Ilustrasi pemandian air panas (Sumber gambar: Unsplash/Robson Hatsukami Morgan)

5 Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Garut, Bikin Auto Nyaman

01 October 2022   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabupaten Garut di Jawa Barat selain dikenal sebagai Kota Dodol ternyata juga menyimpan wisata alam yang tak kalah bila dibandingkan dengan daerah lain. Di wilayah ini tak hanya kulinernya saja yang dapat menggugah selera, tapi juga objek wisata alamnya yang patut diacungi jempol.

Karena dikelilingi beberapa gunung berapi yang masih aktif, salah satunya Gunung Guntur, Kabupaten Garut menjadi salah satu daerah yang memiliki sumber air panas. Hal ini tentunya dapat dijadikan sebagai satu alternatif tujuan wisata di akhir pekan kalian. 

Di kawasan ini, Genhype juga bisa menemukan berbagai jenis pemandian air panas, mulai dari yang alami dan berada di kaki gunung, hingga vila dengan pemandian air panas privat untuk relaksasi atau healing

Baca juga: Selain Borobudur, 5 Destinasi Wisata Ini Wajib Dikunjungi saat Melancong ke Magelang

Berendam air panas memang memiliki manfaat baik untuk tubuh dan pikiran serta memberi sensasi yang menenangkan. Hal ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon endorfin saat aktivitas itu dilakukan. Namun, waktu dan durasi terbaik untuk berendam air hangat adalah 10-15 menit saja. Jika terlalu lama, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan menyebabkan kepala menjadi pusing.

Lantas apa saja 5 tempat pemandian air panas di wilayah Garut yang bisa dinikmati saat berakhir pekan, guna melepas penatnya rutinitas setelah ekerja membanting tulang? Yuk simak ulasan berikut.
 

1. Cipanas

Wisata pemandian alami Cipanas terletak di kaki Gunung Guntur, tepatnya di Tarogong, Garut, Jawa Barat. Di dalam kawasan ini, kalian bisa memanjakan tubuh dengan berendam di kolam air panas. Selain itu, di tempat ini juga para pengunjung dapat melihat pemandangan indah nan asri wilayah Garut. 

Hanya berjarak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota, kawasan pemandian air panas ini juga mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by infogarut (@infogarut)


Beberapa destinasi pemandian yang dapat dikunjungi di kawasan wisata Cipanas antara lain Kampung Sumber Alam, Tirta Gangga Garut, Sabda Alam, Danau Dariza, Tirta Kencana, dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya juga sudah diberi fasilitas waterboom dan wahana lain.
 

2. Puncak Darajat

Puncak Darajat merupakan area wisata pemandian air panas yang terletak di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi ini punya destinasi wisata air panas yang unik dan menarik.

Akses menuju Puncak Darajat juga cukup mudah ditempuh, baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, bahkan bus besar sekalipun. Pasalnya, kawasan wisata ini telah didukung dengan kondisi jalan yang baik, meskipun topografinya menanjak dan tidak terlalu lebar. 

Beberapa destinasi di kawasan ini antara lain, Puncak Jaya Darajat, Darajat Pass, Awit Sinar Alam Darajat, dan Puncak Darajat. Daftar destinasi wisata tersebut juga telah dilengkapi dengan berabagai wahana yang cocok untuk anak-anak. Cocok untuk liburan keluarga! 

Baca juga: 1 Jam dari Jakarta, Cek Destinasi Wisata Alam di Kawasan Jonggol Bogor
 

3. Talaga Bodas

Objek pemandian air panas ini terletak di lereng Gunung Galunggung, Jawa Barat, yang juga berbatasan langsung dengan hutan dan pegunungan indah. Dengan demikian, selain menyicipi air panasnya pengunjung juga bisa memanjakan mata saat berwisata ke Talaga Bodas. 

Tempat pemandian ini juga masih menyatu dengan alam, berupa danau yang terbentuk di kawah gunung dengan luas diameter hingga 2 kilometer. Di dalamnya ada berbagai kolam alami yang bisa dimanfaatkan untuk para pelancong berendam sembari rileksasi. 
 

Dengan pemandangannya yang indah, kalian juga bisa mengabadikan momen setelah berendam di kawasan ini untuk feed Instagram. Dijamin hasil fotonya akan estetik dengan warna airnya yang kebiruan dan kabut tipisnya yang unik. 
 

4. Kawah Kamojang

Terletak di perbatasan antara Kabupatenn Bandung dan Garut, tepatnya di area geothermal PLTU Kamojang, Garut, tempat wisata ini juga bisa kalian jadikan alternatif mandi air panas dengan biaya yang tidak terlalu menguras kantong.

Di area ini ada beberapa tempat pemandian, seperti Kawah Manuk, Kawah kereta Api yang mengelurakan bunyi siulan kencang hingga Kawah Hujan. Meski di sini tidak ada kolam air panas khusus, tapi Genhype bisa menikmati mandi uap alias sauna di sana.  
 

5. Kawah Papandayan

Kawah Papandayan terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi ini, dari Kota Garut setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Di kawasan ini Genhype juga bisa mandi di kolam air panas alami yang bersumber langsung dari kawah Gunung Papandayan dengan suhu normal air di kisaran 30 derajat celcius. Tak hanya itu, selagi berendam, kalian juga bisa menikmati pemandangam alamnya yang juga indah. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Kedai Ramen Halal di Jakarta dengan Rasa Otentik

BERIKUTNYA

Cek Fitur & Harga AMD Ryzen 7000 Desktop Series di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: