Bubuk masker spirulina. (Sumber gambar : Unsplash/Supliful)

Awas Ketipu, Ini 5 Cara Membedakan Masker Spirulina Asli & Palsu

10 October 2022   |   14:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Masker wajah spirulina kini sedang tren di dunia kecantikan. Masker yang berasal dari mikroorganisme ini dipercaya memberi banyak manfaat untuk kulit wajah yang bersih dan sehat. Mendapatkannya pun cukup mudah karena tersedia di marketplace maupun pasaran dengan harga terjangkau.

Spirulina atau yang dikenal sebagai ganggang biru hijau merupakan kelompok cyanobacteria, famili mikroba bersel tunggal yang tumbuh di air asin dangkal dengan pH 9-11. Bukan rumput laut atau alga biasa yang tubuh di bebatuan maupun dasar laut, spirulina adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial, asam lemak omega-3, dan kaya nutrisi, termasuk vitamin B dan zat besi.

Baca juga: Begini Tahapan Menggunakan Masker Wajah Biar Hasilnya Maksimal

Dengan kandungan yang kaya itu, spirulina menawarkan banyak manfaat seperti anti aging dan anti-inflamasi, karena mengandung antioksidan. “Spirulina melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan,” kata Pendiri Real Nutrition Amy Shapiro dikutip dari Healthline, Senin (10/9/2022).

Phycocyanin yang merupakan bahan aktif utama dalam spirulina dan memberikan warna biru hijau membantu mengaktifkan aktivitas antioksidan seluler, yang mengeliminasi radikal bebas.

Spirulina juga berkontribusi meningkatkan produksi kolagen dan pengencangan kulit, menghilangkan racun, mencegah infeksi kulit kandida, mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, mengurangi psoriasis, hingga mengatasi eksim. Namun demikian, manfaat ini bisa kamu dapatkan jika menggunakan spirulina yang asli ya, Genhype.

Seiring kemudahan mendapat spirulina, memang banyak tangan-tangan nakal yang menjual spirulina palsu di pasaran, termasuk marketplace. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati. Nah, agar tidak terjebak penjual nakal, berikut ini 5 cara membedakan spirulina asli dan palsu. 
 

1. Warna

Pertama-tama yang kamu harus perhatikan untuk membedakan spirulina asli dan palsu adalah warnanya. Spirulina yang asli memiliki warna hijau agak pekat namun kebiruan. Sementara yang palsu berwarna hijau pekat mendekati ke hitam. 

Mengutip Bioway, coba campurkan spirulina dengan air alkali. Spirulina palsu akan berubah warna dari hijau pekat kegelapan menjadi tidak berwarna tepat di atas pH10. Berbeda dengan yang asli, warnanya tetap walaupun hanya diberi tetesan alkali. 
 

2. Aroma

Spirulina asli memiliki aroma khusus yang mirip rumput laut. Bahkan bisa tercium ketika kamu baru saja membuka tutup botolnya. Aromanya sedikit amis namun segar. Ini karena spirulina merupakan ganggang biru hijau yang kaya akan kandungan polisakarida dan gamma linolenic acid.

Sementara itu, spirulina palsu lebih kuat aroma kimia dan bau tinta yang kuat. Itu karena memang pembuatannya dilakukan dengan mencampur bahan kimia. 
 

3. Tekstur

Cara mengetahui spirulina asli atau palsu berikutnya yakni dengan menyentuhnya. Bubuk spirulina asli bertekstur halus dan lembut saat disentuh. Sementara itu, masker spirulina palsu serbuknya bertekstur tidak rata dan agak kasar. Saat dicampur air pun, masker spirulina yang asli teksturnya menjadi kental, sedangkan yang palsu lebih cair. 


4. Ukuran kapsul

Biasanya spirulina dijual dalam bentuk kampus. Mengutip Blibli, bagian kapsul terbagi menjadi 2, yakni kapsul wadah dan penutup. Bagian kapsul wadah spirulina asli lebih panjang dibandingkan kapsul penutup, sementara yang palsu memiliki panjang yang sama.  


5. Harga

Jangan pernah tergiur dengan harga murah dari standar pasar. Waspada harga murah yang justru ketika dipakai bisa membahayakan kulit wajah kamu. Jadi, jika ingin mendapatkan wajah yang bersih, segar, dan bebas tanda-tanda penuaan, jangan pelit mengeluarkan uang untuk mendapat spirulina asli dengan kualitas terbaik ya, Genhype.

Baca juga: Manfaat Masker Timun, Efektif Atasi Mata Panda Hingga Jerawat


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Outfit Cozy ala Uhm Ji-won, Pemeran Antagonis Won Sang-ah di Drakor Little Women

BERIKUTNYA

Selain Diana M Putri, Ini 7 Desainer Indonesia yang Karyanya Dikenakan Selebritas Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: