Prosesor terbaru Ryzen 7000 Series dari AMD (Sumber gambar: AMD)

Cek Fitur & Harga AMD Ryzen 7000 Desktop Series di Indonesia

01 October 2022   |   20:30 WIB

Like
Bicara soal industri teknologi, maka kita tidak akan bisa lepas dengan istilah prosesor. Komponen ini merupakan perangkat keras yang mendukung kinerja sebuah komputer, baik dalam performa kegiatan sehari-hari maupun kegiatan yang perlu tenaga lebih besar seperti bermain gim dan membuat konten. 

Salah satu perusahaan yang baru saja merilis lini prosesor terbaru adalah AMD dengan memperkenalkan Ryzen 7000. Total ada empat jenis produk dengan sejumlah pembaruan dan pengembangan fitur, yang tentunya punya kelebihan dibanding seri sebelumnya. 

Baca juga: Intip Spesifikasi GPU RX 6000M Series dari AMD

Berbeda dengan prosesor seri sebelumnya seperti Ryzen 5000, seri Ryzen 7000 memakai arsitektur Zen 4 yang bisa memberi pengalaman lebih baik untuk para pemain gim dan pembuat konten. Ini merupakan peningkatan dari Zen 3, dan hadir dengan performa GPU x86 5 nanometer yang sudah dioptimalkan. 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, seri ini hadir dengan empat jenis produk. Ryzen 9 7950X yang menjadi unggulan dengan 16 core dan 32 thread, Ryzen 9 7900X dengan 12 core dan 24 thread, Ryzen 7 7700X dengan 8 core dan 16 thread, dan Ryzen 5 7600X dengan 6 core dan 12 thread

Tidak hanya pembaruan, seri prosesor ini menawarkan peningkatan performa untuk single-core, komputasi untuk pembuatan konten, pengalaman bermain gim, hingga efisiensi energi. Hal ini juga termasuk pada peningkatan kecepatan encoding dan decoding untuk pemrosesan video yang disokong dari segi perangkat keras.

Baca juga: AMD FidelityX Super Resolution, Cek Fitur Unggulan & Game yang Support

 

Teknologi Pendukung & Keunggulan 

 

(Sumber gambar: AMD)

(Sumber gambar: AMD)

Secara khusus, seri Ryzen 7000 juga memiliki beberapa teknologi pendukung dalam aspek ramah daya untuk performa yang lebih dingin dan diam, akses terhadap AMD Smart Access Memory untuk dukungan gim dan penyimpanan, serta dukungan pada fitur untuk membantu overclocking atau peningkatan komponen clock rate yang lebih tinggi dari biasanya.

Jika melihat seri prosesor ini, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan, yaitu peningkatan performa gaming hingga 15 persen untuk beberapa jenis gim, performa pembuatan konten melalui V-Ray Render, penghematan energi hingga 47 persen, performa single-core hingga 29 persen, performa per watt hingga 27 persen, serta efisiensi pada segi CPU.

Dalam pemaparannya, Hans Christianto sebagai perwakilan AMD menjelaskan bahwa peningkatan ini hadir bersamaan dengan adanya pembaruan pada motherboard AMD Socket AM5 yang merupakan platform untuk membantu konektivitas dengan memori DDR5 dual-channel. Sama seperti seri prosesor Ryzen 7000, chipset ini hadir dengan empat kategori chipset.

Pertama, X670 Extreme yang mendukung dalam konektivitas dan kemampuan overclocking serta grafis dan penyimpanan melalui PCIe 5.0. Kedua, X670 yang mendukung penyimpanan dan grafis opsional dengan kemampuan yang sesuai bagi penggemar overclocking. Ketiga, B650E yang mendukung performa penyimpanan dan grafis opsional. Keempat, B650 untuk pengguna umum melalui memori DDR5 dan PCIe 5.0 opsional.

Hadir mulai pekan ini di Indonesia, prosesor seri Ryzen 7000 dibanderol dengan harga Rp5,18 juta untuk Ryzen 5 7600X; Rp6,89 juta untuk Ryzen 7 7700X; Rp9,49 juta untuk Ryzen 9 7900X, dan Rp11,99 juta untuk Ryzen 9 7950X. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor:  Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Garut, Bikin Auto Nyaman

BERIKUTNYA

Mengintip Trailer Cabinet of Curiosities, Karya Horor Terbaru Guillermo del Toro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: