Tampak depan Alun-Alun Surabaya (Sumber gambar: Instagram @surabayasparkling

Galeri Seni Gratis di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

25 September 2022   |   16:00 WIB

Lagi di Surabaya? Jangan lupa berkunjung ke Alun-Alun Surabaya. Di lokasi ini terdapat galeri seni bernuansa modern yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata seni, serta suasananya yang begitu estetis sehingga cocok untuk menambah koleksi foto di galeri kalian.

Alun-Alun Surabaya tampak berbeda dari sebelumnya, terdapat bangunan kaca yang terlihat menarik perhatian pejalanan kaki yang tengah melewatinya. Apalagi setelah memasuki area Alun-Alun ini, ada banyak fasilitas yang dapat dinikmati, yang kini semakin difungsikan sebagai ruang kreativitas warga Surabaya.

Baca juga: Berkenalan dengan 5 Pelukis Lokal dan Karya Kontemporernya

Sangat berbeda dengan gambaran tentang alun-alun yang umumnya merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput, suasana di Alun-Alun Surabaya lebih tertata rapi dan bernuansa estetis.

Sebelum bernama Alun-Alun Surabaya, tempat ini lebih dikenal dengan Balai Pemuda, yang penuh dengan sejarah dan merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Kota Pahlawan tersebut.

Diresmikan menjadi Alun-Alun Surabaya pada 17 Agustus 2020 bersamaan dengan HUT Republik Indonesia ke- 75 oleh Tri Rismaharini, yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, bangunan tua khas peninggalan Belanda ini masih terlihat kokoh dan orisinal.

Meski bangunan jadul, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak pengunjung yang terlihat melakukan sesi pemotretan di berbagai sudut bangunan.

Salah Satu Bangunan Peninggalan Kolonial Belanda Yang Berada Di Alun-Alun Surabaya (Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi)

Salah Satu Bangunan Peninggalan Kolonial Belanda Yang Berada Di Alun-Alun Surabaya (Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi)


Uniknya terdapat ruang bawah tanah yang difungsikan untuk area parkir dan juga galeri seni. Galeri seni memiliki gaya bangunan modern estetis, sangat cocok dijadikan tempat pameran kesenian dengan berbagai tema. 

Tema pameran di galeri seni ini selalu diperbaharui setiap bulan, salah satunya ketika saya berkunjung yaitu memamerkan karya-karya seni dengan tema Surabaya Lintas Masa.
 

Ruang Pameran pada Galeri Seni Alun-Alun Surabaya (Sumber gambar: Dokumentasi pribadi)

Ruang Pameran pada Galeri Seni Alun-Alun Surabaya (Sumber gambar: Dokumentasi pribadi)

 

Tema Surabaya Lintas Masa berlangsung pada 3-19 September 2022, yang menampilkan koleksi foto, peta, litografi dan reklame Surabaya sejak 1677. Ratusan karya ditampilkan di dalam ruangan dengan nuansa modern dan pencahayaan yang mendukung membuat karya sangat menarik untuk dinikmati.

Memasuki area galeri seni tidak dipungut biaya, alias gratis. Pintu masuk galeri seni dimudahkan dengan penggunaan travelator, sehingga aman dan nyaman untuk semua kalangan termasuk difabel.

Informasi pameran yang sedang berlangsung pun dibentangkan pada spanduk sehingga membantu para pengunjung untuk mendapatkan informasi kegiatan seni yang berlangsung pada saat itu.
 

Salah Satu Sudut Tempat Untuk Berfoto Di Dalam Galeri Seni (Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi)

Salah Satu Sudut Tempat Untuk Berfoto Di Dalam Galeri Seni (Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi)
 

Pada bagian luar galeri, banyak bangunan lain yang tak kalah cantiknya. Terdapat fasilitas umum yang bisa kita nikmati dengan gratis, di antaranya perpustakaan daerah dan ruang kelas bahasa. Tersedia juga foodcourt di bagian lantai atas dengan berbagai kios yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman.
 

Foodcourt Yang Berada Dilantai Atas (Sumber gambar: Dokumentasi pribadi)

Foodcourt Yang Berada Dilantai Atas (Sumber gambar: Dokumentasi pribadi)


Sebagai tempat edukasi seni lewat karya-karya seniman Kota Surabaya, area alun-alun ini sangat direkomendasikan untuk jadi destinasi wisata bersama keluarga maupun lokasi hangout yang menyenangkan bersama sahabat.

Baca juga: Yuk Intip Daya Tarik Hotel Berkonsep Art & Lifestyle Ini, Cocok Buat Kalian yang Berjiwa Seni

Cukup dengan membayar retribusi untuk parkir kendaraan, kita dapat menikmati semua fasilitas di area Alun-Alun Surabaya secara gratis. Jadi pastikan untuk berkunjung ke area ini jika kalian berkunjung ke Surabaya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Final Week Free Fire Master League Jadi Ajang Pembuktian Kuat Bagi SES Alfaink

BERIKUTNYA

Waspada, Diet Tinggi Serat Picu Kanker Hati pada Orang dengan Kondisi Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: