Rekomendasi film dokumenter untuk kalian yang butuh inspirasi (Sumber gambar: IMDb)

Penuh Inspirasi, Ini Rekomendasi 8 Film Dokumenter yang Wajib Ditonton

23 September 2022   |   17:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like

7. 14 Peaks (2021)

Film dokumenter ini berkisah tentang Project Possible, sebuah rencana yang disusun oleh pendaki ketinggian tinggi asal Nepal dan juga mantan serdadu marinir Inggris, Nimal Purja. Nimal bermimpi untuk menaklukkan 14 puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter (26.247 kaki) dalam waktu 7 bulan (yaitu dari akhir musim semi hingga akhir musim dingin, sebelum musim dingin dimulai) —memecahkan rekor sebelumnya yang dilakukan selama hampir delapan tahun.

Orang pertama yang mendaki 14 summit ini adalah pendaki Italia Reinhold Messner yang membutuhkan waktu 16 tahun antara 1970 dan 1986. Kerennya lagi, Messner bisa menyelesaikannya tanpa menggunakan oksigen tambahan. Pada 2013, prestasi tersebut diungguli oleh pendaki Korea Selatan Kim Chang dalam waktu 7 tahun 310 hari, juga tidak menggunakan oskigen tambahan.

Pendakian Purja memakan waktu 6 bulan 6 hari antara April 2019 hingga Oktober 2019. Film dokumenter ini dmulai pada April 2019, dengan Purja mendaki Annapurna, secara statistik puncak ini masuk kedalam 8.000 paling berbahaya.

Dalam dokementer ini ditunjukkan beberapa kali Purja menolong pendaki lain sehingga kehilangan waktu yang baik untuk mendaki puncak lainnya. Pada September, upayanya sempat terhenti selagi menunggu izin mendaki gunung terakhir, Shishapangma, di kawasan otonomi Tibet yang dikuasai China.

Izinnya keluar pada 15 Oktober setelah pemerintah Nepal mendekati pemerintah China. Project Possible dinyatakan berhasil  setelah Nirmal Purja mencapai puncak gunung ke-14, Shishapangma di China ini.
 


8. Tiger (2021)

Dedikasi dan obsesi Tiger Woods dengan permainan golf membawanya tidak hanya ke puncak ketenaran dan kesuksesan secara internasional, tetapi juga menyusuri jalan mengarah kegelapan dan akhirnya penebusan.

Film dokumenter ini didasarkan pada biografi Tiger Woods (2018) dan membahas mengenai kebangkitan, kejatuhan, dan kembalinya Woods di dunia golf yang digambarkan dalam dua episode ini.

Tiger menggabungkan cuplikan yang belum pernah dilihat sebelumnya oleh publik dan hasil wawancara, film ini menunjukkan pandangan tentang dedikasinya yang tak tertandingi untuk olahraga, yang membantunya melejit tinggi sebagai pegolf dan ikon.

Seperti dalam biografinya,Tiger mengeksplorasi hubungan Woods dengan ayahnya, bagaimana hubungan itu berpengaruh pada karier pegolf ini.

Dokumenter ini juga menampilkan wawancara dengan mantan caddy Woods, Steve Williams, mantan pacar Woods, Nick Faldo, Bryant Gumber, dan Rachel Uchitel, yang terlibat dalam skandal perselingkuhan Ewoods.

Pembuat film mengatakan Woods dua kali menolak untuk diwawancarai untuk film tersebut dengan alasan kontraktual. Keluarga Woods juga tidak muncul dalam serial tersebut.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2
3


SEBELUMNYA

Fakta-Fakta Mengenai Penyakit Hernia Inguinalis, Sering Terjadi pada Pria

BERIKUTNYA

5 Barang yang Wajib Dibawa saat Nonton Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: