Ilustrasi peta itinerary (Sumber gambar: Dominika Roseclay/Pexels)

5 Tip Mudah Membuat Itinerary sebelum Travelling, Liburan Jadi Enggak Ribet!

20 September 2022   |   21:52 WIB

Akhir tahun akan segera tiba. Beberapa dari Genhype mungkin sudah menyiapkan dana untuk liburan. Bukan hanya dana, persiapan matang mulai dari kondisi fisik, perlengkapan, hingga itinerary harus dipikirkan dengan baik. Itinerary atau rencana perjalanan merupakan bagian penting dalam sebuah kegiatan travelling.

Meski demikian, tidak semua traveller memerlukan itinerary karena memilih berlibur tanpa rencana yang matang. Namun bagi traveller tertentu, itinerary akan membantu perjalanan lebih tertata dan teratur terutama jika waktu liburan terbilang singkat.

Dalam itinerary, kamu akan membagi peta perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan, yang diatur dalam kurun waktu dan budget yang sudah ditentukan. Upayakan untuk membuat itinerary dalam buku panduan perjalanan sehingga kamu dapat mengubah rencana perjalanan dengan mudah.

Baca juga: Traveling Yuk, Ini 6 Festival Spektakuler di Dunia pada 2022

Agar lebih mudah mempersiapkan perjalanan, yuk simak tip membuat itinerary sebelum mulai travelling!


1. Tentukan tujuan prioritas.

Ilustrasi peta perjalanan (Sumber gambar: Glenn Carstens Peter/Unsplash)

Ilustrasi peta perjalanan (Sumber gambar: Glenn Carstens Peter/Unsplash)


Saat memilih berkunjung ke suatu tempat, mungkin kamu akan dihadapkan dengan banyaknya rekomendasi wisata di tempat tersebut. Agar tidak banyak membuat waktu, cobalah petakan tujuan prioritas kamu. Misalnya kamu memastikan akan mengunjungi empat tempat yang paling diinginkan.

Sementara yang lainnya bersifat menyusul jika waktu mencukupi. Dengan demikian, rencana perjalanan akan tersusun lebih rapi dimulai dari destinasi paling prioritas hingga yang bersifat cadangan.
 

2. Buat waktu kunjungan.

Ilustrasi waktu perjalanan (Sumber gambar: Pixabay/Pexels)

Ilustrasi waktu perjalanan (Sumber gambar: Pixabay/Pexels)


Selain menentukan tujuan prioritas, tentukan juga waktu kunjungan dalam bentuk jadwal lengkap dengan tanggal dan jam. Upayakan kamu mengunjungi suatu tempat sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan.

Namun ingat, waktu kunjungan ini bersifat perkiraan yang sewaktu-waktu dapat berubah. Sesuaikan dengan kesediaan waktu dan kondisi masing-masing ya!
 

3. Tentukan transportasi.

Ilustrasi transportasi (Sumber gambar: Daniel Abadia/Unsplash)

Ilustrasi transportasi (Sumber gambar: Daniel Abadia/Unsplash)


Akses setiap wilayah pasti berbeda-beda. Kamu memerlukan banyak riset mengenai transportasi di sekitar tempat wisata sebelum berangkat.

Travelling identik dengan efisiensi perjalanan. Maka, pilihlah transportasi yang efektif dari segi waktu dan biaya. Hal ini dilakukan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.


4. Buat anggaran di setiap kunjungan.

Ilustrasi rencana pengeluaran (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

Ilustrasi rencana pengeluaran (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)


Agar teratur dan tertata, Genhype disarankan membuat tabel anggaran pada setiap kunjungan. Kamu bisa membuat budget secara rinci mulai dari tiket masuk wisata, biaya transportasi, hingga biaya oleh-oleh. Siapkan juga dana tak terduga jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan terjadi.
 

5. Tentukan penginapan.

Ilustrasi penginapan (Sumber gambar: Nik Lanus/Unsplash)

Ilustrasi penginapan (Sumber gambar: Nik Lanus/Unsplash)


Memilih penginapan bukan hanya berdasarkan harga yang murah saja. Pastikan kamu memilih penginapan yang strategis agar perjalanan dapat berjalan efektif dan efisien. Misalnya, pilih penginapan di area yang ramai, dekat minimarket, dan tidak jauh dari destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Baca juga: 6 Kota Ini Cocok untuk Solo Traveling Menikmati Keindahan Indonesia

Genhype, itulah beberapa tips membuat itinerary yang mudah agar perjalanan liburan kamu berjalan lancar dan aman. Sudah siap menyambut libur akhir tahun?

Editor: Fajar Sidik 
 
SEBELUMNYA

Tampil Fashionable, Simak 8 Rekomendasi Jam Tangan Lokal Untuk Wanita

BERIKUTNYA

Penyelenggara Festival Musik Project-D Klaim Minat Mahasiswa Nonton Konser Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: