Ilustrasi wisata alam di Bukit Wairinding, Pulau Sumba. (Dok. Febiyan dari Unsplash)

UMKM Pariwisata Virtual Mart 2021 Tawarkan Ekowisata Penuh Petualangan

06 November 2021   |   17:06 WIB

Ekowisata kini semakin digalakkan oleh pemerintah, apalagi di tengah upaya pemulihan ekonomi dan pariwisata di tengah meredanya pandemi Covid-19. Salah satu faktor populernya ekowisata di Indonesia adalah karena kebutuhan akan wisata luar ruangan dengan pengalaman yang berbeda dibandingkan jenis wisata lain seperti wisata museum atau wisata dalam ruangan lainnya.

Melalui acara UMKM Pariwisata Virtual Mart 2021 pada Sabtu (06/11), sejumlah biro perjalanan dan operator wisata kini memperkenalkan berbagai destinasi ekowisata dan wisata petualangan dari berbagai kawasan di Indonesia terutama di pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara.

Di kawasan Sumatra, salah satu destinasi hidden gem yang ditawarkan dan direkomendasikan adalah kawasan Pulau Nikoi yang terletak di dekat Bintan, Kepulauan Riau. 

Pulau privat yang menghadirkan konsep alam dan aktivitas luar ruangan ini didesain untuk wisatawan yang senang menikmati pemandangan pantai dan laut serta aktivitas laut seperti snorkeling, kayak, pelayaran, hingga windsurfing. Wisatawan diharapkan bisa menikmati wisata yang menenangkan di kawasan yang tidak padat penduduk.

Beralih ke pulau Jawa, sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan pengalaman ekowisata dan wisata petualangan dengan nuansa tenda atau camping. Beberapa daerah seperti Sukabumi, Purwokerto, Bogor, Kulon Progo, dan Semarang menawarkan penginapan berkonsep camping atau bertenda dengan berbagai macam bentuk.

Selain camping dengan tenda, bentuk camping lain yang juga ditawarkan di dalamnya adalah camping panggung atau glamping, camping dengan mobil van, dan penginapan bersifat homestay di rumah penginapan. Konsep ini sendiri sempat menjadi tren di beberapa destinasi seperti di Semarang dan Bogor.

Bersamaan dengan konsep penginapan berupa camping, aktivitas luar ruangan yang ditawarkan juga sebagian besar meliputi wisata alam seperti bepergian ke air terjun, hutan pinus, pendakian dan trekking serta wisata petualangan seperti arung jeram, off road, dan bersepeda di pegunungan.

Berwisata dengan konsep ekowisata diharapkan bisa menawarkan pengalaman yang dekat dengan alam yang berbeda serta lepas dari hiruk pikuk perkotaan dengan suasana yang lebih tenang dan juga seru.

Terakhir di kawasan Nusa Tenggara yang dikenal dengan pemandangan alam yang cantik dan budayanya yang unik, ada satu destinasi yang enggak kalah menarik selain kawasan Lombok dan Bali. Terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, destinasi alam dan budaya ini terletak di Pulau Sumba.

Berbeda dengan destinasi-destinasi sebelumnya, pulau ini menawarkan pengalaman alam yang asri dan cantik melalui berbagai lokasi seperti bukit, pantai, air terjun, hingga savana serta kawasan kampung adat yang kental dengan keunikan budaya. 

Beberapa destinasi yang menjadi rekomendasi dalam liburan di Pulau Sumba adalah Pantai Mandorak, kawasan savana dan pantai di Puru Kambera, Pantai Kita, Danau Weekuri, Bukit Wairinding, serta Kampung Adat Rattenggaro. Menariknya, sebagian besar kawasan ini memiliki alam yang terjaga sehingga tampak asri dan alami.

Seluruh destinasi ini bisa dinikmati dengan waktu yang variatif, mulai dari dua hari satu malam sampai empat hari tiga malam, dengan anjuran untuk membawa keluarga atau teman di dalam perjalanan ini.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Praktis, Buku Saku Ini Tunjukkan Cara Memberi Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa

BERIKUTNYA

Wingstop Luncurkan Inovasi Rasa Baru dalam Flavor Remixes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: