Iludtrasi ratu Elizabeth II (Sumber Twitter Owen Jenkins)

5 Fakta Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II yang Berlangsung Hari Ini

19 September 2022   |   13:52 WIB

Keluarga kerajaan Inggris dan ribuan penduduknya akan melepas jenazah Ratu Elizabeth II ke peristirahatan terakhirnya, setelah empat hari disemayamkan di Westminster Hall, lewat prosesi rangkaian acara pemakaman kenegaraan pada Senin, (19/9/2022) pagi.

Rangkaian upacara pemakaman ini menjadi hari penuh haru bagi warga persemakmuran Inggris Raya yang baru terjadi lagi sejak pemakaman kenegaraan Winston Churchil 60 tahun silam.

Istana Buckingham sebagaimana disebutkan dalam keterangan resminya bahwa dalam prosesi ini mendiang Ratu Elizabeth II, semasa hidupnya telah menambahkan beberapa perincian dalam acara pemakamannya.

Baca juga: 5 Buku tentang Ratu Elizabeth II Ini Menarik Untuk Dibaca

Nah, bagi Genhype yang penasaran ada prosesi dan kegiatan apa saja dalam upacara pemakaman di Kerajaan Inggris, sebagai dinasti yang paling lama memerintah dalam sejarah itu. Yuk simak lima fakta berikut dilansir dari berbagai sumber.
 

1. Peti Jenazah Dibawa dengan Kereta Meriam.

Selama pemakaman berlangsung, peti jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa menggunakan kereta meriam kerajaan yang ditarik oleh 142 kelasi (prajurit) dari Westmintster Hall ke Abbey pada pukul 09.44  waktu setempat, dan berjalan melalui alun-alun untuk melakukan prosesi ibadah di Westminster Abbey pada pukul 10.00.

Kereta meriam kerajaan ini diketahui juga digunakan pada 1979 untuk mengantar pemakaman paman Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, Lord Moundbatten, serta sempat digunakan untuk pemakaman ayah sang ratu, Raja George VI pada 1952.
 

2. Pemakaman Ratu Jadi hari Libur Warga Inggris.

Pada hari pemakaman Ratu Elizabeth II, pemerintah Inggris juga mengumumkan hari tersebut sebagai libur nasional di seluruh Inggris sebagai bentuk duka cita atas meninggalnya Sang Ratu.

Hal ini diumumkan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang mengatakan bahwa pemerintah Inggris telah mengumumkan hari pemakaman tersebut sebagai libur nasional. Semua kantor pemerintah, bank, dan layanan publik akan ditutup untuk menghormati beliau.
 
 

3. Menghabiskan Biaya yang Fantastis

Pihak Istana Buckingham lewat prosesi pemakamannya yang megah disebut menghabiskan biaya miliaran poundsterling. Hal itu betujuan untuk memberikan penghormatan terakhir pada Sang Ratu.
 
Meski belum membuka suara terkait biaya pemakaman Ratu Elizabeth II, tetapi jika ditaksir kegiatan ini diperkirakan menelan biaya miliaran poundsterling Ingrris. Tak heran, kerena  prosesi ini juga akan dihadiri beberapa pemimpin dari seluruh dunia dan keluarga kerajaan.
 

4. Dijaga dengan Protokol Ketat.

Selama prosesi berlangsung, acara prosesi pemakaman Ratu Elizbeth II juga dijaga dengan protokol ketat oleh pihak berwenang di Inggris yang mencakup Angkatan Laut dan Marinir di sepanjang rute yang dilalui, serta tiga matra Angkatan Bersenjata yang berjaga di alun-alun parlemen.

Hal ini dilakukan karena pemakaman bakal dihadiri 2.000 tamu undangan, termasuk anggota senior keluarga kerajaan, seperti Charles III dan kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry yang akan berjalan mengikuti kereta meriam.
 

5. Prosesi Pemakaman Disiarkan Langsung

Seluruh prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II juga akan disiarkan langsung dari kanal YouTube kerajaan The Royal family, dan juga media televisi Inggris seperti BBC, One, ITV, dan Sky bagi para warga yang ingin menontonnya dari rumah.

Baca juga: Nasib Corgi Ratu Elizabeth II Pasca Ditinggal Pergi Tuannya

Tak hanya itu, warga yang ingin menonton langsung prosesi ini juga dapat menyaksikannya di beberapa tempat, seperti Hyde Park di London, Sheffield’s Cathedral Square di Yorkshire Selatan, Centenary Square di Birmingham, Holyrood Park di Edinburgh, dan Coleraine Town Hall di Irlandia Utara lewat layar-layar besar yang telah disediakan di sana.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Fenomena Jual Jasa Sleep Call di Medsos, Anak Muda Pada Kesepian?

BERIKUTNYA

Sering Dilupakan, Ini 5 Penyebab Gula Darah Naik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: