Cuplikan film Inang (Sumber: IDN Pictures)

Inang Tayang 13 Oktober, Film Horor-Thriller Berbalut Mitos Jawa

06 October 2022   |   11:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Satu lagi film horor yang akan tayang bulan ini berjudul Inang. Disutradarai oleh Fajar Nugros, ini menjadi film horor-thriller pertama dari rumah produksi IDN Pictures. Dibintangi oleh Naysilla Mirdad, film Inang menggambarkan perjuangan seorang perempuan melawan kekuatan jahat yang ingin mengambil alih kehidupan bayinya.

Sebagai film horror-thriller dengan banyak unsur thrilling & jump-scare, cerita film Inang berkutat pada kisah perjuangan perempuan, kasih sayang orang tua, dan realita kehidupan yang dibalut unsur mitos Jawa. Mitos yang jadi inspirasi film ini adalah Rabu Wekasan atau Rebo Wekasan. 

Baca jugaVino G. Bastian Jadi Ustaz Rukiah di Trailer Film Horor Qodrat

Head of IDN Pictures sekaligus Sutradara Fajar Nugros, menuturkan cerita dalam film Inang penting untuk diangkat sebab berangkat dari pengalaman pribadinya. Dia telah banyak ikut serta dalam berbagai tradisi selametan, sehingga mendorong ketertarikannya untuk mengeksplorasi tema ini lebih lanjut.

Meski sering dilihat hanya sebagai tradisi, Nugros merasa hal tersebut menjadi nilai yang menarik untuk diangkat dalam sebuah film. Selain itu, cerita di film ini juga dinilai turut mengenalkan betapa budaya Indonesia sangat beragam, terutama terkait mitos atau tradisi. 

"Terbukti, masih banyak yang ternyata belum tahu mengenai Rebo Wekasan ini. Sosok Wulan dalam film ini juga mewakili kerasnya realita hidup seorang perempuan yang saya yakini ada banyak di sekitar kita namun mungkin tidak kita ketahui," ujarnya dalam rilis yang Hypeabis.id terima, Kamis (6/10/2022). 

Baca jugaTrailer Diluncurkan, Yuk Simak Fakta-Fakta Film Horor Perempuan Bergaun Merah

 


Head of IDN Pictures & Produser Susanti Dewi mengatakan bahwa film Inang akan menghibur sekaligus memberikan pandangan baru mengenai perjuangan seorang ibu. Menurutnya, dalam film ini, penggambaran sosok perempuan khususnya ibu cukup dominan.

Selama ini, katanya, kebanyakan orang memandang sosok ibu yang melimpahkan kasih sayang kepada anaknya sebagai sebuah hal yang indah. "Namun, di film ini, kita melihat bahwa hal yang indah seperti kasih sayang seorang ibu, jika tidak dilakukan dengan cara dan porsi yang tepat akan berakhir buruk," katanya. 


Sinopsis

Film Inang sendiri bercerita tentang Wulan, seorang karyawan supermarket, yang ditinggalkan pacarnya dan tidak bertanggung jawab setelah mengetahui dia hamil. Wulan terpaksa harus bertanggung jawab sendiri atas dirinya dan anaknya yang belum lahir. 

Keputusasaan Wulan akhirnya dia curahkan melalui sebuah grup online bernama ‘Dukung Kehamilan’. Dia mengaku sebagai sukarelawan pro-kehidupan. Kelompok tersebut akhirnya memperkenalkan Wulan kepada keluarga kaya Santoso yang ingin mengadopsi anaknya yang belum lahir, serta merawat kehamilan Wulan di rumah mereka.

Selama Wulan tinggal di rumah keluarga Santoso, keadaan pun berubah menjadi menakutkan seiring Wulan yang kerap melihat perilaku aneh dan tidak biasa dari keluarga tersebut, dengan kepercayaan okultisme tradisional Jawa yang dianut. Secara perlahan Wulan akhirnya sadar bahwa keluarga Santoso memiliki rencana jahat untuk dirinya dan anaknya yang belum lahir.

Selain dibintangi Naysilla Mirdad, film Inang juga dibintangi oleh Dimas Anggara, Lydia Kandou, Rukman Rosadi, Rania Putrisari, Pritt Timothy, Totos Rasiti, Emil Kusumo dan Muzakki Ramdhan. Film ini akan tayang di bioskop Indonesia pada 13 Oktober 2022.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hati-hati, Risiko Penyakit Ini Mengintai Jika Kalian Kurang Tidur

BERIKUTNYA

5 Ide Sarapan Anti Ribet, Dicoba Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: