Ilustrasi kreator konten (Sumber gambar: Ivan Samkov/Pexels)

Dukung Kreator, YouTube Luncurkan 2 Program Monetisasi Konten

22 September 2022   |   13:32 WIB

Tak hanya menjadi media untuk membuat konten video, YouTube juga menjadi tempat bagi para kreator untuk mendapatkan penghasilan lewat monetisasi. Untuk memperluas cakupan sistem monetisasi itu, YouTube memperkenalkan dua cara anyar yang menjadi bagian dari Program Partner YouTube (YPP).

Dua konsep monetisasi yang diumumkan dalam acara Made on YouTube di Los Angeles, California, AS, pada Selasa (20/9/2022), itu adalah memperluas akses YPP serta memperkenalkan model pembagian keuntungan baru untuk Shorts.

Susan Wojcicki, CEO YouTube, mengatakan dalam tiga tahun terakhir, YouTube telah memberikan lebih dari US$50 miliar penghasilan kepada kreator, artis, dan perusahaan media, yang telah menunjang kemunculan cerita dan bentuk ekspresi diri mereka yang baru.

Baca juga: Ternyata, Ini Kategori Konten YouTube yang Paling Populer 

Untuk meningkatkan upaya itu, pihaknya pun membuat cara baru untuk mengapresiasi kreativitas di YouTube dengan memperluas akses Program Partner YouTube. "Saat memperkenalkan Program Partner YouTube, kami membuat pertaruhan besar, kami akan sukses hanya jika kreator-kreator kami sukses," katanya.


Kesempatan Akses YPP

Guna memperluas akses YPP, mulai awal 2023, YouTube memberikan akses  kreator yang berfokus pada Shorts dapat mendaftar YPP setelah memenuhi syarat minimal 1.000 subscriber dan 10 juta tayangan Shorts dalam 90 hari.

Para partner baru ini akan mendapatkan semua manfaat YPP, termasuk monetisasi iklan di video Shorts maupun video format panjang YouTube. Ini merupakan alternatif dari kriteria sebelumnya, di mana kreator video panjang dapat mendaftar YPP setelah mengumpulkan minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton.

Kreator bisa memilih opsi yang paling pas untuk channel mereka, sementara YouTube tetap dapat menjaga keamanan brand untuk para pengiklan. Untuk mendukung kreator yang masih pemula di platform ini, YouTube juga akan memperkenalkan tingkat YPP baru dengan persyaratan lebih rendah yang menawarkan akses lebih awal ke fitur Fan Funding tertentu, seperti Super Thanks, Super Chat, Super Stickers, dan Langganan Channel.
 

g

Program Partner YouTube (Sumber gambar: YouTube)


Pembagian Keuntungan Baru untuk Shorts

Sementara itu, dengan sekitar 30 miliar penayangan per hari dan 1,5 miliar pengguna login per bulan, Shorts begitu digandrungi di seluruh dunia. Untuk mengapresiasi kategori kreasi baru ini, mulai awal 2023, YouTube akan beralih dari sistem pendanaan tetap dan lebih mengandalkan model pembagian keuntungan yang unik di Shorts, baik untuk kreator yang sudah menjadi anggota YPP maupun yang baru mendaftar.

Neal Mohan, Chief Product Officer YouTube, mengatakan Program Partner YouTube telah mengubah sistem monetisasi video panjang. Saat ini, pihaknya juga membuka peluang bagi kreator video singkat dan memperkenalkan pembagian keuntungan di Shorts.

"Untuk pertama kalinya di platform mana pun dan dalam skala berapa pun, pembagian keuntungan ditawarkan untuk video singkat," ujarnya.

Neal menjelaskan karena iklan di Feed Shorts ditayangkan di antara video, pendapatan dari iklan-iklan ini akan ditotal setiap bulan dan digunakan untuk mengapresiasi kreator Shorts dan membantu menutup biaya lisensi musik.

Kreator akan menerima 45 persen keseluruhan uang yang dialokasikan untuk mereka, yang kemudian dibagi berdasarkan kontribusi masing-masing dalam jumlah total penayangan Shorts. Angka pembagian keuntungan ini akan sama, apakah mereka menggunakan musik atau tidak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Visinema Pictures Laporkan Pembajak Film Mencuri Raden Saleh ke Polda Metro Jaya

BERIKUTNYA

Diangkat dari Novel Legendaris, Simak Fakta Menarik Film Balada Si Roy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: