Ilustrasi Pottery (Sumber Unsplash/ Earl Wilcox)

Selain Mencegah Stres, Ini 5 Manfaat Seni Membuat Tembikar (Pottery)

20 September 2022   |   17:25 WIB

Seni membuat tembikar atau pottery sudah dikenal lama dalam khazanah kebudayaan di Nusantara, bahkan ditengarai sudah dimulai sejak zaman prasejarah. Pada masa kini, seni pottery menurut beberapa penelitian ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan psikologis dan tubuh.

Banyak hal positif yang bisa didapat dengan menekuni seni pottery, antara lain bisa meredakan stres dan membuat pikiran menjadi rileks dan tenang. Tak hanya itu, hobi ini juga menyimpan banyak manfat lain .

Baca juga: 5 Olahraga yang Cocok dilakukan di Pagi Hari, Manfaatnya Banyak Banget!

Nah, bagi kalian yang penasaran mengenai manfaat seni pottery, berikut Hypeabis.id merangkumlima manfaat menekuni hobi pottery yang patut dicoba.


1. Melatih Kesabaran.

Bekerja dengan tanah liat membutuhkan ketelitian khusus untuk menghasilkan tembikar yang diinginkan. Proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang lama, karena dimulai dari tanah liat basah.

Saat pembentukan awal clay atau tanah liat, kalian akan memangkas, menusuk, menggores, dan sebagainya hingga terbentuk model tembikar yang diinginkan, sampai pada tahap bone dry atau siap untuk dibakar.

Pada tahapan ini, kalian juga akan membakar tembikar (oven bisque) di dalam oven khusus dengan temperatur suhu yang pas agar tidak menghancurkan karya yang telah dibuat.

Nah, melalui berbagai tahapan proses tersebut tentunya akan melatih kesabaran dalam menghadapi persoalan yang kadang tidak sesuai dengan rencana. Misalnya, tembikar pecah, atau bentuknya menjadi berbeda setelah kering.
 

2. Melatih Konsentrasi.

Proses pembuatan tembikar adalah manifestasi bentuk dari apa yang terjadi antara pikiran dengan anggota tubuh. Hal inilah yang kemudian dapat melatih konsentrasi kita. Keselarasan antara ide/pikiran dan tangan untuk membentuk model, ukuran hingga warna yang diinginkan.
 

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik.

Seni membuat tembikar juga bagus untuk melatih kemampuan motorik halus, karena banyak melibatkan koordinasi antara mata, dan sensor motorik jari ketika mengolah tanah liat. Bahkan mampu melatih imajinasi sehingga dapat membuat kita lebih kreatif. 
 

4. Seni Terapeutik.

Proses pembuatan tembikar juga merupakan terapeutik atau proses penyembuhan yang berkaitan dengan terapi, dan bisa diterapkan untuk segala usia. Hal itu lantaran saat kita memutar meja dan tanah liat, pikiran dan tubuh akan saling bersinergi dengan lingkungan.

Seni pottery juga memiliki manfaat besar terhadap kesehatan mental seseorang jika dillakukan dengan tepat. Selain itu, bermanfaat juga untuk membantu menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan sosial yang dirasakan orang-orang yang menekuninya.


5. Melatih Otot Lengan.

Saat membuat tembikar, tanpa disadari kita juga melatih otot pergelangan tangan dan lengan, karena hampir seluruh aktivitas tersebut berpusat di dua tangan, baik saat menekan, menggurat, bahkan membentuk karakter tanah liat yang masih basah.

Baca juga: Vania Herlambang & Max Mandias Bicara Manfaat Sustainable Living

Tak hanya itu, dengan mengekspresikan jiwa kita dalam seni pottery, masalah di otak kita akan dialihkan sejenak untuk fokus dan rileks, sehingga hobi ini juga akan membuat kita menjadi gembira dan menyenangkan utuk dijalani.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Hacker Kian Marak, Pemerintah Resmi Sahkan UU Perlindungan Data Pribadi Hari Ini

BERIKUTNYA

Dari Mager sampai Begadang, Ini 5 Penyebab Imun Tubuh Kalian Berkurang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: