ilustrasi olahraga pagi (Sumber gambar: Freepik)

5 Olahraga yang Cocok dilakukan di Pagi Hari, Manfaatnya Banyak Banget!

14 September 2022   |   14:31 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Berolahraga pada pagi hari sebelum bekerja ternyata punya manfaat yang banyak. Saat ini ada beragam gerakan olahraga ringan yang bisa kamu pilih. Jadi, meskipun harus berolahraga pada pagi hari, kamu enggak perlu takut akan merasa capek atau malah hilang fokus saat bekerja.

Justru, olahraga pada pagi hari bisa bikin tubuh jadi makin segar. Selain itu, olahraga pada pagi hari juga dapat meningkatkan mood sehingga bisa menunjang produktivitas dalam bekerja.

Olahraga pagi punya banyak sekali manfaat. Jika kamu termasuk orang yang sulit fokus setelah siang hari, olahraga bisa jadi salah satu solusinya. Melansir British Journal of Sports Medicine, olahraga pada pagi hari ternyata bisa meningkatkan fokus, visual, dan emosi saat pengambilan keputusan.

Baca juga: 5 Olahraga yang Pas Buat Exer-Dating, Gaya Kencan Model Baru

Sementara itu, penelitian dari Appalachian State University juga menyebut olahraga bisa menurunkan tekanan darah. Bukan hanya itu, kualitas tidur pun akan membaik saat sering berolahraga pada pagi hari. Dua faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap keseharian kita dalam menjalankan rutinitas.

Di sisi lain, olahraga juga jadi obat alami saat pikiran suntuk. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon tersebut adalah pemicu perasaan senang dan bahagia. Oleh karena itu, berolahraga pada pagi hari akan membuat mood baik sepanjang hari.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan pada pagi hari yang telah dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.


1. Jogging

Jogging atau berlari santai memang sangat cocok dilakukan pada pagi hari saat udara masih sejuk. Jika kamu punya banyak waktu saat pagi, jogging bisa jadi pilihan olahraga yang gampang dilakukan. Cukup siapkan sepatu, kamu bisa berlari di sekitar area rumah.

Jogging pada pagi hari sebelum bekerja disarankan dilakukan selama 30 menit saja. Dengan demikian, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat sehat, tetapi juga tidak terlalu capek. Jogging pada pagi hari bisa membakar 140 kalori-295 kalori.


2. Plank

Plank merupakan olahraga yang cocok dilakukan pagi hari. Sebab, olahraga ini terbilang tidak ribet untuk dilakukan. Kamu hanya memerlukan matras dan bisa melakukan gerakan plank.

Olahraga ini bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan menjaga postur tubuh. Plank juga jenis olahraga yang cocok untuk pekerja kantoran karena bisa memperkuat tulang belakang.


3. Angkat Beban

Jika punya barbel, kamu bisa melakukan latihan beban pada pagi hari. Latihan beban ini juga fleksibel karena mudah dilakukan dan gerakannya juga bisa bervariasi. Angkat beban bisa membantu kamu memperkuat jaringan otot, memperbaiki sistem peredaran darah, dan tentu saja membakar kalori.


4. Jumping Jacks

Jumping Jack merupakan salah satu variasi olahraga kardio. Jumping jack termasuk olahraga yang mengharuskan kamu melompat dan bergerak aktif. Oleh karena itu, jenis olahraga ini bisa meningkatkan aliran darah, mobilitas, dan gerakan sendi.

Olahraga ini cocok dilakukan pagi hari karena mudah dilakukan. Kamu hanya perlu berdiri dengan posisi tegap dan kedua kaki rapat. Mulailah melompat setinggi yang bisa dilakukan sambil melebarkan tangan dan kaki. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dengan batas waktu tertentu.


5. Yoga

Yoga juga termasuk olahraga yang bisa kamu lakukan pada pagi hari. Kamu bisa mampraktikan gerakan yoga yang sederhana saja, misalnya pose pohon.

Caranya ialah dengan berdiri dengan satu kaki, sedangkan kaki lainnya diangkat ke atas. Posisi tangan seperti orang sedang bersedekap. Jaga keseimbangan selama posisi ini dalam waktu dua menit. Kemudian, ulangi dengan tumpuan kaki yang berbeda.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mau Nonton SUPER SHOW 9: ROAD in JAKARTA? Cek Ketentuannya Dulu Yuk

BERIKUTNYA

5 Kasus Kebocoran Data Terbesar di Dunia, Mulai Platform eBay hingga Zoom

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: