Synchronize Fest (Sumber gambar: Communication SynchronizeFest)

Synchronize Festival 2022 Hadirkan Lagi Green Movement, Yuk Bikin Konser Ramah Lingkungan!

07 October 2022   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Hari ini, Jumat (7/10/2022), Synchronize Festival 2022 akan mulai digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Puluhan ribu penonton dipastikan akan hadir menikmati festival musik tahunan itu dengan suguhan penampilan ratusan musisi lintas generasi dan genre. Festival tahunan ini menjadi oase bagi para pecinta musik di Indonesia.

Pada gelaran hari pertama ini, sederet musisi siap menyapa kembali penggemarnya di panggung Synchronize Festival 2022 seperti diantaranya Danilla, Project Pop, Efek Rumah Kaca, Endah N Rhesa, Souljah, .Feast, Jason Ranti, Andien, Sal Priadi, dan Shaggydog.

Sebagai sebuah acara dengan massa yang besar, Synchronize Fest tentu memiliki potensi terhadap dampak  lingkungan yang tidak hanya menciptakan timbulan sampah, tetapi juga penggunaan energi, kontribusi terhadap polusi udara (penggunaan kendaran bermotor) serta dampak lingkungan lain yang perlu disikapi dengan serius. Hal ini guna menjaga kelestarian kualitas ruang hidup bersama.

Baca juga3 Agenda Seru di Synchronize Festival 2022, Bisa Ketemu Idola!

Atas kesadaran itulah, pihak penyelenggara Synchronize Fest melanjutkan inisiatif kampanye gerakan peduli sosial dan lingkungannya atas dampak pelaksanaan festival melalui  #GreenMovement. Kampanye ini pertama kali diimplementasikan pada Synchronize Fest 2019 lalu.

Gerakan ini turut meliputi partisipasi seluruh pihak yang terlibat di acara, mulai dari penyelenggara, pihah sponsorship, pihak vendor, sampai dengan seluruh pengunjung yang hadir di Synchronize Fest.

Hal tersebut diwujudkan dengan beberapa aktivasi seperti mengajak para pengunjung Synchronize Festival untuk dapat membawa botol minum mereka di dalam area festival, penyediaan area water refill yang dapat dinikmati secara gratis bagi seluruh pengunjung, dan pengelolaan sampah terpilah, demi menyebarkan kampanye kesadaran lingkungan dan sosial di wilayah festival.

"Harapannya, langkah kecil ini dapat berdampak baik dan besar bila dilakukan bersama-sama," demikian tulis pihak penyelenggara dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Jumat (7/10/2022).

Adapun, berikut adalah 4 komitmen green movement yang diterapkan dalam gelaran Synchronize Fest 2022.
 

1. Internal Change Behaviour

 
 
  • Mengurangi dengan signifikan penggunaan kemasan sekali pakai untuk makanan dan minuman bagi seluruh tim panitia;
  • Mengkampanyekan gerakan pengurangan kemasan plastik sekali pakai kepada seluruh partisipan festival.


2. Waste Management

 
 
  • Menerapkan Less Waste Event;
  • Menyediakan wadah sampah terpilah pada festival;
  • Membuka ruang kerjasama komunitas yang bisa memanfaatkan barang bekas pakai dari seluruh lini promosi festival seperti umbul-umbul dan baliho menjadi  produk dengan nilai tambah;
  • Mengolah sampah organik yang dihasilkan dari festival menjadi kompos;
  • Membuka Synchronize Recycle Station, dimana pengunjung bisa terlibat aktif  dalam mengelola sampahnya selama festival berlangsung.


3. Bring Your Own Tumbler

 
 
  • Seluruh jajaran tim panitia, penampil, dan pekerja pelaksana diwajibkan membawa tumbler;
  • Menyediakan water station bagi panitia dan pengunjung.


4. Bike to Synchronize Fest

 
 
  • Mengundang pengunjung festival untuk menggunakan sepeda atau transportasi publik ketika hadir menuju lokasi festival;
  • Menyediakan fasilitas lokasi parkir sepeda yang aman, layak dan nyaman bagi pesepeda yang hadir ke festival.


Lineup Synchronize Fest 2022

Tahun ini, nama-nama musisi besar industri musik Tanah Air bakal menggebrak panggung Synchronize Fest 2022 di antaranya adalah Agnez Mo, Ahmad Band, Cokelat, Potret, Kahitna, Radja, Deadsquad feat. Isyana Sarasvati, Erwin Gutawa & 3Diva (Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya), dan masih banyak lagi.

Selain nama-nama tersebut, masih ada ratusan penampil lagi yang telah dikonfirmasi menjadi bagian dari perayaan festival musik yang disebut-sebut menjadi game change dalam kancah industri pertunjukan musik di Indonesia tersebut. 

Sederet nama lineup atau musisi lain di antaranya adalah Denny Caknan, David Bayu, Alam Mbah Dukun, President Jancukers alias Sujiwo Tejo, Senyawa, Gabber Modus Operandi, Voice of Baceprot, OM New Palapa, The Groove Bersama Rieka Roslan, Yuke Sampurna, dan Ali Akbar yang akan merayakan 25 tahun perjalanan mereka dengan tampil reuni.

Sementara itu berbagai proyek kolaborasi musik secara khusus juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan Synchronize Festival 2022, antara lain Dipha Barus Bersama Bahana Bintang, Orkestra Nasida Ria Bersama Tjut Nyak Deviana, Jhonny Iskandar bersama Orkes Nunung Cs, dan Payung Teduh x Pusakata dengan Is yang bakal kembali menjadi vokalis di kolaborasi tersebut. 

Down For Life X Gondrong Gunarto juga akan menampilkan kolaborasi musik metal dengan gamelan. Proyek supergroup yang digagas oleh Synchronize Fest yang menampilkan Oslo Ibrahim, Romantic Echoes, Bilal Indrajaya, Morad & The Band, juga hadirnya pergelaran Swara Gembira untuk Guruh Sukarno Putra yang secara spesial akan memberikan pertunjukan musik, tari, dan busana dengan set super megah. 

Baca jugaCek Jadwal Tampil Musisi di Synchronize Festival 2022 Akhir Pekan Ini

Puncak kolaborasi yang pantang dilewatkan adalah pentas Spirit of Dara Puspita Bersama Fleur! yang menjadi penanda pertama kalinya grup garage rock legendaris tampil dengan personel lengkap setelah 50 tahun. Kuartet Titiek A. R., Lies A. R., Titik Hamzah, Susy Nander itu akan tampil  bersama musisi-musisi perempuan populer seperti Fleur!, Endah Widiastuti, Bonita, NonaRia, The Dare, MMS (Mela, Mar Sari) dan Rika Putrianjani.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Menu Sarapan Ini Selalu Jadi Favorit Orang Indonesia, Kamu Pilih Mana?

BERIKUTNYA

Rayakan Hari Jadi ke-18, Kotak Siap Beraksi Tur Konser di 8 Kota!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: