Ilustrasi Grand Theft Auto V. (Sumber gambar: Rockstar Games/Take-Two Interactive)

Gameplay Gim Grand Theft Auto 6 Bocor di Internet, Intip Perinciannya!

19 September 2022   |   20:30 WIB

Industri gim video mengalami kebocoran terbesar sepanjang sejarah pada Minggu (18/9/2022). Berdasarkan laporan IGN dan PC Gamer, kebocoran kali ini menimpa gim Grand Theft Auto (GTA) 6 yang kini masih dalam tahap pembuatan, namun perinciannya sudah beredar di internet.

Kebocoran ini awalnya didapat melalui komunitas gim GTAForums dengan adanya unggahan 90 video berisikan test build dari gim tersebut dari akun bernama teapotuberhacker, pelaku yang sama di balik kasus peretasan Uber beberapa waktu lalu. Dalam unggahan tersebut, dia membocorkan kode sumber dan aset dari GTA 5 dan 6.

Tak lama, tangkapan layar ini beredar di sejumlah media sosial seperti Youtube, Twitter, Reddit, dan platform lainnya. Berdasarkan bocoran tersebut, GTA 6 nantinya akan memiliki beberapa hal seperti karakter-karakter baru yang bisa dimainkan (termasuk satu di antaranya adalah perempuan) serta latar kota Vice City yang mirip dengan kota Miami.

Baca juga: Profil 10 Perusahaan Gim Indonesia yang Hadir di Ajang Tokyo Game Show 2022

Perincian ini memuat adanya gameplay dari tindakan perampokan, penembakan, percakapan penuh, dan lainnya. Namun, Kotaku melaporkan bahwa kondisi dari bocoran ini diketahui masih dalam proses pemberian tekstur dan model yang belum selesai serta tampak berantakan dengan letak tak beraturan dan kode-kode pendukung yang masih tampak.
 
Meski sumber yang didapatkan akun teapotuberhacker masih tidak dirincikan, dia mengklaim puluhan video tersebut didapatnya dari peretasan grup Slack milik pengembang Rockstar Games. Bahkan, sang peretas diketahui meminta negosiasi dari perwakilan Rockstar Games dan Take-Two sebagai pihak pengembang dan publikasi gim.

"Oke, ini menjadi sangat viral, [saya] bangun dengan lebih dari 3000 pesan pribadi di Telegram. Jika Anda adalah karyawan dari Rockstar atau Take2 dan Anda mencoba menghubungi saya, kirimkan pesan bertuliskan 22559219889638875756 di Telegram atau melalui email di [email protected] dari alamat email perusahaan Anda," tulisnya dalam forum tersebut.
 
Hingga saat ini, pihak Rockstar Games belum memberikan respons atas kebocoran aset produksi gim tersebut maupun tentang kemiripan dari bocoran yang beredar dengan aset GTA 6 yang tengah diproduksi. Namun, jika hal ini benar maka kebocoran ini merupakan yang terbesar sejak kasus kebocoran pada gim Half-Life 2.

Kehadiran gim Grand Theft Auto 6 telah dikonfirmasi sejak Februari 2022 dengan perwakilan Rockstar Games yang mengatakan bahwa gim tersebut tengah dalam proses penggarapan secara aktif. Namun, pihaknya kala itu belum bisa mengonfirmasi waktu perilisan gim ini karena harus menunggu persetujuan dari Take-Two selaku pemilik lisensi GTA.

Dalam prosesnya, GTA 6 diketahui telah memindahkan lebih banyak pengembang gim di dalam proyek, apalagi setelah pihak Rockstar memutuskan membatalkan pembaruan kualitas (remaster) dari gim Red Dead Redemption dan GTA 4.

Baca juga: Trailer Game God Of War Ragnarok Muncul, Bikin Fan Tambah Penasaran

GTA 6 sebelumnya sempat dibocorkan telah digarap sejak 2014 dengan nama Project Americas sebagai judul pengerjaan.

Tak hanya itu, bocoran lain yang beredar adalah tentang potensi tokoh perempuan Lucia yang diduga akan menjadi protagonis wanita di dalam GTA 6, di mana karakter ini diduga diperankan oleh Alexandra Cristina setelah sebuah resume beredar dengan adanya cantuman 'karakter utama' dalam proyek Rockstar Games.

Di sisi lain, Rockstar disebut-sebut akan membuat gim GTA yang lebih sensitif terhadap budaya setelah mendapatkan kritik karena konten transphobic atau fobia dengan orang-orang transgender atau transeksual.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

13 Update Menarik di Tokyo Game Show 2022, One Piece Odyssey hingga Suikoden

BERIKUTNYA

Pecah! Noah Sukses Bawakan 35 Lagu di Konser Ulang Tahun Satu Dekade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: