Mona Lisa adalah salah satu karya dari maestro dunia yang sampai saat ini sangat terkenal. (Sumber gambar: Unsplash/The Free Birds)

Intip Kisah di Balik 3 Lukisan Terkenal Maestro Dunia

23 September 2022   |   18:25 WIB

Like
Mona Lisa dan Starry Night adalah sedikit contoh karya dari maestro Leonardo da Vinci dan Vincent Van Gogh yang sampai saat ini menarik perhatian banyak pecinta seni. Kaya itu begitu mempesona karena cerita yang ada di baliknya selain secara tekhnik dan estetika yang begitu memesona.

Saat ini, banyak pecinta seni akan datang ke Museum Louvre ketika mereka berada di Paris, Prancis. Salah satu tujuannya adalah untuk melihat dan menikmati dengan mata kepala mereka sendiri lukisan yang sangat mendunia itu setelah mereka mendengar cerita di baliknya.

Berikut lukisan karya maestro dunia dan cerita menarik yang ada di belakangnya dilansir dari berbagai sumber.

Baca jugaTerjual dengan Harga Fantastis, Inilah 5 Lukisan Termahal para Old Master Indonesia
 

1. Mona Lisa

Mona Lisa karya Leonardo da Vinci selalu menjadi karya yang tidak pernah habis dan bosan untuk dilihat atau didengar kembali cerita di baliknya. Kepopuleran lukisan ini bahkan pernah membuat Raja François I membeli pada 1518.

Dilansir dari laman Museum Louvre, wanita dalam Lukisan berjudul Mona Lisa bernama Lisa Gherardini, istri seorang pedagang sutra Florentine Francesco del Giocondo. Wanita ini memiliki nama italia La Gioconda dan nama Prancis La Jaconde.

Sang wanita yang dilukis dengan pemandangan di belakangnya seolah menatap para penikmat dengan senyumnya yang penuh teka-teki.

Baca jugaSelain Mona Lisa, Ini Lukisan Terkenal Karya Leonardo da Vinci

Lukisan ini pernah hilang pada 1911, dan tidak ada yang mendengar tentangnya selama lebih dari 2 tahun. Namun, suatu hari seorang bernama Vincenzo Peruggia mencoba menjual lukisan tersebut kepada pedagang seni Italia, dan seseorang melaporkannya.

Singkat cerita, Mona Lisa pun kembali, dan lukisan tersebut makin tenar, bahkan hingga sekarang. Saking tenarnya, pihak museum bahkan memasangi lukisan tersebut dengan pelindung kaca anti peluru.
 

2. Starry Night

Cerita yang di balik lukisan Starry Night karya pelukis Vincent Van Gouh adalah cerita yang tidak boleh dilewatkan. Bukan tanpa sebab, di balik keindahan karya tentang bintang-bintang malam itu, terdapat kisah pilu yang harus dialami oleh sang seniman.

Dilansir dari laman MoMa, lukisan ini adalah lukisan yang emosional dan menarik secara visual selama karir sang seniman yang hanya berlangsung satu dekade. Alam dan orang-orang yang tinggal didekatnya membangkitkan kecenderungan artistik sang seniman.

Alih-alih menggambar kondisi sekelilingnya, dia melukis pemandangan yang diubah oleh imajinasinya. Saat melukis, sang seniman sedang berada di Rumah Sakit Jiwa Saint-Paul di Saint-Remy, Prancis.

Dia melukis Starry Night melalui pengamatan dan ingatan yang ada di dalam kepalanya juga emosi yang ada dalam karyanya.
 

3. Guernica

Karya lain dari maestro dunia adalah Guernica yang merupakan karya seniman Pablo Picasso. Karya ini merupakan penggambaran tentang situasi yang kejam dan dramatis, dan dibuat untuk menjadi bagian dari paviliun Spanyol di Pameran Internasional di Paris pada 1937.

Sang seniman termoivasi membuat karya ini dari berita tentang pemboman di kota Basque. Karya besar itu dipahami sebagai poster raksasa, saksi tentang kengerian yang disebabkan oleh Perang Dunia Kedua.

Guernica telah membuat banyak orang mengeluarkan interpretasi kontroversial lntaran penggunaan warna dalam karya tersebut yang hanya berwarna keabu-abuan. Seorang sarjana bernama Anthony Blunt membagi protagonis karya tersebut dalam dua kelompok.

Baca jugaBerkenalan dengan 5 Pelukis Lokal dan Karya Kontemporernya

Kelompok pertama terdiri dari 3 hewan dan kelompok kedua terdiri dari manusia yang terdiri daris eorang prajurit mati dan sejumlah wanita dengan memegang lampu dan bersandar melalui jendela. Terdapat juga seorang ibu meratapi sang anak dalam gendongannya yang sudah tidak bernyawa.



(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

6 Tips Memilih Warna Cat Rambut Sesuai Warna Kulit & Bentuk Wajah

BERIKUTNYA

Sinefil Siap-Siap, Ini 4 Festival Film di Indonesia September & Oktober 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: