Pemakaman Ratu Elizabeth II (Sumber gambar: Instagram/theroyalfamily)

Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Begini Jadwal Lengkap Prosesi Pemakamannya

19 September 2022   |   15:48 WIB

Like
Warga Inggris akan mengucap salam perpisahan terakhirnya kepada Ratu Elizabeth II pada 19 September 2022. Pasalnya, hari ini merupakan waktu terakhir rangkaian prosesi sakral Ratu Elizabeth II sebelum dimakamkan di Westminster Abbey pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB.

Sebelum dimakamkan, jenazah Ratu Elizabeth II sempat menetap di Westminster Hall selama empat hari untuk memberikan kesempatan pada publik memberi rasa hormat terakhir mereka. “Pada Senin 19 September pagi, peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa dalam prosesi dari Istana Westminster ke Biara Westminster, dimana layanan pemakaman negara akan berlangsung,” demikian pernyataan dari situs Kerajaan Inggris.

Setelah pemakaman negara, peti mati akan melakuakn perjalanan dalam prosesi dari Westminster Abbey ke Wellington Arch. Dari Wellington Arch, peti mati akan berjalan ke Windsor. Prosesi lanjutan ke St. George’s Chapel akan dilakukan dengan cara long walk. Secara lebih rinci, berikut perkiraan jadwal lengkap prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada hari ini, 19 September 2022:

Baca juga: 5 Fakta Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II 
 

Perkiraan Waktu Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

 
06.30 : Westminster Hall akan  ditutup untuk umum. Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa oleh Pengawal Grenadier ke atas kereta.

08.00 : Pintu Westminster Abbey dibuka untuk tamu undangan yang terdiri dari keluarga bangsawan, keluarga kerajaan, pemimpin negara dan anggota persemakmuran. Terdapat 2000 tamu dalam acara ini.

11.00 : Jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dengan kereta Meriam meninggalkan Westminster Hall menuju Westminster Abbey, didampingi Raja Charles III dan keluarga kerajaan dibelakang peti mati sang ratu. Kereta ditarik oleh ratusan prajurit Angkatan Laut Kerajaan Inggris dalam prosesi ini.

11.10 :  Diperkirakan peti Ratu Elizabeth II akan tiba di Westminster Abbey gerbang sebelah barat. Jenazah diangkat menuju biara untuk dilaksanakan ibadah pemakaman kenegaraan.

12.00 : Kebaktian diakhiri dengan Last Post yang akan mengiringi prosesi mengheningkan cipta dalam waktu dua menit. Suara mengheningkan cipta ini tidak hanya berlangsung di Westminster Abbey, namun juga di seluruh penjuru negeri. Prosesi lanjutan dipersiapkan. Jenazah sang ratu dibawa ke Wellington Arch, Hyde Park Corner.

13.00 : Peti mati Ratu Elizabeth II kembali dibawa ke Westminster Abbey, didampingi anggota keluarga kerajaan dibelakangnya. Big Ben akan berbunyi mengiringi penembakan Minute Guns di Hype park. 

Jenazah kemudian menuju Wellington Arch dan dipindahkan ke mobil jenazah kerajaan (State Hearse) menuju Windsor diiringi lagu kebangsaan God Save The King.

Selanjutnya, State Hearse akan tiba di Windsor. Prosesi berlanjut di Albert Road, sebelum melanjutkan ke Kapel St George dengan cara long walk.

Tembakan ke arah East Lawn dilakukan dengan iringan bell. Lalu, pati Ratu Elizabeth II masuk ke kapel St. George melalui tangga sebelah barat.

16.00 : Rangkaian terakhir prosesi diakhiri dengan kebaktian di Kapel St. George, Windsor. Prosesi ini akan diiringi oleh paduan suara Kapel St George. Lord Chamberlain akan mematahkan tongkat milik Ratu Elizabeth II diatas peti matinya sebelum lagu terakhir rampung.

17.00 : Pemakaman dilanjutkan secara privat di The King George VI Memorial Chapel. Ratu Elizabeth akan dimakamkan bersama suaminya Pangeran Philip. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Sering Dilupakan, Ini 5 Penyebab Gula Darah Naik

BERIKUTNYA

Sandra Dewi Ingatkan Menjadi Ibu Adalah Pekerjaan Seumur Hidup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: