Ilustrasi hacker (sumber gambar: Nahel Abdul Hadi/Unsplash)

Kanal Denny Sumargo Diretas, Begini 5 Cara Mengamankan Akun YouTube!

17 September 2022   |   21:01 WIB

YouTube menjadi salah satu media yang dapat menghasilkan uang pada era digital ini. Beberapa selebritas pun berlomba menciptakan konten seperti podcast untuk menarik jumlah subscriber yang dapat mendongkrak nilai kanal pribadinya. Tujuannya, tentu saja untuk mendatangkan iklan hingga endorsement. 

Di tengah menggeliatnya bisnis konten para Youtuber peraih Gold Play Button tersebut, para pelaku kejahatan siber rupanya menjadikan akun-akun tersebut sebagai sasaran peretasan. Ya, para hacker bisa seketika menyusup hingga membuat pemilik akun YouTube merugi.

Salah satu artis yang baru-baru ini mengalami peretasan dan sempat kehilangan akun YouTube miliknya adalah Denny Sumargo. Pria yang dikenal dengan julukan Pebasket Sombong ini bahkan merugi hingga miliaran rupiah dari kontrak endorsement dan iklan yang turut hilang sejak channel YouTube, Curhat Bang diretas.

Baca juga: Joji, YouTuber Komedi yang Sukses Jadi Musisi Barisan Patah Hati

“Kalau dihitung rugi ya nyesek ya, miliaran soalnya ada beberapa produk yang sudah taro duitnya kan. Karena masalah ini, jadinya enggak bisa," tutur Denny Sumargo kepada media baru-baru ini.

Peretasan akun YouTube Denny Sumargo berlangsung sejak sepekan lalu. Tiba-tiba nama kanal Curhat Bang berganti menjadi Tesla. Beberapa foto mobil mewah itu pun muncul di akun tersebut. Pengikutnya pun menurun drastis sejak saat itu.

Sempat kecewa, Denny pun tidak terlalu memusingkan hilangnya kanal Youtubenya itu. Bahkan. Bahkan peristiwa tersebut dijadikan konten guyonan di akun Instagram pribadinya, Denny Sumargo.

Beberapa konten sempat menunjukkan set lokasi untuk latar podcast di Channel YouTubenya ditutup kain putih. Dia pun mendapat banyak komentar dukungan dan doa dari para pengikut setianya di Instagram. 

Namun kini Denny bisa bernapas lega, sebab kanal YouTube Curhat Bang sudah kembali lagi. Semula hanya ada satu video terbaru dari penyanyi Keisya Levronka yanng diunggahnya pada Jumat (16/9/2022). Namun, kini sebanyak 141 video podcast Denny di Channel YouTube tersebut telah kembali dengan 3,2 juta subscriber. 

Kembalinya semua video Denny diberitahukan salah satu follower-nya di Instagram melalui pesan pribadi, yang diposting ulang Denny. “Serius lu?? OTW check anjirr Mau nangisss gw,” tulis Denny di Instagram Story miliknya Sabtu (17/9/2022) pagi.

Buat yang memiliki channel YouTube dengan banyak pengikut dan menjadi media penghasil uang, berikut ini cara untuk mengamankan akun YouTube dari serangan hacker yang dirangkum dari berbagai sumber. 


1. Kata sandi yang kuat.

Password adalah syarat utama. Kata sandi yang kuat membantu kamu menjaga keamanan informasi pribadi dan mencegah orang lain masuk ke akun kamu. Gunakan 8 karakter atau lebih berupa kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Jangan gunakan kata sandi akun YouTube kamu untuk akun media sosial bahkan akun bank. Jangan gunakan informasi pribadi seperti tanggal lahir, kata-kata umum, atau pola umum seperti 1234.


2. Jangan pernah memberikan akses kepada orang lain.

YouTube tidak pernah meminta sandi, nomor identifikasi, atau data keuangan dan pribadi lainnya. Jika ada yang meminta entah itu menyerupai sistem, hindarilah. Bisa jadi itu adalah upaya peretasan.

Begitu pula jika ada seseorang yang bukan terlibat dalam pengelolaan akun YouTube kamu, meminta informasi, jangan sekali-kali diberikan. Jadi, tetap jaga informasi pribadi kamu ya.


3. Waspada pesan dan konten.

Jangan nonaktifkan otentikasi dua langkah. 2FA adalah prajurit antiperetasan terbaik kamu yang memberikan tingkat keamanan tertinggi dan membantu melindungi akun kamu. Selalu abaikan permintaan apa pun untuk menonaktifkan 2FA dengan dalih apa pun, meskipun permintaan tersebut diduga berasal dari YouTube.

Jangan mengeklik tautan dalam email, pesan, laman web, atau munculan dari situs web atau pengirim yang tidak dapat dipercaya. Peretas dapat menggunakan email, pesan teks, atau halaman web untuk berpura-pura menjadi institusi, anggota keluarga, atau kolega.

Ini dikategorikan sebagai phishing atau ketika seorang hacker menyamar sebagai seseorang yang dapat dipercaya untuk mengambil informasi pribadi. Informasi pribadi dapat mencakup data keuangan, ID Nasional/nomor jaminan sosial, hinnga nomor kartu kredit.


4. Lakukan pemeriksaan keamanan rutin.

Buka  halaman Pemeriksaan Keamanan untuk mendapatkan rekomendasi keamanan yang dipersonalisasi untuk akun kamu. Tambahkan atau perbarui opsi pemulihan akun, aktivasi verifikasi 2 langkah, haus orang yang mencurigakan dari akun YouTube kamu, hapus situs dan aplikasi yang tidak diperlukan, perbaharuilah perangkat lunak dan buat cadangan akun.
 

5. Setel dan periksa izin di saluran YouTube.

Jika kamu mengundang orang lain untuk mengelola saluran YouTube, jangan memberikan akses ke akun Google kamu. Undang seseorang untuk mengakses saluran mereka sebagai manajer yang dapat menambah atau menghapus orang lain dan mengedit detail saluran.

Kamu juga bisa mengundang editor untuk mengedit semua detail saluran, penampil untuk melihat semua detail saluran tanpa mengeditnya, serta pemirsa (terbatas) yang dapat melihat semua detail saluran kecuali informasi pendapatan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik
 
SEBELUMNYA

Vania Herlambang & Max Mandias Bicara Manfaat Sustainable Living

BERIKUTNYA

Ingin Ganti Gaya Rambut? Contek 7 Rekomendasi Warna untuk Rambut Pendek Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: