Instagram dilaporkan tengah menguji coba fitur respost (Sumber gambar: Pixabay/Simon)

Instagram Uji Coba Fitur Repost ke Pengguna Terbatas, Segera Dirilis?

12 September 2022   |   19:05 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Aplikasi media sosial milik Meta Inc, Instagram, dikabarkan akan segera merilis fitur terbaru mereka yang bakalmakin memudahkan para penggunanya. Platform berbagi foto dan video itu sebentar lagi akan memiliki fitur Repost. Fitur baru ini terbilang merupakan adaptasi dari platform media sosial lain.

Fitur Repost yang sedang dikembangkan Instagram sampai saat ini masih dalam tahap uji coba. Nantinya, fitur ini bakal memudahkan pengguna untuk membagikan foto milik orang lain di feed Instagram. Namun, pengguna yang me-repost tetap memberikan kredit dari pengunggah pertamanya. 

Informasi Instagram akan merilis fitur tersebut pertama kali diketahui dari Matt Navarra, seorang konsultan media sosial. Dia mengunggah tangkapan layar berisi profil milik CEO Instagram, Adam Mosseri. Dalam tangkapan layar itu, ada sesuatu yang cukup berbeda. Sebab, ada fitur repost di tab profil bos Instagram itu.

“Ada fitur repost di Instagram profil? Apa ini Adam?” tulis Matt Navarra di Twitter pribadinya. 

Baca juga: Instagram Resmi Luncurkan Fitur NFT di Indonesia 
 

Sementara itu, pihak Instagram sendiri meski masih irit bicara, sudah mulai terbuka akan kemungkinan adanya fitur repost di dalam media sosial mereka. Melansir dari TechCrunch, pihak Instagram telah mengonfirmasi sedang menjajaki fitur posting ulang itu untuk diterapkan di media sosial miliknya.

“Kami sedang menjajaki kemampuan untuk membagikan ulang postingan di feed Instagram,” ujar juru bicara Meta.

Menurut juru bicara perusahaan, fitur ini mirip dengan reshare di dalam Instagram Stories. Harapannya, fitur bisa membantu orang-orang untuk membagikan ulang postingan orang lain yang disukai pengguna. Selain itu, fitur ini juga wujud Instagram menghargai setiap karya pengguna yang diunggah di platform media sosialnya.

Ya, fitur repost memungkinkan pengguna mengunggah ulang postingan orang lain tanpa menghapus kredit. Saat ini Instagram masih di tahap pengembangan dan segera menguji fitur ini ke sejumlah pengguna tertentu.

Baca juga: Gen Z Beralih ke TikTok dan Instagram, Facebook Ditinggalkan? 
 

Repost Memudahkan Pengguna Instagram

Sampai saat ini Instagram memang tidak memiliki fitur untuk mem-posting ulang unggahan orang lain ke feed pribadi. Pengguna selama ini membagikan unggahan orang lain menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini terbilang meribetkan pengguna.

Oleh sebab itu, penambahan fitur Repost kemungkinan akan membantu pengguna Instagram menghilangkan kebutuhan aplikasi pihak ketiga saat akan membagikan ulang postingan orang lain.

Sebelumnya, fitur repost hanya ada di Instagram Stories. Namun, fitur ini hanya membagikan unggahan cerita orang lain di Stories saja dan hanya bertahan 24 jam. Setelah itu, unggahan ulang akan terhapus dengan sendirinya.

Namun, berbicara soal Repost, fitur ini sebenarnya bukan hal baru di media sosial. Jauh sebelum Instagram, fitur ini terlebih dahulu populer di Twitter dengan nama Retweet. Setelah itu, TikTok juga baru-baru ini meluncurkan fitur repost. Fitur yang diuji coba pada awal 2022 itu kini bahkan sudah bisa digunakan oleh pengguna TikTok, termasuk di Indonesia. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Cek 8 Cara Ini Sebelum Membangun Mezanin di Dalam Rumah

BERIKUTNYA

5 Hacker Paling Lihai dalam Sejarah Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: