja Rumah Tangga Indonesia Migran (PERTIMIG) beserta perjalanan anggotanya yang berjuang demi hak-hak pekerja domestik migran. 

Organisasi PERTIMIG sering mengadvokasikan pekerjaan layak dan kesejahteraan bagi para pekerja domestik di Malaysia. Selain itu, mereka juga sering membuat rekaman hasil kegiatan-kegiatan daring mereka selama Juni–September 2021.

Kebanyakan gambar dalam film ini diambil dari jarak jauh oleh para anggota PERTIMIG dengan menggunakan telepon pintar selama Perintah Kawalan Pergerakan di Malaysia. Saat ini organisasi tersebut juga menggunakan video ini untuk menjangkau para pekerja domestik lain di Negeri Jiran.


5. Until Tomorrow (2022)

 

Keberanian seorang ibu tunggal diuji ketika dia nekat melakukan tindakan putus asa untuk menyembunyikan anak tak sahnya dari  kedua orang tuanya.

Until Tomorrow adalah sebuah studi tentang generasi milenial dan bagaimana mereka menengok kembali sistem nilai, yang  tidak hanya terjadi di  Iran tetapi juga di banyak negara lain. 

Pengembaraan Fereshteh, tokoh sentral dalam film ini akan membawa penonton ke lapisan lebih dalam ibukota Iran, Teheran, untuk memahami bagaimana kaum muda memperoleh keberanian dan kepercayaan diri dalam mempertanyakan ulang cara hidup tradisional dan melepaskan diri dari budaya patriarki. 

Sutradara Ali Asgari lewat film ini  juga menggambarkan karakteryang kompleks. Dalam filmnya dia juga enyajikan tegangnya kehidupan nyata yang otentik, sehingga bakal membuat penonton merasakan urgensi dan implikasi situasi yang dihadapi oleh Fereshteh.

Film yang yang meraih nominasi Golden Eye, Best International Feature Film, Zurich Film Festival 2022 ini juga akan menjadi penutup serangkain acara Madani IFF 2022.

Di samping kelima film tadi, masih ada juga beberapa film-film menarik lainnya yang akan ditayangkan di Madani IFF 2022 antara lain The Silhouettes (2020), High People (2022), I Wish Our House Had Water (2022), Beirut The Encounter (1981), dan Mandabi (1968).

Ada juga kategori film dengan tema Women of Madani yang menampilkan sederet judul seperti, Sonne (2022), Hive (2021), Changing Room (2022), The Snow Calls (2021), Not My Mothers Baking (2020), film animasi karya sutradara asal Ceko, Michaela Pavlátová yang berjudul My Sunny Maad (2021) dan masih banyak lagi. Yuk siap-siap datang ke Madani IFF 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Cegah Gugatan Hak Cipta, Getty Images Larang Gambar Buatan AI

BERIKUTNYA

Bisnis Barbershop Makin Menggiurkan, Intip 3 Rekomendasi Franchise Barbershop Modal Minim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: