Roger Federer mengumumkan pensiun dari dunia tenis (Sumber gambar: Instagram Roger Federer)

Roger Federer Pensiun, Intip Perjalanan Karier & Pencapaiannya di Dunia Tenis

16 September 2022   |   08:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like

Karier Profesional 

Pada 1999, Roger Federer memulai musim profesionalnya di peringkat 301 dunia ATP. Atlet debutan itu berhasil membuat banyak orang kagum setelah mencatatkan penampilan yang menawan dengan mengalahkan petenis nomor 5 dunia dan juara bertahan Prancis Open, Carlos Moya.

Dia juga berhasil mengalahkan Davide Sanguinetti yang merupakan petenis peringkat 1 di Italia dan peringkat 48 dunia di tunggal pertamanya. Kendati begitu, pada tahun awalnya, dia juga menelan pil pahit ketika harus kehilangan kedua pertandingan tunggalnya di Piala Davis melawan Belgia dan hanya mampu sampai babak pertama di ajang Grand Slam.

Sang atlet berhasil memenangkan Piala Wimbledon untuk pertama kalinya pada 6 Juli 2003 setelah mengalahkan Mark Philippoussis dalam 3 set. Kemenangan ini menjadi istimewa lantaran Federer bertanding dalam kondisi sakit tulang punggung parah, yang membuatnya tidak bisa duduk.

Kariernya terus menanjak, bahkan dia berhasil menjadi atlet yang memenangkan Grand Slam terbanyak di kategori tunggal putra dengan 20 gelar, dan telah masuk final sebanyak 30 kali. Federer juga berhasil memenangkan 33 ATP World Tour, dan menjadi nomor 1 sebanyak lima kali pada 2004-2007.

Roger Federer tercatat sebagai petenis dengan peringkat 1 dunia selama 302 minggu sejak 2004, setelah memenangkan kejuaraan di ajang Australian Open dengan mengalahkan Marat Safin di babak final.

Baca juga: Xiumin EXO Akan Bintangi Acara Variety Web Bertema Tenis 
 

Roger Federer Foundation

Selain berkecimpung dalam dunia olahraga tenis, Federer juga merupakan seorang dermawan yang aktif dalam kegiatan filantropi. Salah satu bukti nyatanya adalah dengan mendirikan Roger Federer Foundation pada Desember 2003. Lembaga itu adalah yayasan yang didedikasikan untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak yang hidup dalam kemiskinan di Afrika dan Swiss.

Gebrakan pertama dari lembaga bentukannya itu adalah IMBEWU, yakni sebuah proyek pembangunan di Afrika Selatan, negara asal ibu Federer. Hingga akhir 2021, terdapat 1,98 juta anak telah mendapatkan manfaat dari Roger Federer Foundation sejak didirikan sekitar 18 tahun yang lalu

Bagi sang petenis, pendidikan yang baik dapat memungkinkan anak-anak meraih dan membentuk masa depan yang mereka inginkan. Dia pun percaya dengan kekuatan orang-orang untuk membuat anak-anak mampu meraih pendidikan yang baik. Yayasan sampai saat ini masih terus aktif melakukan kegiatannya di dua negara utamanya, Afrika dan Swiss. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 
1
2


SEBELUMNYA

Hari Ozon Internasional, Simak Sejarah & Cara Ikut Serta Melestarikannya

BERIKUTNYA

Mendominasi Rasa Camilan, Bisnis Cokelat di Indonesia Kian Manis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: