BBM RON 90 cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi dari 9:1 sampai dengan 10:1 (Sumber gambar: pexels/ Erik Mclean)

Mengenal 4 Jenis Oktan BBM yang Sesuai untuk Kendaraan Kalian

28 September 2022   |   19:00 WIB

Bahan bakar minyak (BBM) merupakan elemen penting bagi kendaraan mesin bensin baik roda dua maupun roda empat. Tanpanya, kendaraan tidak bisa digunakan. Namun, Genhype perlu memastikan bahwa BBM yang digunakan sudah tepat.

Seperti kita ketahui bahwa pemilihan jenis BBM yang tepat erat kaitannya dengan efisiensi dan keawetan komponen kendaraan – terutama komponen mesin. Jadi, pemilihan bahan bakar perlu disesuaikan dengan spesifikasi jenis kendaraan yang digunakan.

Baca juga: Kendaraan Boros Bensin? Ini 4 Cara Mudah Cek Konsumsi BBM

Salah satu cara dalam memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan adalah dengan memperhatikan rasio kompresi kendaraan kalian. Rasio kompresi tertentu akan berkaitan dengan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) bahan bakar yang digunakan.

Berikut beberapa jenis oktan BBM yang sesuai dengan standar kendaraan:
 

1. RON 90

Bahan bakar dengan nilai oktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio komporesi mesin dari 9:1 sampai dengan 10:1. Kualitas BBM dengan RON 90 cukup baik untuk keperluan sehari-hari, dan memilii harga jual paling terjangkau.

Contoh bahan bakar dengan nilai oktan RON 90 yang beredar di dalam negeri pada saat ini adalah Pertalite, Revo 89, dan BP 90.


2. RON 92

Bahan bakar dengan kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran di dalam mesin menjadi lebih sempurna. Tidak hanya itu, bahan bakar ini juga mempu membersihkan residu karbon pembakaran yang kerap ada di dalam mesin.

Selain memberikan kinerja kendaraan lebih maksimal, BBM ini juga dapat membuat mesin lebih memiliki daya tahan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Contoh BBM dengan oktan 92 adalah Pertamax, Shell Super, Revo 92, dan BP 92.

Jenis kendaraan yang direkomendasikan menggunakan bahan bakar minyak jenis ini adalah bahan bakar dengan rasio kompresi mesin dari 10:1 sampai dengan 11:1.  
 

3. RON 95

Bahan bakar dengan kandungan oktan 95 biasanya digunakan di kendaraan dengan mesin berteknologi terbaru, yang memiliki rasio kompresi dari 11:1 sampai dengan 12:1.

Bahan bakar ini memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik di dalam ruang pembakaran. Tidak hanya itu, bahan bakar ini juga dapat mengurangi gesekan untuk memperkecil energi yang terbuang akibat panas.

Kondisi itu dapat mengurangi keausan terhadap komponen mesin. Biasanya, BBM jenis ini memiliki harga yang lebih mahal.
 

4. RON 98

Kendaraan seperti sportscar, supercar, sampai dengan hypercar biasanya adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak RON 98. Kendaraan ini memiliki mesin dengan performa tinggi dan penyetelan khusus yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi lagi.

Mesin kendaraan tersebut memiliki spesifikasi rasio kompresi tinggi, yaitu 13:1. Jadi, jangan coba-coba menggunakan bahan bakar oktan 98 pada mesin dengan kompresi rendah, karena akan mengakibatkan gejala fuel dilution.

Gejala tersebut adalah gejala dengan kondisi BBM tidak terbakar seluruhnya secara sempurna sehingga meninggalkan sisa yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. BBM dengan oktan 98 adalah pertamax turbo, Shell V-Power Nitro.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Jenis Coffee Table yang Cocok untuk Rumah atau Apartemen

BERIKUTNYA

Sejarah, Tradisi dan Fakta-Fakta Kue Ulang Tahun yang Patut Diketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: