Ilustrasi gerai Starbucks (Sumber gambar: Pexels/Tansholpan)

Pertama Kali Pesan Minuman di Starbucks? Simak 7 Langkah Ini Supaya Enggak Bingung

20 September 2022   |   08:34 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Minum kopi bagi sebagian orang sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dipisahkan dari pola hidup masyarakat, baik itu di rumah, di kantor, atau saat nongkrong di gerai-gerai kopi yang kini menjamur di Indonesia. Kebiasaan ini pula yang menyuburkan bisnis kedai kopi dalam negeri.

Salah satu gerai kopi yang cukup populer adalah Starbucks. Perusahan kedai kopi asal Amerika ini memiliki berbagai jenis menu kopi dan hidangan lain seperti espreso, caramel machiato, matcha latte, americano dan masih banyak lagi.

Gigi, mantan barista yang pernah bekerja di salah satu gerai Starbucks di Pejaten, Jakarta Selatan mengatakan, biasanya para barista akan menanyakan jenis minuman yang ingin dipesan oleh pelanggan, baik kopi atau non kopi.

Baca juga: Sama-sama Mengandung Kopi, Ini Bedanya Latte dan Cappuccino

"Barista biasanya langsung menyambut customer seolah teman dekat, kalau kunjungannya sudah lebih dari tiga kali, biasanya barista juga akan memanggil nama mereka secara langsung," kata Gigi pada Hypeabis.id, Selasa (20/9/22).

Nah, bagi Genhype yang baru pertama kali memasuki kedai ini mungkin bingung kan, saat hendak memesan minuman di sana, mengingat ada ragam pilihan serta tambahan bahan menu yang ingin dipesan.

Biar enggak bingung, berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber termasuk tips dari Gigi, bagaimana langkah-langkah memesan kopi di Starbucks. Simak ya.
 

1. Tentukan Jenis Minuman

Hal pertema yang perlu kalian lakukan adalah menentukan jenis minuman yang ingin dipesan, misal espreso, cokelat atau teh. Jika masih ragu, sebelum ke gerainya, Genhype juga bisa cek dulu di situs resminya, atau tanyakan langsung ke barista.


2. Pilih Minuman Panas atau Dingin

Setelah berhasil menentukan jenis mimuman, biasanya barista akan menanyakan apakah pesanan kamu mau disajikan panas atau dingin. Jadi sesuaikan juga dengan keinginan kalian.
 

3. Pilih Ukuran Gelas

Pada umumnya kafe-kafe di Indonesia hanya menyediakan gelas berukuran small, medium, dan large, tapi di Starbucks mereka memiliki ukuran gelas tersendiri dalam beberapa jenis.

Di gerai ini ukurannya antara lain gelas short setara 236 ml, tall setara dengan 355 ml, grande setara dengan 473 ml, venti setara dengan 591 ml, dan trenta setara 917 ml. Dilansir dari menu Starbucks, tiap ukuran gelas memiliki perbedaan harga sekitar Rp5.000 jadi sesuaikan dengan kebutuhan kalian, ya. 
 

4. Pilih Tambahan Rasa

Untuk memaksimalkan rasa atau mengelaborasinya, Genhype juga bisa minta tambahan sirup, gula atau whipped cream. Biasanya untuk gula tidak dikenakan biaya, sedangkan sirup, whipped cream, atau es krim ada biaya tambahan.
 

5. Pilih Jenis Susu

Selain susu sapi, gerai yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika ini juga memiliki jenis varian susu lain, seperti almond, kedelai, dan oat yang biasanya menjadi alternatif susu vegan.

Tak hanya itu, beberapa gerai ini juga menyediakan susu sapi dengan pilihan, seperti nonfat, full cream, dan heavy cream. Genhype bisa juga kok meminta barista untuk membuat minuman sesuai keinginanmu, misal minta sedikit es batu, extra espresso shoot dan yang lain.
 

6. Jangan Lupa Tanya Promo

Banyak gerai-gerai kopi yang mengandalkan promo untuk memenuhi target penjualan mereka. Jadi kalian jangan malu-malu untuk menanyakan promo ke barista. Seperti buy one get one, buy food minimum diskon 50 persen, dan yang lain.

Genhype juga bisa mendapatkan potongan harga setiap hari Kamis dan tanggal 22 tiap bulan sebesar 50 persen untuk pembelian minuman jika menggunakan tumbler official Starbucks dan pembayaran menggunakan Starbucks Card yang sudah teregistrasi.
 

7. Tentukan Jenis Pembayaran

Setelah semua langkah di atas selesai, sekarang tinggal kalian menentukan cara pembayarannya yang meliputi tunai, e-wallet, transfer, QR, dan yang lain.

"Untuk pembayaran, bisa juga lewat Starbucks card yang akan barista tawarin karena ada banyak benefitnya, seperti free drink setelah aktivasi, atau pengumpulan poin yang nanti bisa dituker minuman," kata Gigi.

Nah, Itulah dia Genhype langkah-langkah memesan minuman di Starbucks. Jadi jangan sampai bingung lagi ya. Selamat menjalani rutinitas harian dan jangan lupa ngopi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Manfaat Diet Rendah Garam, Dicoba Yuk!

BERIKUTNYA

7 Resep Rahasia Sehat dan Umur Panjang Ratu Elizabeth II

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: