Ilustrasi rambut (Sumber gambar: Element5 Digital/Unsplash.com)

5 Bahaya Terlalu Sering Keramas, Bisa Sebabkan Kerusakan Rambut

22 August 2022   |   20:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Membersihkan area kulit kepala atau biasa disebut keramas menjadi kegiatan yang tak terlupakan untuk dilakukan sewaktu mandi. Selain membersihkan kotoran di area kulit kepala, keramas juga dapat membuat kepala terasa lebih rileks dan ringan.

Keramas juga dapat mendukung penampilan agar terlihat lebih fresh dan percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Meski demikian, ahli pada bidang rambut tidak menganjurkan melakukan keramas menggunakan sampo terlalu sering.

Ahli menilai jika melakukan keramas menggunakan sampo setiap hari bisa mendatangkan beberapa bahaya mulai dari bahan kimia hingga menghilangkan bakteria baik yang dibutuhkan rambut. Apa saja bahayanya? Yuk simak!

Baca jugaSeberapa Sering Kita Harus Keramas?
 

1. Menghilangkan Minyak Alami Rambut

Penggunaan sampo yang digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan minyak alami yang terkandung pada rambut menjadi hilang.

Tak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban rambut, minyak alami rambut juga dibutuhkan untuk melindungi kulit kepala dari kekeringan yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi terluka.

Luka pada kulit kepala dapat membuat racun dan bakteri bersarang hingga menyebabkan masalah komplikasi lainnya pada rambut.
 

 2. Produk Menumpuk Pada Kulit Kepala

Seorang ahli penanganan rambut, Chambers Harris menyebutkan jika produk sampo dapat menyebabkan penumpukan produk dan membuat racun dengan mudah memasuki aliran darah.

Masuknya racun ke dalam aliran darah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan tidak hanya pada kepala, melainkan juga jaringan tubuh.
Dilansir dari Byrdie, sebaiknya manusia tidak menggunakan produk sampo terlalu sering setiap kali keramas, melainkan hanya membasuh menggunakan air saja.
 

3. Batang Rambut Menjadi Kering

Sebum yang merupakan minyak alami pada rambut kerap tidak disukai karena membuat rambut tampak lepek dan tidak sehat. Namun ternyata, sebum merupakan salah satu hal yang diperlukan oleh kulit kepala untuk menjaga rambut tetap lembab.

Nah, terlalu sering keramas bisa menyebabkan sebum pada kulit kepala menjadi menurun bahkan hilang. Efeknya, area batang rambut akan tampak kering dan patah. Tentunya hal ini akan merusak penampilan Genhype bukan?
 

4. Kulit Kepala Semakin Berminyak

Keseringan keramas dengan sampo akan membuat kulit kepala menjadi kering dan membuat tubuh menjadi kebingungan.

Baca jugaPeringati Hair Loss Awareness Month 2022, Simak Mitos dan Tips Cegah Kerontokan Rambut

Tubuh akan mengira jika kulit kepala manusia kekurangan sebum, sehingga tubuh memproduksi sebum lebih banyak di area kulit kepala. Produksi minyak tersebut dilakukan tubuh untuk mengatasi kurangnya minyak di area kepala.
 

5. Rambut Mudah Patah

Karena rambut terlalu sering kering dari minyak alami yang harusnya ada di kulit kepala, rambut akan menjadi mudah patah bahkan susah untuk diatur.
Meskipun sering disisir, rambut yang patah biasanya akan susah untuk rapih dan tidak mendukung penampilan.

Berikan jarak waktu sekitar 3 hari untuk melakukan keramas dengan menggunakan sampo agar minyak alami pada rambut tetap terjaga dan lakukan dengan lembut sehingga rambut lebih sehat nantinya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Ini Manfaat Mengunyah Makanan 32 Kali

BERIKUTNYA

6 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Sendiri, Salah Satunya Jangan Ikut-ikutan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: