Putri Indonesia 2018 Vania Herlambang berbicara saat sesi talkshow dengan tema youngsters nowadays: conclusious consumption to sustain di acara Playfest 2022, Jakarta, Sabtu (17/9). (Foto: Abdurachman/Hypeabis.id)

Vania Herlambang & Max Mandias Bicara Manfaat Sustainable Living

17 September 2022   |   18:59 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Putri Indonesia 2018 Vania Fitryanti Herlambang mengajak generasi muda untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan dan berpartisipasi dalam menjaga bumi. Harapannya, partisipasi dalam mengadopsi green lifestyle dapat mendukung terciptanya lingkungan yang lebih baik pada masa depan.

Hal tersebut disampaikan Vania yang juga aktivis lingkungan ini, dalam sesi Idea Experience dengan tema Youngsters Nowadays: Conclusious Consumption to Sustain pada gelaran Playfest 2022 yang berlangsung di Istora senayan, Jakarta, Sabtu, (17//9/22).

Baca juga: Belajar Menghargai Diri Sendiri dan Alam dengan Gaya Hidup Slow Living

Perempuan asal Banten, Jawa Barat itu meyakini bahwa dengan melakukan gaya hidup sustainable living, tidak hanya berdampak pada kondisi lingkungan, tetapi juga memiliki efek positif terhadap diri sendiri.

Meski membutuhkan perjuangan yang tidak mudah lantaran sering tidak konsisten untuk memulainya, Vania tetap menyarankan bagi yang ingin memulai gaya hidup berkelanjutan ini agar tetap konsisten menjalaninya sampai pada titik tertentu akan kebiasaan dan merasakan manfaatnya.

"Untuk anak muda ada yang ingin memulai sustainable living ini harus tetap semangat, karena banyak challenge-nya. Aku pun sempat goyang, yang dibutukan adalah endurance yang panjang," ujar Vania di hadapan pengunjung Playfest 2022.

Vania juga menegaskan bahwa untuk memulai hal tersebut memang harus dari diri sendiri, dan dilakukan secara konsisten, misalnya dari hal-hal sederhana, salah satunya menerapkan pola hidup 3R yaitu reduce, reuse, recycle..

"Kita harus dasarkan itu dari 3R. Hal itu yang perlu dilakukan dan diulang, baik dengan mengevaluasi dan perbaikan. Jadi dengan jiwanya 3R dan konsistensi, maka gaya hidup ini akan dapat diterapkan secara berkelanjutan,"  katanya.
 

 Chief Innovation Officer and Co-founder Green Rebel, Max Mandias (kedua kiri) berbicara saat sesi talkshow dengan tema youngsters nowadays: conclusious consumption to sustain dengan didampingi Senior Brand Manager Danone-Aqua Floria Tobing (kiri) dan Putri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Herlambang (kedua kanan) di acara Playfest 2022, Jakarta, Sabtu (17/9). (Foto: Abdurachman/Hypeabis.id)

Chief Innovation Officer and Co-founder Green Rebel, Max Mandias (kedua kiri), Senior Brand Manager Danone-Aqua Floria Tobing (kiri) dan Putri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Herlambang (kedua kanan) di acara Playfest 2022, Jakarta, Sabtu (17/9). (Foto: Abdurachman/Hypeabis.id)


Sementara itu, Max Mandias, Cofounder dan Executive Chef dari Burgreens juga mengajak pengunjung dan masyarakat Indonesia untuk memulai gaya hidup sehat tersebut, karena akan memberi dampak yang baik bagi bumi.

Dia sendiri mengaku optimistis dengan anak muda Indonesia yang sudah mulai sadar terhadap diri sendiri dan lingkungan baik dari pola makan, dan menjaga kesehatan dalam gaya hidup sustainable living.

"Menurutku masyarakat Indonesia juga yang paling reseptif dalam perubahan hidupnya. A least dari hasil riset, seperti Nielsen, 7 dari 10 orang Indonesia lebih banyak mengonsumsi bahan yang berbasis nabati dan yang lain," papar Max.

Baca juga: Bingung Ingin Mulai Hidup Sehat? Yuk Ikutan Program Healthy Living Ini

Sosok Flora Tobing, Senior Brand Manager Danone Aqua pun menekankan pentingnya gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living, hal ini karena akan memberikan pilihan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

"Gaya hidup berkelanjutan ini memang harus dilakukan, karena selain bermanfaat untuk pribadi, hal ini juga muncul dari pertanyaan apakah nanti anak dan keturunan kita akan dapat memiliki pilihan yang banyak, seperti yang kita nikmati saat ini?. Jadi ini perlu dilakukan," tegasnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Karya Seniman Nugraha Pratama Angkat Kisah dari Banda Neira dalam Pameran Ilustrasiana

BERIKUTNYA

Kanal Denny Sumargo Diretas, Begini 5 Cara Mengamankan Akun YouTube!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: