Aksi peretasan oleh para hacker di dunia nyata banyak menginspirasi sineas mengembangkan film. (sumber gambar ilustrasi: pexels/ Tima Miroshnichenko)

Cek 4 Rekomendasi Film Tentang Hacker yang Wajib Masuk Watch List

21 September 2022   |   00:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat Indonesia diramaikan dengan perbincangan tentang seorang peretas (hacker) dengan nama 'panggung' Bjorka. Dia mengaku telah berhasil mengakses sejumlah dokumen penting negara dan membagikan informasi para pejabat pemerintah.  

Peretasan yang dilakukan oleh aktor jahat siber bukan kali pertama terjadi, dan memang sudah sering dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya di Indonesia, aktivitas hacking juga terjadi di banyak negara di dunia. Target peretasan juga tidak terbatas pada lembaga pemerintah saja, tapi perusahaan swasta bahkan individu. 

Aksi meretas yang terjadi di dunia nyata mengundang para sineas film untuk membuat karya yang melibatkan aktivitas di dunia maya tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut film tentang peretas atau hacker yang dapat menjadi pilihan Genhype:  

Baca juga: Mengenal Jenis Hacker: Black Hat, White Hat, dan Grey Hat 
 

Deep Web (2015)


Deep Web merupakan sebuah film fitur dokumenter yang mengeksplorasi kebangkitan Internet baru; terdesentralisasi, terenkripsi, berbahaya, dan di luar hukum. Film ini fokus pada cerita aksi lembaga FBI mengungkap pemilik Silk Road yang menggunakan nama anonim Tor.

Pemeran dalam film ini adalah James Chaparro, Nicholas Christin, dan Ross Ulbricht yang hadir dalam bentuk rekaman. Untuk diketahui, Ross Ulbricht adalah orang yang mengoperasikan website darknet bernama Silk Road, yakni situs jual dan beli narkoba secara daring.

Film ini mendaptkan rating 7,0 dari 10 di laman IMDb dan nilai 79 persen dari situs Rotten Tomatoes. Deep Web pertama kali diputar di publik pada ajang festival film South by Southwest. Selain itu, film juga berhasil memenangkan penghargaan Top Audience Choce di ajang Anthem Film Festival Las Vegas pada 2016. 
 

We Are Legion (2012)


Film We Are Lagion merupakan karya sinema dokumenter tentang cara kerja dan keyakinan kolektif hacktivist. Film juga membawa para penonton ke dalam kisah budaya dan sejarah Anonymous yang kompleks.

Film ini mengeksplorasi kelompok hacktivist awal seperti Cult of the Dead Cow dan Electronic Disturbance Theater, sampai dengan Anonymous pribadi. We are Legion bisa menjadi salah satu film seputar hacker yang bisa ditonton. Judul ini mendapatkan nilai 7,2 bintang di laman IMDb. 

Film garapan sutradara Brian Knappenberger ini tercatat masuk menjadi nominasi dalam sejumlah ajang apresiasi atau penghargaan film. Misalnya Sheffield International Documentary Festival pada 2012, SXSW Film Festival pada 2012, dan Writers Guild of America, Amerika Serikat pada 2013.

Baca juga: 5 Hacker Paling Lihat dalam Sejarah Dunia 
 

Snowden (2016)


Film Snowden bercerita tentang salah seorang agensi intelejen Amerika Serikat, yakni Edward Snowden yang meninggalkan pekerjaannya di Badan Keamanan Nasional. Snowden yang mengetahui tentang kegiatan pemerintah yang melakukan pengawasan terhadap semua pihak, baik pemerintah asing, teroris, dan orang biasa. Dia lantas membocorkan kegiatan itu kepada wartawan.

Film ini dapat menjadi salah satu dari banyak film yang dapat ditonton oleh Genhype. Dilansir dari laman IMDb, film ini mendapatkan rating 7,3 dari 10. Snowden yang dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, dan Melissa Leo ini memenangkan 4 penghargaan pada ragam ajang apresiasi film. 

Film ini berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Bavarian Film Awards pada 2017, Camerimage pada 2016, Cinema for Peace Awards pada 2017, dan Satellite Awards pada 2017.
 

Who am I (2014)


Film lainnya tentang peretasan yang tidak boleh luput adalah Who am I yang rilis pada 2014 silam. Film ini bercerita tentang Benjamin, seorang jagoan komputer muda Jerman. Dia diundang untuk bergabung dengan kelompok peretas subversif yang ingin diperhatikan di panggung dunia.

Diperankan oleh Tom Schilling, Elyas M’Barek, dan Wotan Wilke Mohring, film ini mendapatkan rating 7,5 dari 10 dalam laman IMDb. Tidak hanya itu, film ini juga tercatat telah memenangkan 6 penghargaan dan masuk dalam 6 nominasi. Film ini menjadi pemenang di ajang Bambi Awards, Bavarian Awards, German Camera Award, dan German Film Awards pada 2015.   

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Intip Sinopsis & Cerita di Balik Layar Drama Korea Love in Contract

BERIKUTNYA

Hadirkan Kisah Penuh Intrik, Serial Andor Mulai Tayang Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: