Ilustrasi Solo Traveling (Sumber gambar: Freepik)

5 Destinasi  Solo Traveling yang Aman untuk Perempuan

05 October 2022   |   19:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini solo traveling sedang jadi tren baru dalam menikmati sebuah destinasi wisata. Solo traveling merupakan  kegiatan seseorang yang bepergian ke suatu tempat wisata sendiri tanpa bersama orang lain. Cara baru ini banyak disukai terutama oleh mereka yang kurang nyaman bepergian dalam kelompok besar.

Solo traveling tidak hanya dilakukan oleh laki-laki, tetapi juga bagi perempuan. Banyak wanita yang menemukan sensasi berbeda ketika dia berwisata sendiri ke suatu daerah. Namun, berwisata sendiri tentu mengandung risiko keamanan, terutama bagi perempuan.

Baca juga6 Kota Ini Cocok untuk Solo Traveling Menikmati Keindahan Indonesia

Oleh karena itu, jika ada yang ingin solo traveling, wajib bagi mereka untuk melakukan riset soal keamanan tujuan wisata yang ingin dikunjungi. Berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang tergolong aman dikunjungi oleh solo traveler.


1. Denpasar, Bali

Survei dari Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) menyebutkan Denpasar, Bali, adalah salah satu kota yang memiliki aspek keamanan cukup tinggi. Oleh karena itu, kota ini sangat ramah bagi para wisatawan, termasuk solo traveler.

Sebagai tempat wisata, Denpasar juga memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Bagi yang menyukai pantai, kamu bisa mengunjungi pantai Sanur, Sindhu, Padang Galak, Segara Ayu, dan Mertasari. Selain itu, ada wisata seni dan budaya yang patut juga dikunjungi, seperti Monumen Bajra Sandhi, Museum Bali Denpasar, dan Pura Agung Jagatnatha.


2. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Kota Banjarmasin juga wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata bagi para solo traveler. Sebab, Kota Seribu Sungai ini juga masuk kota yang aman dikunjungi. Selain itu, fasilitas publik  di Banjarmasin juga sudah cukup memadai sehingga bisa makin memudahkan wisatawan.

Salah satu wisata yang wajib dikunjungi ialah Pasar Apung Lok Baintan. Sesuai namanya, aktivitas pasar di sana dilakukan di atas sungai. Selain cukup unik, pasar apung ini juga punya sejarah tersendiri karena diketahui sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.

Selain itu, traveler juga dapat melakukan wisata budaya di Kampung Sasirangan. Sebab, wisatawan bisa melihat proses pembuatan kain tradisional khas Kalimantan.


3. Palembang, Sumatera Selatan

Kota Palembang juga jadi kota yang aman dikunjungi solo traveler. Kota yang dikenal dengan nama Bumi Sriwijaya ini punya penataan kota dan fasilitas jalan kaki yang juga ramah bagi wisatawan. Kota ini sangat cocok bagi kalian yang ingin berwisata sejarah dan budaya. Ada beberapa wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi, seperti Benteng Kuto Besak,

Masjid Cheng Ho, Museum Balaputradeva, Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang, dan Pulau Kemaro.
Namun, jika sudah ke Palembang, jangan lupa juga mampir ke Jembatan Ampera yang sudah sangat legendaris.

Jembatan yang terletak di Jalan Lintas Sumatera ini adalah ikon kebanggan Kota Palembang. Tentu rasanya kurang lengkap bila kamu tidak mampir dan berfoto dengan latar belakang jembatan tersebut.

Jembatan Ampera makin menunjukkan kecantikannya ketika malam hari. Sebab, gemerlap lampu yang menghiasi jembatan akan menyala dan menambah keindahan jembatan yang sempat menjadi terpanjang di Asia Tenggara tersebut.


4. Yogyakarta, DIY

Yogyakarta juga termasuk kota yang aman bagi wisatwan. Meski dikenal sebagai kota Pelajar, Yogyakarta juga jadi kota surganya wisata. Ada banyak wisata menarik yang ada di Yogyakarta, sebut saja Malioboro, Tugu Jogja, dan Alun-alun Kidul.

Namun, jika ingin sensasi berbeda, kamu bisa mencari wisata yang hidden gem. Misalnya, Grojogan Lepo Dlingo yang terletak di Bantul. Grojogan Lepo Dlingo merupakan wisata air terjun yang indah dan unik.

Sebab, ada 3 air terjun dengan 4 kolam yang kedalamannya bervariasi. Selain itu, ada pula air terjun Luweng Sampang, Watu Giring, hingga Pantai Kalong, yang masih jarang diketahui orang.


5. Solo, Jawa Tengah

Dalam survei yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan, Solo juga masuk ke kota yang aman. Kota yang berdekatan dengan Yogyakarta ini juga tak kalah dalam hal wisata yang menarik, terlebih bagi kamu yang ingin mengeksplor wisata budaya.

Baca juga5 Traveler Wanita di Indonesia, Petualangannya Seru Banget!


Beberapa wisata yang layak dikunjungi ialah Keraton Surakarta, Benteng Vastenburg, Taman Balekambang, Masjid Agung, Pandawa Water World, Alun-alun Kidul, dan masih banyak lagi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

4 Pantai Cantik di Korea Selatan Ini Wajib Dikunjungi

BERIKUTNYA

Efek Tragedi Kanjuruhan, Anak-Anak Butuh Layanan Psikososial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: