Ilustrasi cek gula darah (Sumber gambar: Unsplash/Kate)

Sering Dilupakan, Ini 5 Penyebab Gula Darah Naik

19 September 2022   |   15:00 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Gula darah naik sering membuat penderita panik seketika. Sayangnya, gejala gula darah naik malah banyak yang menganggap angin lalu, bahkan tidak sedikit orang lupa apa saja yang menyebabkan gula darah naik. Kamu harus ingat betul-betul penyebab gula darah naik agar tidak memperparah kondisi kesehatan.

Dengan mengetahui gejala gula darah naik kamu bisa tahu apa saja tindakan yang harus kamu ambil dan solusi agar gula darah stabil kembali. Nah, apa saja sih penyebab gula darah naik?

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 3 Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe 1

Simak 5 penyebab gula darah naik yang tidak boleh kamu lupakan!
 

1. Pemanis Buatan

Banyak penderita yang mengira jika mengganti pemanis alami dengan pemanis buatan akan aman. Padahal keduanya sama-sama manis yang belum tentu aman, apalagi dikonsumsi berlebihan. Dilansir dari Hello Sehat, mengonsumsi gula yang berlabel non-kalori bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan mengalami diabetes tipe 2.

Apabila kamu mengkonsumsi pemanis tanpa dikontrol porsinya akan membuat gula darah naik. Sebaiknya kamu hindari dulu mengkonsumsi yang manis-manis. Ganti makanan atau minuman manis dengan buah-buahan yang sudah dijamin sehat serta aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. 
 

2. Minum Kopi

Apakah kamu masih sering minum kopi? Lebih baik hindari sekarang juga. Kopi yang dicampur dengan gula atau pemanis lain sangat tidak baik bagi penderita diabetes. Lagi-lagi pemanis yang bisa menyebabkan kamu berisiko terkena gula darah tinggi. 

Umumnya orang-orang mengira minum kopi yang dicampur dengan gula akan aman, terutama produk yang dijual bebas di minimarket. Padahal kandungan gula di dalamnya sangat melimpah dan tentunya berbahaya bagi penderita diabetes. Jika kamu ingin mengkonsumsi kopi, sebaiknya seduh murni tanpa campurn pemanis.
 

3. Kurang Minum

Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan darah menjadi kental, karena terjadi peningkatan konsentrasi gula pada darah. Sedangkan saat gula darah meningkat, maka keinginan untuk minum akan meningkat juga. Ini akan menyebabkan kamu mudah buang air kecil.

Apabila kamu rutin minum air putih, penumpukan glukosa yang menyebabkan darah mengental tersebut akan lancar kembali dan menghindarkan dari risiko gula darah naik. Seringlah minum air putih untuk mengurangi dehindrasi juga.
 

4. Tidak Beraktivitas Fisik

Penyebab ini adalah yang paling umum terjadi bagi penderita diabetes. Semakin jarang berolahraga, maka risiko gula darah naik juga akan tinggi. Rutinlah berolahraga agar sirkulasi darah lancar dan metabolisme tubuh membaik. Kamu bisa memulai dengan gerakan sederhana seperti pemanasan di pagi hari, berjalanan kaki, dan berenang.
 

5. Fenomena Fajar

Meski terdengar asing, fenomena ini sering menjadi penyebab gula darah tinggi. Biasanya gula darah akan naik di jam-jam tertentu antara jam 2 hingga 8 pagi. Kondisi ini terjadi karena tubuh mengalami peningkatan hormon yang bisa meningkatkan gula darah di pagi hari.

Demikian ulasan mengenai apa saja penyebab gula darah naik. Ingat, jangan sampai kamu melewati hal-hal yang membuat kondisi kesehatanmu memburuk!

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

5 Fakta Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II yang Berlangsung Hari Ini

BERIKUTNYA

Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Begini Jadwal Lengkap Prosesi Pemakamannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: