Gong Yoo dan Park Bo-Gum di film Seobok. (Dok. CJ ENM)

Ini Deretan Film Asia Terbaik 2021, Semester Ini

27 June 2021   |   14:39 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hantaman pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini mendorong terjadinya penundaan produksi di industri film. Jadwal rilis yang berubah dan pergeseran distribusi sinema ke platform streaming seiring dengan kebiasaan baru di sisi audiens turut mengubah cara gerak industri kreatif ini.

Di tengah segala tantangan itu, kondisi industri film pada paruh pertama 2021 ternyata tidak semuram yang kita kira dengan beberapa karya terbaik di layar lebar maupun digital khususnya berkat kreativitas para kreator di Asia.

Hypeabis.id menyoroti film dan acara TV Asia terbaik dari tahun sejauh ini. Tema film mulai dari satir terhadap sistem kasta India, film dokumenter yang memilukan tentang hari-hari awal wabah Covid-19 di Wuhan, China, hingga serial mafia Korea Selatan hingga anime pendidikan tentang manusia mendapat sambutan penikmat film. 

Adapun film-film Asia terbaik pada 2021 sejauh ini antara lain:
 

1. Seobok (15 April 2021)

 

Gong Yoo dan Park Bo-Gum di film Seobok. (Dok. CJ ENM)

Gong Yoo dan Park Bo-Gum di film Seobok. (Dok. CJ ENM)


Min Ki-hun (Gong Yoo) adalah mantan agen badan intelijen. Seo Bok (Park Bo-Gum) adalah tiruan (clone) manusia pertama dan dia memegang rahasia untuk kehidupan abadi. Ki-Hun terlibat dalam situasi berbahaya karena beberapa pihak yang ingin menguasai Seo Bok.

Film Korea ini menafsirkan kembali kisah Xu Fu (diucapkan 'Seo Bok' dalam bahasa Korea) dari sudut pandang modern. Xu Fu berasal dari Dinasti Qin dan dikirim oleh Qin Shi Huang dua kali untuk menemukan ramuan kehidupan abadi.
 

2. The White Tiger (22 Januari 2020)

 

Adarsh Gourav sebagai Balram Halwai di film The White Tiger (Dok. Netflix)

Adarsh Gourav sebagai Balram Halwai di film The White Tiger (Dok. Netflix)


Berdasarkan novel pemenang Man Booker Prize karya Aravind Adiga, The White Tiger adalah film thriller satir dan visual kinetik tentang perbudakan dan sistem kasta di India.

Film ini mengisahkan penduduk desa miskin Balram Halwai, yang menggunakan kelicikan dan karismanya untuk menaiki tangga sosial, seringkali dengan mengorbankan integritas dan martabatnya.

Tetapi ketika Balram akhirnya hampir mencapai kesuksesan yang diinginkannya, dia menghadapi krisis hati nurani, terperangkap di antara pendidikannya yang sederhana dan kecemburuannya terhadap kekayaan majikannya yang membutakan. 
 

3. The Con-Heartist (3 Maret 2021)

 

The Con-Heartist (Dok. GDH 559)

The Con-Heartist (Dok. GDH 559)


Sebagian rom-com, sebagian lagi cerita tentang misi balas dendam, The Con-Heartist adalah film komedi dengan laju kisah yang bergerak cepat, menyenangkan, dijamin akan membuat GenHype tersenyum.

Disutradarai oleh Mez Tharatorn, film Thailand ini bercerita tentang seorang bankir dan influencer YouTube Ina (Pimchanok Luevisadpaibul) yang telah ditipu 500.000 baht oleh mantan pacarnya Petch (Thiti Mahayotaruk).

Dia kemudian bekerja sama dengan penipu bernama Tower (Nadech Kugimiya) untuk menipu Petch, mengganti kerugiannya, dan bahkan menghasilkan uang tambahan pada saat yang sama.

Meskipun runtime 129 menit mungkin tampak agak lama untuk film ringan seperti ini, The Con-Heartist mengemas hampir setiap momen dengan tawa serta plot twist yang keren.
 
1
2


SEBELUMNYA

Bye-Bye, Internet Explorer Tidak Akan Tersedia di Sistem Operasi Windows 11

BERIKUTNYA

Ed Sheeran Akan Kembali Ikut Kolaborasi dalam Lagu Baru BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: