About Love Campaign (Dok. Tiffany & Co.)

Lukisan Langka Basquiat di Iklan Tiffany & Co. Bikin Kaget Penggemar

24 August 2021   |   15:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Tiffany & Co. tidak main-main dengan produksi kampanye iklan mereka yang tidak hanya merekrut pasangan paling terkenal di dunia tetapi untuk kampanye About Love baru yang mencolok, mereka juga menampilkan lukisan langka Basquiat.

Lukisan karya Jean-Michel Basquiat yang dibuat tahun 1982 ini berjudul Equals Pi dan dibeli Tiffany dari kolektor pribadi.

Menurut Database Artnet Price, lukisan tersebut dijual di Sotheby's London pada Juni 1990, hanya dua tahun setelah kematian sang seniman pada usia 27, dengan kisaran harga £180.000 hingga £250.000 tetapi gagal terjual.

Enam tahun kemudian, kanvas biru ini dilelang lagi, juga di Sotheby's London, kali ini dengan perkiraan yang jauh lebih rendah dari £100.000 hingga £140.000. Equals Pi pada akhirnya terjual seharga £155.500 atau Rp3 miliar.

Namun fakta  ini meninggalkan perasaan yang meresahkan di kalangan penggemar Basquiat dengan fakta bagaimana lukisannya terjual dengan harga rekor tapi tampaknya ahli waris atau keluarga seniman kulit hitam itu tidak menerima uang dari penjualan ini.

Mic melaporkan bahwa Jay-Z baru-baru ini mencemooh bagaimana keluarga Basquiat tidak menerima sepotong nilai karya seniman jenius yang tadinya sebuah lukisan seharga US$2.500 pada 1980-an menjadi US$110 juta pada 2017.

Lalu ada fakta bahwa lukisan digunakan dalam kampanye iklan yang pada dasarnya bertujuan untuk menjual lebih banyak berlian Tiffany & Co.

Lalu, apa cerita di balik lukisan Equals Pi ini?

"Equals Pi" Jean-Michel Basquiat, 1982 (Dok. Tiffany & Co.)

 


Menurut Art Net, lukisan itu berasal dari masa emas Basquiat dan berisi sejumlah motif khasnya, termasuk mahkota dan tengkorak.

Karya tersebut dibalut dengan rona biru muda yang terkenal sebagai trademark Tiffany, meskipun tidak ada bukti bahwa sang seniman menciptakan karya tersebut dengan inspirasi dari perusahaan perhiasan itu.

Meski demikian, Alexandre Arnault, wakil presiden eksekutif produk dan komunikasi Tiffany & Co., menyatakan bahwa mungkin ada hubungan antara lukisan langka ini dengan Tiffany.

"Warnanya sangat spesifik sehingga ini bisa jadi semacam penghormatan," katanya dalam sebuah wawancara dengan WWD.

Equals Pi nantinya akan dipajang di butik Tiffany di Fifth Avenue, New York, yang saat ini sedang direnovasi.

Pemilik lukisan ini sebelumnya adalah keluarga Sabbadini, sebuah klan yang berbasis di Milan, pendiri perusahaan perhiasan Sabbadini yang terkenal.

Sebuah fitur 2018 di majalah W menunjukkan ibu dan anak Stefania dan Micól Sabbadini berpose di depan lukisan, yang tergantung di atas sofa mereka.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Game Simulasi Pertanian Stardew Valley Umumkan Turnamen Kreator Konten

BERIKUTNYA

Ini 3 Resep Minuman Hangat yang Bisa Dicoba di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: