Contoh masker yang bagus dikenakan saat ada Omicron (dok. Unsplash)

3 Jenis Masker yang Bisa Tangkal Omicron

03 February 2022   |   18:13 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penyebaran Covid-19 di Indonesia kian masif. Angka positif virus ini terus naik, rumah sakit mulai ramai, dan pemerintah memprediksi gelombang ketiga pandemi akan terjadi di akhir Februari ini. Di tengah situasi ini, penting bagi kita untuk mengetatkan kembali protokol kesehatan, terutama memakai masker saat bepergian atau di tempat umum.

Bicara soal masker, kita juga perlu memilih masker yang tepat dan bisa memberi perlindungan terbaik dari Omicron. Apa saja?

1. N95
Melansir Cleveland Clinic, masker ini sangat pas dengan wajah dan sangat efisien dalam penyaringan udara. N95 menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

Institut Nasional untuk Keselamatan & Kesehatan Kerja (NIOSH) membagikan daftar merek dan model yang disetujui, tetapi pastikan kamu membeli N95 standar, bukan N95 bedah ya. 

Meskipun menawarkan tingkat perlindungan yang sama untuk pemakai sehari-hari, N95 standar sedikit kurang tahan cairan dan tidak diizinkan oleh FDA untuk digunakan sebagai masker bedah.

“CDC masih merekomendasikan bahwa N95 bedah diprioritaskan untuk petugas kesehatan, karena pasokannya terbatas sejak awal pandemi,” kata pakar penyakit menular Steven Gordon. 

2. KN95
Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah, membentuk tenda kecil di atas mulut, dan hidung yang membuat kamu mudah bernapas saat memakainya.

KN95 juga menyaring sekitar 95 persen partikel di udara, tetapi tidak diatur oleh NIOSH, tetapi disetujui oleh pemerintah China.

3. KF94
"KF" adalah singkatan dari "filter Korea" dan angka 94 mengacu pada kemanjuran penyaringan masker. Menurut standar pemerintah Korea Selatan ini menyaring 94 persen partikel hingga ukuran 0,3 mikron. 

KF94 menawarkan alternatif yang cocok untuk KN95 atau N95. Masker ini memiliki loop telinga, jembatan hidung yang dapat disesuaikan, dan penutup samping untuk membuat pas. Bagi sebagian orang, KF94 lebih nyaman dan lebih mudah dipakai daripada N95 dan KN95.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Tinder Swindler, Kisah Pria yang Tipu Teman Kencannya hingga US$10 Juta

BERIKUTNYA

Selain Tiffany & Co. dan Cartier, Ini Merek Perhiasan Termahal Di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: