Serial drama Move to Heaven (Netflix)

5 Drama Korea Ini Bisa Bikin Kamu Kepoin Kisah di Baliknya 

08 May 2021   |   00:00 WIB

Buat kalian penggemar Drama Korea alias drakor pasti tahu dong alasan apa yang bikin kalian semua kecanduan film para opa itu. Selain bintang filmnya yang unyu-unyu, ceritanya pun berbeda, unik, dan bikin termehek-mehek. Alur ceritanya pun kebanyakan susah ditebak.

Di balik unsur sinematik itu, Drakor juga banyak yang mengadaptasi beberapa kisah nyata atau kasus yang menarik perhatian masyarakat. Sebut saja kasus serial pembunuhan Hwaseong yang telah menginspirasi sejumlah film dan serial drama serta drama yang diangkat dari kisah Korea Selatan pada era Joseon.

Berikut lima drama Korea yang bisa dikulik cerita nyata di baliknya yang telah dirangkum Hypeabis.id.

1. Gap Dong
 

Serial drama yang tayang pada 2014 ini merupakan drama beraliran kriminal, thriller, drama, misteri, dan aksi yang berkisah tentang Moo-yeom yang kehilangan ayahnya karena investigasi yang opresif dalam penyelidikan kasus pembunuhan "Gap Dong."

Setelah menjadi detektif, ia berusaha menangkap pembunuh Gap Dong yang sebenarnya ketika waktu tenggat kasus serial pembunuhan tersebut sudah habis sedangkan berbagai petunjuk yang mengarah ke Gap Dong kembali hadir.

Gap Dong merupakan salah satu drama yang diangkat dari kasus serial pembunuhan yang terjadi di tahun 1986 hingga 1991 di kawasan Hwaseong. Pembunuhan yang dilakukan oleh Lee Choon-jae ini terjadi pada 14 perempuan yang diperkosa dan dibunuh selama periode tersebut.

Selain Gap Dong, ada pun drama yang juga terinspirasi dari kasus ini seperti Signal (2016) dan Tunnel (2017).

2. Miss Ripley
 

Miss Ripley. (MBC)

Miss Ripley. (MBC)


Tayang pada 2011, drama yang dibintangi oleh Lee Da-hee ini bercerita tentang Jang Mi-ri yang harus berjuang untuk hidup di Korea Selatan setelah bekerja sebagai hostess di Jepang dan melunasi utang ayah angkatnya.

Sulitnya mencari pekerjaan karena pendidikannya yang hanya tamat sampai SMA membuatnya berputus asa hingga akhirnya ia melihat tawaran pekerjaan sebagai penerjemah bahasa Jepang di sebuah hotel. Kebohongannya dimulai ketika ia bertemu dengan pemilik hotel tersebut yang salah paham dengan perkataan Jang.

Kisah Miss Ripley terinspirasi dari kasus penipuan nyata yang terjadi pada mantan profesor seni di Universitas Dongkuk dan kurator Museum Seni Sungkok bernama Shin Jeong-ah. 

Dia melakukan pemalsuan gelar pendidikan dan terlibat dalam hubungan romantis dengan mantan penasihat presiden bernama Byeon Yang-kyoon hingga akhirnya dicabut dari pekerjaannya dan dipenjara selama 18 bulan.

3. Doctor Detective
 

Berlatar belakang kedokteran, drama yang tayang di SBS pada 2019 ini bercerita tentang seorang dokter kesehatan industri bernama Do Joong-eun yang bekerja sama dengan dokter Heo Min-ki untuk mengungkap sejumlah kasus terkait kecelakaan kerja, penyakit, dan insiden lain yang terkait dengan bidang industri.

Salah satunya adalah upaya Do untuk mencari tauh kebenaran di balik upaya penutupan yang dilakukan sebuah perusahaan bernama TL Group.

Kisah ini sendiri terinspirasi dari berbagai kasus nyata terkait risiko dan kecelakaan kerja yang dialami oleh masyarakat Korea Selatan, sehingga menjadikan kisahnya semakin relevan bagi penonton.

Doctor Detective bisa disaksikan melalui layanan streaming seperti Viki dan Viu.

4. The Hymn of Death
 

Serial drama pendek sebanyak 6 episode ini merupakan salah satu drama yang terinspiraso dari kisah nyata seorang penulis naskah era pendudukan Jepang bernama Kim Woo-jin dan penyanyi soprano pertama bernama Yun Shim-deok.

Dalam drama ini, Kim yang sudah menikah jatuh cinta dengan Yun hingga suatu saat soprano itu merekam lagu 'Praise of Death' yang membuatnya menjadi lagu pop Korea pertama pada tahun 1926. Akan tetapi, kisah mereka berakhir tragis.

Drama yang tayang pada 2018 ini merupakan salah satu drama yang ditayangkan di SBS TV dan kini bisa diakses di Netflix.

5. Move to Heaven
 
SEBELUMNYA

Kamu Penderita Diabetes dan Hipertensi? Perhatikan Ini Saat Lebaran Ya

BERIKUTNYA

Gerakan Sosial Hope Gandeng Desainer Stellarissa Kampanyekan Kasih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: