Ilustrasi Mural Frida Kahlo (Sumber gambar: Unsplash/Tim Mossholder)

5 Rekomendasi Film tentang Maestro Lukis Dunia, Dijamin Seru!

24 September 2022   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Lukisan yang sering kita lihat di pameran, ternyata banyak menyimpan kisah-kisah dari pelukis yang jarang diketahui publik. Untuk itulah banyak sineas yang kemudian mengangkat kisah tersebut ke dalam sebuah film, baik penuh haru maupun menginspirasi.

Melalui medium film, penonton akhirnya  bisa mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan kepribadian pelukis, baik dari perspektifnya dalam memandang hidup, atau pun caranya mengkspresikan gagasan ke atas kanvas.

Tak jarang juga penonton akhirnya mengetahui kisah-kisah di balik lukisan-lukisan terkenal karya mereka yangi berhasil divisualkan oleh sutradara sehingga lebih mudah untuuk dimengerti dan tentunya dengan dibalut cerita dan visual yang menarik.

Baca jugaIntip Kisah di Balik 3 Lukisan Terkenal Maestro Dunia

Nah, bagi Genhype yang penasaran tontonan bertema lukisan dan senimannya, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber 5 film-film pelukis terkenal di dunia yang bisa kalian tonton di akhir pekan. Simak ya.
 

1. Frida (2022)

Film biografi mengenai seniman lukis perempuan terkenal asal Meksiko, Frida Kahlo ini patut kalian tonton, karena tidak hanya seru, film ini juga sukses menyabet 2 Piala Oscar kategori Best Scoring dan Best Makeup pada tahun 2003. 

Disutradarai Julie Traymor, film ini bercerita tentang Frida Kahlo yang tetap berkarya meski terbaring di tempat tidur akibat keecelakaan. Selain itu, ada juga kisah  percintaannya dengan Diego Rivera, seniman mural legendaris dari Meksiko yang kelak jadi suaminya.
 


Film berdurasi 2 jam 3 menit ini dibintangi Salma Hayek sebagai Frida Khalo, dan suaminya Diego Rivera, diperankan oleh Alfred Monila.  Tak hanya itu, film ini juga didukung bintang kenamaan dunia, seperti Antonio Banderas, Amelia Zapata, dan Alfred Monila.
 

2. Loving Vincent (2017)

Film animasi karya sutradara Dorota Kobiela dan Hugh Welchman ini juga patut untuk ditonton karena akan menyajikan perspektif lain mengenai detail-detail sejarah menyangkut kematian maestro lukis asal Belanda, Vincent van Gogh.

Kisah di dalam film ini diceritakan melalui sudut pandang orang lain, yakni anak seorang tukang pos yang bernama Armand Roulind. Dia ditugaskan oleh ayahnya untuk mengantar surat terakhir yang dibuat Vincent sebelum kematiannya, pada adiknya, Theo van Gogh.
 


Dari sinilah Armand kemudian berkelana mengelilingi Paris dan menemukan banyak fakta yang justru semakin membuatnya penasaran untuk mencari petunjuk-petunjuk mengenai misteri penyebab kematian Vincent.

Keunikan lain dari film ini adalah di mana seluruh animasinya berasal dari 65.000 lukisan yang dibuat oleh  tim khusus yang terdiri dari 125 pelukis profesional dari 20 negara dengan memakan waktu pengerjaan hingga enam tahun.
 

3. Big Eyes (2014)

Film yang diangkat dari kisah nyata pelukis Margeret Ulbrich ini juga layak untuk ditonton karena menyajikan konflik seru atas upayanya untuk memperjuangkan hak cipta lukisan-lukisannnya yang diakui orang lain. 

Disutradarai Tim Burton, film ini mengisahkan perjalanan hidup pelukis berbakat bernama Margaret, yang baru saja pindah ke San Fransisco bersama anaknya untuk memulai hidup baru pada tahun 1950-an.
 


Dia kemudian bertemu Walter, seorang pialang yang terkesan terhadap lukisan-lukisannya yang ekspresif melalui karakter anak kecil dengan mata yang besar hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah.

Namun, karya-karya Margaret ternyata dijual oleh Walter seolah-olah dia yang membuat lukisan tersebut. Sehingga suaminyalah yang menikmati ketenaran dari hasil jerih payah yang sudah lama dia bangun.

Merasa ditipu, Margaret pun mencoba untuk membuka hal itu pada publik, tapi ada banyak rintangan yang harus dia tempuh. Baik tindakan kasar bahkan ancaman terhadap anaknya.

Baca jugaHerodonology, Film Dokumenter Tentang Kiprah Seniman Kontemporer Heri Dono

Dibintangi Amy Adams dan Cristolph Waltz, film berdurasi 1 jam 46 menit ini juga berhsil menyabet penghargaan bergengsi, yakni Penghargaan Golden Globe untuk aktris terbaik di bidang musikal atau komedi.
 
1
2


SEBELUMNYA

8 Kreasi Nail Art untuk Percantik Kukumu, Unik dan Anti Mainstream

BERIKUTNYA

Harga Tiket & Full Line Up We The Fest 2022 Mulai 23-25 September, Tiket Masih Tersedia!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: