NFT Instagram (Sumber gambar: Instagram)

Instagram Resmi Meluncurkan Fitur NFT di Indonesia

06 August 2022   |   08:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Instagram resmi meluncurkan fitur Non Fungible Token (NFT) di Indonesia. Saat ini, para kreator dapat mengunggah karya NFT secara langsung dari blockchain ke Instagram. Para pengguna pun dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT seperti seni, gambar, video, atau musik di Instagram.

NFT merupakan aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. NFT meliputi berbagai bidang seperti karya musik, video klip, musik, game, dan lain sebagainya.

Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia mengatakan, Instagram terus mengeksplor teknologi Web3 karena pihaknya yakin teknologi tersebut memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh
dunia.

Baca juga: 4 Cara Memiliki Pernikahan Metaverse, dari Sertifikat sampai Hadiah NFT

Dengan fitur NFT di Instagram, kata Pieter, pihaknya ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka. Dia juga mengatakan saat ini beberapa blockchain yang didukung oleh Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow, serta Solana yang segera hadir.

"Ke depannya, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories," katanya dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id, Sabtu (6/8/2022).
 

Adapun, dengan hadirnya fitur NFT di Instagram, para kreator dan kolektor memungkinkan untuk melakukan tiga hal yakni:

1. Menghubungkan Dompet Digital

Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram. Dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, dengan Phantom yang akan segera hadir.


2. Berbagi Koleksi Digital

Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan itu juga akan
terlihat di profil mereka.


3. Penandaan Otomatis dari Kreator & Kolektor

Kreator dan kolektor juga dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital, tergantung pada pengaturan privasi mereka.


Ghozali Everyday Meluncurkan NFT di Instagram

Dalam rangka peluncuran fitur NFT ini, Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang lebih dikenal Ghozali Everyday, pun membuat NFT edisi spesial dan mengunggahnya ke akun Instagram pribadinya.

Pemuda yang sempat menjadi perbincangan lantaran sukses menjual foto selfie di marketplace NFT OpenSea itu tampak mengunggah sebuah foto selfie, dengan memegang logo Instagram.
 

S

Sumber gambar: Instagram

Menurut Ghozali, tren NFT sudah ramai di Indonesia sejak awal pandemi Covid-19, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan aset digital ini.

Dia juga menilai bahwa adopsi NFT di Tanah Air masih cenderung kurang masif jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh karena itu, dia mengapresiasi langkah Instagram untuk membuat fitur NFT, yang menurutnya  dapat membuka akses yang lebih besar bagi kreator untuk memperkenalkan dan mempromosikan kreasi digital yang mereka buat.

"Saya berharap fitur ini bisa membantu masyarakat untuk lebih memahami dan akrab dengan NFT. Semoga fitur ini bisa mengakselerasi penggunaan NFT di Indonesia, terutama dengan maraknya kehadiran Metaverse," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Seller, Ikutin 5 Cara Ampuh Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli

BERIKUTNYA

Serunya Traveling & Menjelajahi Kuliner Nusantara dalam Web Series Jiwa Manis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: