Rekomendasi film dokumenter untuk kalian yang butuh inspirasi (Sumber gambar: IMDb)

Penuh Inspirasi, Ini Rekomendasi 8 Film Dokumenter yang Wajib Ditonton

23 September 2022   |   17:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Genhype pasti pernah di suatu saat membutuhkan inspirasi, terutama ketika terjadi masa krisis internal atau eksternal di dalam hidup. Biasanya kita bisa mendapatkannya kembali lewat karya-karya seperti lagu, buku, dan film-film. Salah satu genre film yang bisa menginspirasi kalian adalah film dokumenter. 

Materi dalam film ini sebagian besar didasarkan pada kisah nyata, menjadikannya sumber inspirasi dan dapat memotivasi dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh film fiksi. Dampak emosional film dokumenter juga lebih mendebarkan daripada blockbuster mana pun karena didasarkan pada fakta yang menjadi daya tarik utamanya. 

Dari seri perjalanan yang menarik hingga reality show yang mengharukan, film dokumenter tak hanya menghibur tetapi juga inspiratif dengan menampilkan pesan-pesan indah untuk mengangkat semangatmu dan menambah hal positif dalam hidup. 

Berikut delapan film dokumenter inspirasional terbaik yang menghibur, mendidik, membangkitkan semangat, dan dapat Genhype temukan di platform streaming. Duduk dan siapkan popcorn untuk menikmati rekomendasi film yang membuka mata ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Dokumenter dengan Pendapatan Tertinggi 
 

1. The Defiant Ones (2017)

The Defiant Ones adalah serial dokumenter Amerika yang dikemas menjadi 4 bagian dan ditayangkan di HBO. Disutradarai oleh Allen Hughes, The Defiant Ones menceritakan perjalanan karier dan kolaborasi antara produser musik Jimmy Lovie dan Dr. Dre sebagai pendiri Beats Electronics.

Serial ini menceritakan titik awal di mana mereka berbagi cerita pribadi, dan berbicara tentang bagaimana hubungan mereka berdua berkembang. Pada 2014, keduanya berniat menjual perusahaan ini ke raksasa teknologi Apple. Tetapi Dr. Dre membocorkan berita itu di Facebook dan membahayakan kesepakatan miliaran dolar.

Selain memuat wawancara dengan kedua orang itu, beberapa produser musik, sutradara, dan artis seperti will.i.am dari Black Eyed Peas, Snoop Dogg, Eminem, dan Gwen Stephani, berkontribusi pada cerita ini. Rekaman arsip pertemuan bisnis, sesi rekaman studio, pertunjukan, dan momen-momen penting dalam sejarah juga ditampilkan.
 
 


2. The Last Dance (2020)

The Last Dance adalah miniseri dokumenter olahraga Amerika yang diproduksi oleh ESPN Films dan Netflix. Disutradarai oleh Jason Hehir, The Last Dance berkisah tentang karier Michael Jordan, dengan fokus khusus pada periode 1997-1998 sebagai musim terakhirnya bersama Chicago Bulls dari National Basketball Association (NBA).

Serial ini menampilkan cuplikan ekslusif dari kru film yang memiliki akses ke Bulls, serta wawancara dengan banyak tokoh NBA, seperti Jordan, Scottie Pippen, Dennis Rodman, Steve Kerr, dan Phil Jackson. The Last Dance memenangkan Primetime Emmy Awards ke 72 untuk Outstanding Documentary or Nonfiction Series.
 
 


3. Free Solo (2018)

Buat yang suka olahraga naik gunung, panjat tebing, atau olahraga ekstrem lainnya, film ini harus ditonton. Free Solo adalah film dokumenter Amerika yang disutradarai oleh Elizabeth Chai Vasarhelyi dan Jimmy Chin, menampilkan pemanjat tebing Alex Honnold dalam usahanya melakukan pendakian solo di formasi bebatuan El Capitan, Taman Nasional Yosemite, California pada Juni 2017.

Pada tahun tersebut, sutradara Jimmy Chin mengikuti persiapan Alex Honnold dalam misi besarnya di Taman Nasional Yosemite, California. Pria kelahiran 1985 itu akan melakukan aksi menantang untuk memanjat formasi bebatuan El Capitan. Yang lebih gila lagi, Alex akan mengambil rute Freerider dengan waktu tempuh pemanjatan selama tiga jam tanpa tali pengaman. 

Jika berhasil menyelesaikan misi ini, Alex Honnold akan menjadi orang pertama yang memanjat El Capitan seorang diri. Jimmy dan para kru pun mulai mencari solusi agar Alex tidak merasa terganggu dengan kehadiran kamera.

Free Solo ditayangkan perdana di Telluride Film Festival pada 31 Agustus 2018, dan diputar di Festival Film Internasional Toronto 2018, di mana film ini memenangkan People’s Choice Award untuk kategori Dokumenter. Free Solo juga berhasil menjadi pemenang di ajang People's Choice Awards untuk kategori film dokumenter.

Puncaknya di gelaran Academy Awards ke-91, film dokumenter ini menyabet dokumenter terbaik dan Piala Oscar untuk kategori Best Documentary Feature. Film ini kemudian dirilis di Amerika Serikat pada September 2018 dan mendapat pendapatan lebih dari $28 juta. 


 
SEBELUMNYA

Fakta-Fakta Mengenai Penyakit Hernia Inguinalis, Sering Terjadi pada Pria

BERIKUTNYA

5 Barang yang Wajib Dibawa saat Nonton Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: