Ilustrasi coffee table di ruang tamu (Sumber gambar - Unsplash - Spacejoy)

Rekomendasi 5 Jenis Coffee Table yang Cocok untuk Rumah atau Apartemen

28 September 2022   |   20:57 WIB

Meja kopi atau coffee table sepertinya perlu ada di rumah atau apartemen kalian. Apalagi bila kalian itu penggemar kopi. Sebab dengan furnitur ini, ritual ngopi kalian bisa bakal lebih nyaman. Pastinya, bakal lebih asyik buat diunggah di Instagram. 

Untuk kalian ketahui bahwa istilah coffee table ini diberikan pada jenis meja yang biasa diletakkan di depan sofa, dengan bentuk rendah, sekitar 36-48 cm. Dengan bentuk dan ukuran yang lebih sederhana, coffee table banyak disukai oleh pemilik hunian. 

Seperti dikutip dari Bisnis Indonesia Weekend edisi April 2017, Desainer Interior Dicky Deryawan mengatakan bahwa coffee table sudah banyak dilirik pemilik rumah, karena fungsinya tidak hanya untuk ngopi, tetapi juga menunjang keperluan lain. Kebanyakan pengguna meja jenis ini adalah pasangan muda, Mereka biasanya tinggal di rumah bergaya minimalis. 

Baca juga: 6 Cara Simpel Merapikan Meja Kerja di Rumah
 

Jenis-Jenis Coffee Table

Sementara itu, meja kopi ini juga memiliki berbagai jenis, dimulai dari yang konvensional hingga modern. Semua disesuaikan dengan kebutuhan pemilik. The Spruce membagikan meja kopi ke beberapa jenis. 
 

1. Tradisional 

Ilustrasi coffee table tradisional (Sumber gambar: Unsplash /Trend)

Ilustrasi coffee table tradisional (Sumber gambar: Unsplash /Trend)

Coffee table tradisional memiliki gaya yang timeless. Untuk bentuk, biasanya meja ini dirancang dengan empat kaki, persegi panjang, dan terbuat dari kayu. Selain itu, meja ini umumnya tidak memiliki ruang penyimpanan. Furnitur ini merupakan perabot fungsional dasar untuk diletakkan di depan area tempat duduk.
 

2. Storage

Storage (Sumber gambar: Unsplash/Abel Y Costa)

Storage (Sumber gambar: Unsplash/Abel Y Costa)

Selain berfungsi sebagai meja kopi ini, memiliki media penyimpanan seperti laci, rak kedua, kubus, atau keranjang. Meja kopi ini biasa berbentuk persegi panjang, persegi, lingkaran, dan oval. Untuk materialnya, terbuat dari berbagai bahan seperti kaca, anyaman, rotan, dan kayu. 
 

3. Lift Top

Lift Top (Sumber gambar: Wayside Furniture)

Lift Top (Sumber gambar: Wayside Furniture)

Meja kopi lift top tidak seperti coffee table pada normalnya. Sebab, meja ini memiliki media penyimpanan. Sementara itu, bagian atasnya terangkat, serta bergerak ke arah sesuai keinginan pengguna. Misalnya untuk kebutuhan menaruh laptop, menulis, atau makan sambil duduk di sopa atau kursi empuk. 
 

4. Nesting

Coffee table jenis nesting (Sumber gambar: Sqroots)

Coffee table jenis nesting (Sumber gambar: Sqroots)

Coffee table tipe nesting atau bersarang ini memiliki meja yang lebih kecil yang "bersarang" di bawah meja. Dengan ukuran lebih kecil, meja pada bagian bawah itu bisa ditarik keluar dan digunakan.

Selain itu, meja yang lebih kecil ini dapat digunakan secara terpisah untuk meletakkan minuman, buku, atau benda lain, dan beberapa memiliki laci penyimpanan. Meja-meja ini bisa berbentuk bulat, persegi panjang, atau persegi, dan dapat dibuat dari kayu, kain pelapis, logam dan kaca, dan bahan lainnya.
 

5. Upholstered

Upholstered (Sumber gambar: th2 studio)

Upholstered (Sumber gambar: th2 studio)

Meja kopi jenis upholstered atau berlapis kain biasanya berbentuk persegi. Jenis meja kopi ini dapat memiliki bingkai kayu dengan bantalan atas berumbai, atau dapat dibuat dari kayu. Namun, sepenuhnya dilapisi bahan dengan bantalan atas berumbai yang terangkat untuk penyimpanan. 

Desain terakhir juga dikenal sebagai ottoman dan merupakan tempat yang bagus untuk menyimpan selimut, mainan, dan barang-barang lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Fans MCU Sambut Antusias kembalinya Hugh Jackman sebagai Wolverine di Deadpool 3

BERIKUTNYA

Mengenal 4 Jenis Oktan BBM yang Sesuai untuk Kendaraan Kalian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: