Ilustrasi suasana wisata di Bali (sumber Unsplash/ Jeremy Bishop)

6 Kota Ini Cocok untuk Solo Traveling Menikmati Keindahan Indonesia

19 September 2022   |   18:50 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia dengan segala keindahan wisatanya memang dikenal sebagai negara yang ramah terhadap para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri. Tidak heran jika banyak kota-kota di Tanah Air selalu jadi tujuan utama untuk tujuan traveling.

Pada umumnya, berwisata atau traveling biasanya dilakukan  bersama keluarga, sahabat, atau bareng pasangan. Akan tetapi, ada juga kelompok orang yang suka memilih berlibur sendirian, aktivitas yang belakangan ini dikenal dengan sebutan solo traveling

Selain memiliki keasyikan tersendiri karena bisa bebas untuk mengeksplorasi destinasi tempat wisata sesuka hati, solo traveling juga memiliki sejumlah manfaat, salah satunya membuat kita lebih mandiri.

Nah, bagi Genhype yang baru mau memulai solo traveling, berikut 5 kota di Indonesia yang memiliki keamanan cukup tinggi menurut survei yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) sehingga kalian tidak perlu khawatir saat jalan sendirian. 

Baca juga: 5 Traveler Wanita di Indonesia, Petualangannya Seru Banget 
 

1. Yogyakarta 


Daerah yang terkenal sebagai Kota Pelajar ini cocok dijadikan tempat untuk solo traveling karena selain memiliki keamanan yang baik, masyarakatnya juga dikenal ramah dalam menyambut wisatawannya. 

Di Yogyakarta kalian juga bisa mengunjungi berbagai tempat tujuan yang asik seperti melancong di Malioboro, Tugu Jogja yang ikonik, ataupun museum Ulluwatu. Bahkan untuk menikmati keindahan alamnya, Genhype juga bisa mengunjungi pantai Parangtritis, Ngobaran, hingga Wediombo yang tentunya indah.
 

2. Solo, Jawa Tengah

Sebagaimana Kota Yogyakarta yang terkenal ramah saat menyambut para pelancong, Solo sebagai saudara tuanya juga memiliki keramahan yang tak bisa diragukan lagi dengan unggah-ungguh mereka yang menyenangkan dalam bergaul.

Di kota ini Genhype bisa melakukan solo travelling dengan mengunjungi wisata sejarah, budaya, dan belanja seperti, Benteng Vastenburg, Keraton Surakarta, Taman Sriwedari hingga jajanan murah di pasar Klewer.
 

3. Semarang, Jawa Tengah

Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga menyimpan berbagai tempat wisata yang unik dan tidak ditemukan di daerah lain. Di sini kalian bisa melakukan solo traveling dengan mengunjungi Lawang Sewu, Kelenteng Sam Po Kong, Masjid Agung, atau Kota Lama dengan pemandangannya yang oldschool. 

 

4. Denpasar, Bali 


Sebagai salah satu kota paling aman di Indonesia, Kota Denpasar di Bali juga menyimpan berbagai keindahan wisata alamnya untuk dinikmati saat melakukan solo traveling. Di sini kalian bisa menikmati keindahan pantai Kuta atau melihat lanskap persawahan di sekitaran Ubud yang terkenal akan teraseringnya.
 

5. Palembang, Sumatra Selatan

Selain dikenal sebagai kota tertua di Indonesia, ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan ini juga bisa menjadi tujuan wisata solo traveling kalian karena terkenal akan keindahan alamnya yang memukau.

Di kota Palembang Genhype bisa berjalan-jalan di Benteng Kuto Besak, menikmati keindahan masa lalu di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, atau bersantai sejenak di Bukit Siguntang yang terkenal keasriannya.
 

6. Banjarmasin,  Kalimantan Selatan

Kota terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan ini juga cocok dijadikan tempat rekreasi solo traveling. Selain memiliki fasilitas publik yang mendukung, kamu juga  bisa menikmati kehidupan masyarakatnya yang unik.

Beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi meliputi, Danau Biru Pengaron, Bukit Rimpi dengan savananya yang luas, hingga Sungai Barito yang terkenal dengan  pasar terapungnya yang khas. Tak heran jika kota ini juga dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lakukan 5 Langkah Ini untuk Mewaspadai Dampak Perubahan Iklim pada Kulit

BERIKUTNYA

Perbedaan Kritis dan Skeptis, Jangan Sampai Salah Arti Ya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: