Tampilan variasi menu sarapan (Sumber gambar : Freepik)

5 Ide Sarapan Anti Ribet, Dicoba Yuk!

06 October 2022   |   10:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sarapan pagi sangat penting untuk kesehatan. Ini menjadi sumber energi untuk kita menjalani hari. Namun, tidak sedikit orang melewatkannya dengan alasan terburu-buru ingin berangkat ke sekolah, kuliah, kantor, atau harus mengurusi pekerjaan terlebih dahulu. 

Manfaat sarapan pagi sangat banyak. Selain menjadi sumber energi, sarapan membantu kita melindungi tubuh dari penyakit. Menurut studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan pagi cenderung lebih tinggi. 

Sarapan juga membantu kita untuk fokus, berkontribusi menurunkan berat badan, meningkatkan mood, dan tentu memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Idealnya, sarapan dilakukan jam 7 atau 8 pagi. Buat kamu yang mengaku ribet menyiapkan sarapan pagi, berikut menu praktis yang bisa dicoba ya Genhype

Baca jugaSajikan Sarapan Praktis & Spesial, Intip 3 Resep dari Chef Devina Hermawan Yuk!
 

1. Overnight Oats 

Overnight oats (Sumber gambar : Freepik)

Overnight oats (Sumber gambar : Freepik)

Overnight oat adalah pilihan sarapan yang mudah dan tidak memerlukan waktu persiapan pada pagi hari. Kamu cukup merendam oat dengan susu atau yoghurt di malam hari. Jadi ketika pagi, kamu tinggal menambahkan topping seperti biji chia, buah, sirop, atau apapun yang sesuai selera. Oat merupakan sumber serat beta glucan yang baik, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.


2. Parfait Yogurt 

(Sumber gambar: Rawpixel)

(Sumber gambar: Rawpixel)

Yogurt menyediakan kalsium, mineral penting untuk tulang yang kuat, menjadikannya tambahan yang bagus untuk sarapan kamu. Parfaits yogurt disukai semu usia, bahkan tidak perlu resep khusus atau rumit tertentu untuk membuatnya.

Caranya mudah, sediakan yogurt dan sajikan dengan toping buah potong segar, granola, kacang-kacangan, dan biji-bijian di atasnya. Kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan selera anggota keluarga. Untuk menjaga kadar gula tetap rendah, gunakan plain yoghurt dan granola yang tidak mengandung banyak pemanis. Kamu juga bisa menyiapkan parfaits ini sebelumnya di malam hari.
 

3. Paprika Telur 

(Sumber gambar: Unsplash/Tania Trush)

(Sumber gambar: Unsplash/Tania Trush)

Untuk sarapan sederhana, potong-potong paprika menjadi empat bagian memanjang, hilangkan batang dan bijinya. Panggang selama 15 menit di oven pada suhu 175 derajat Celcius.Angkat paprika, taruh telur di atasnya, taburi sedikit lada. Panggang kembali selama 15 menit atau sampai telur masak sesuai keinginan kamu. Kamu bisa menambahkan keju di atasnya. 

Dengan sarapan ini, kamu tidak hanya akan mendapatkan protein dari telur, tapi paprika merupakan sumber nutrisi yang hebat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Paprika diketahui mengandung vitamin A dan vitamin C. 
 

4. Roti Panggang Alpukat

Roti panggang alpukat (Sumber gambar : Freepik)

Roti panggang alpukat (Sumber gambar : Freepik)

Menu sarapan sehat dan praktis berikutnya yakni roti panggang alpukat. Diketahui alpukat adalah sumber lemak sehat yang baik dan membuat kamu kenyang lebih lama.

Mulailah dengan memanggang roti gandum. Dalam mangkuk kecil, hancurkan bersama setengah dari alpukat dengan beberapa jeruk nipis atau perasan lemon. Ketika roti sudah matang, oleskan alpukat yang sudah menjadi bubur itu di atas roti panggang.

Untuk meningkatkan protein, tambahkan satu atau dua telur. Topping kacang putih panggang bisa jadi opsi buat kamu yang vegan. Alternatif lain, bisa dengan parutan keju, kacang cincang, biji, sayuran hijau, atau tomat ceri di atasnya.
 

5. Kue Telur Brokoli

Kue telur (Sumber gambar : Healthline)

Kue telur brokoli (Sumber gambar : Healthline)

Telur adalah sumber protein yang sangat baik, serta beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Kamu bisa membuat ini di akhir pekan dan menjadikannya sarapan untuk hari-hari berikutnya. 

Untuk membuatnya, sediakan 12 telur, 1 gelas susu, 1 bawang bombay, brokoli, 1 1/2 cangkir keju parut, 1/4 sdt garam, dan 1/4 sdt blackpepper. Kemudian, panaskan oven hingga 400 derajat F. Oleskan loyang kue dengan sedikit mentega.

Dalam mangkuk besar, kocok telur dan susu bersama-sama. Tambahkan brokoli cincang dan bawang, keju parut, garam, serta lada untuk perasa. Aduk semuanya sampai rata. Tuangkan ke dalam loyang dan panggang selama sekitar 25-30 menit atau sampai telur matang. Biarkan hidangan dingin selama 5-10 menit sebelum kamu santap atau simpan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Inang Tayang 13 Oktober, Film Horor-Thriller Berbalut Mitos Jawa

BERIKUTNYA

Ungkapan Berserah Titi Radjo Padmaja pada Tuhan dalam Single Flow

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: