Ilustrasi mezzanine (Aaron Huber - Unsplash)

Butuh Ruang Santuy di Rumah? Coba Desain Mezanin

07 May 2021   |   14:23 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Menghadirkan mezanin pada hunian rasanya perlu dipertimbangkan. Sebab area ini bisa kita manfaatkan untuk beragam keperluan. Asyiknya lagi, membangun mezanin tidak semahal membangun lantai dua, yang mengharuskan kita merenovasi habis-habisan rumah.

Selain untuk kebutuhan residensial dan komersial, mezanin juga sering digunakan di sektor publik dan industri. Untuk industri, para pemilik pabrik membangun ruang ini untuk gudang. Adapun sektor publik, mezanin hadir pada bangunan transportasi publik.
Kembali ke mezanin untuk hunian, Hypeabis merangkum berbagai informasi tentang ruang ini. Kalian bisa menggunakannya sebagai referensi ketika hendak membangun ruang ini.

Area Terbuka
Berasal dari bahasa Italia mezzo, yang bermakna setengah, mezanin merupakan tingkat beratap rendah yang sebagian terbuka atau menjorok pada sebuah bangunan. Posisinya ada di antara lantai dan plafon atau lantai satu dengan lantai dua.  Karena perannya sebagai tambahan, mezzanine kerap dimanfaatkan untuk area santai seperti perpustakaan, kamar tidur, dan area bermain.
 

mezanine/decoist

mezanine/decoist



Jarak
Ketika ingin membangun lantai ini, penghuni disarankan memperhatikan jarak antara lantai dan plafon harus tinggi. Ketinggian yang disarankan minimal 5 meter. Dengan jarak tersebut, keberadaan mezanin akan lebih optimal karena tak terlalu sempit.

Letak
Tak ada aturan tertentu mengenai letak mezanin di sebuah bangunan. Penghuni bisa saja menambahkan pada area ruang tamu, atau area lainnya yang lebih luas. Sebab, lantai hanya dibangun sebagian sehingga tidak mengganggu ruang yang ada.

Material Bangunan
Soal material untuk membangun mezzanine, ada beragam bahan yang bisa digunakan.  Mulai dari beton, kayu, hingga baja. Setiap bahan bangunan ini memiliki karakteristiknya masing-masing, dan harganya pun berbeda-beda. Oleh karena itu disesuaikan dengan kebutuhan.

Sirkulasi Udara
Kalian boleh ngebet bangun perpustakaan atau tempat ngopi di mezanin, tetapi perlu juga diperhatikan sirkulasi udaranya. Jangan sampai area yang dimaksudkan untuk santuy ini malah bikin pengap. Pastikan, area mezzanini ini memiliki bukaan untuk udara atau sinar matahari masuk.

Tangga
Faktor penting lain yang juga perlu diperhatikan adalah tangga. Elemen ini penting dipastikan karena terkait dengan keselamatan. Kita perlu memastikan desain tangga yang dibangun mengutamakan keselamatan, tidak sekadar kece.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Contek Tips No Makeup Makeup Look ala Korea

BERIKUTNYA

XM Studios Perkenalkan Koleksi Figurin Star Wars Terbarunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: