Kondisioner rambut (sumber foto: Freepik)

Tip Memilih Kondisioner untuk Rambut

01 June 2023   |   13:58 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Rambut yang bersih, sehat, dan kuat tak cukup dirawat dengan sampo saja. Pertimbangkan juga produk perawatan rambut lainnya seperti kondisioner yang akan membuat setiap helainya lebih lembap dan berkilau. Selain itu, juga bisa melindungi dari paparan sinar matahari dan polusi udara.

Cara menggunakan kondisioner sangat mudah, pertama cuci rambutmu dengan sampo sampai bersih. Keringkan dengan handuk lalu aplikasikan kondisioner secukupnya. Oleskan dari ujung rambut sampai pangkal rambut tanpa mengenai kulit kepala.

Selanjutnya ratakan kondisioner ke seluruh bagian rambut dengan sisir, diamkan selama 2-3 menit sampai meresap ke setiap helai rambut, lalu bilas dengan air hangat untuk memudahkan proses pembersihan.

Baca juga: Mudah Ditemukan, Cek 5 Minyak Esensial untuk Rambut Lebih Sehat & Lebat Ini

Namun, perhatikan bahwa tipe rambut keriting, ikal, ataupun lurus tentu butuh penanganan berbeda. Karenanya, produk kondisioner yang dipilih baiknya disesuaikan untuk masing-masing jenis rambut. Yuk, simak tip memilih kondisioner sesuai jenis rambutmu.


1. Rambut Keriting 

Rambut keriting butuh perawatan lebih supaya mudah diatur. Kamu bisa memilih kondisioner yang bahan dasarnya minyak, seperti seperti minyak kelapa dan minyak argan untuk membantu melembapkan rambut. Selain itu, pilih juga kondisioner yang mengandung shea butter untuk membantu melembutkan rambut keriting.

Tip merawat rambut keriting lainnya, kamu bisa mengurangi intensitas keramas menjadi 7–10 hari atau bahkan 14 hari sekali, sehingga minyak alami rambut tidak hilang dan rambut tidak kering.


2. Rambut Ikal

Masalah utama pemilik rambut ikal adalah kondisi rambut yang kering. Tipe kondisioner yang cocok sebaiknya yang mengandung banyak pelembap, sehingga mencegah rambut kering, kusam, dan gampang kusut. Gunakan kondisioner yang memiliki label 'deep hydrating' pada label kemasannya,

Supaya kandungan pelembapnya menyerap sempurna, diamkan kondisioner selama 10–15 menit lalu bersihkan seperti biasanya. Jenis kondisioner semprot juga bisa kamu pilih untuk menjaga rambut tetap lembap dan lembut sepanjang hari.


3. Rambut Bergelombang

Salah satu permasalahan rambut bergelombang adalah rambut yang sulit sekali ditata. Belum lagi saat cuaca lembap rambut menjadi mudah kusut dan saat cuaca kering rambut terlihat tipis dan lemas. Hal tersebut terjadi lantaran minyak alami di kulit kepala kesulitan mencapai ujung rambut.

Supaya lebih mudah menata rambut bergelombang, kamu bisa memilih kondisioner dengan kandungan pelembap ringan. Kamu membutuhkan produk yang bisa memberi light moisture. Artinya melembapkan dengan ringan dan tanpa memberi efek ‘berat’. Hindari produk dengan kelembapan ekstra yang bisa bikin rambutmu justru lepek.


4. Rambut Lurus Tipis

Selain membantu melemaskan rambut, ada produk kondisioner yang juga dirancang untuk menebalkan volume rambut atau volumizing conditioner. Kamu yang memiliki rambut lurus, tipis, lembut, dan tidak mudah kusut dapat menggunakan kondisioner jenis ini. Produk ini juga biasanya memiliki formula lebih ringan dibandingkan dengan kondisioner biasa, sehingga tidak menyebabkan rambut  lepek saat digunakan secara teratur.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Penantian 3 Tahun, ONE OK ROCK Siap Konser di Jakarta September 2023

BERIKUTNYA

7 Tayangan Baru Sepanjang Juni di VIU, Ada Drama Korea & Variety Show

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: