Ilustrasi Benteng Marlborough di Bengkulu (Sumber foto: Unsplash/ Kusumo Nugroho)

Melancong ke Bengkulu? Coba 6 Makanan Khas Bumi Rafflesia Ini Yuk

12 September 2022   |   18:05 WIB

Like
Indonesia memiliki aneka ragam khasanah budaya yang tersebar di penjuru Tanah Air. Salah satunya di provinsi Bengkulu yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera dan berhadapan langsung dengan garis pantai Samudera Hindia. Bengkulu tak hanya memiliki Rafflesia Arnoldi yang ikonik atau wisata bersejarah Benteng Marlborough.

Daerah yang dijuluki Bumi Rafflesia ini ternyata juga menyimpan berbagai macam kuliner khas yang  dapat membuat lidah kita bergoyang saat menyantapnya.

Makanan ini juga cukup unik karena tidak dapat ditemukan di daerah lain, sehingga bila kalian ingin menyantapnya harus melancong ke Bumi Rafflesia ini.

Baca jugaPesona Wisata Bengkulu dari Bunga Langka hingga Sejarah Bung Karno

Untuk menggugah rasa penasaran kalian, berikut Hypeabis.id beri bocoran aneka kuliner tradisional Bengkulu tersebut. Simak ya.
 

1. Lempok Durian

Kota dengan motto Sekundang Setungguan Seiyo Sekato yang berarti seberat apapun pekerjaan jika dikerjakan bersama-sama akan terasa ringan juga ini memiliki kuliner khas yang tidak dimiliki daerah lain, salah satunya  lempok durian yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti buah durian, gula, dan sedikit garam.
 

Ilustrasi Lempok Durian (Sumber Foto: Indonesia Kaya)

Ilustrasi Lempok Durian (Sumber Foto: Indonesia Kaya)

Sepintas lempok terlihat seperti dodol di Garut atau jenang di daerah Jawa Tengah. Namun, meski terlihat sama, dodol dibuat dengan bahan utama tepung beras, sementara itu, lempok 100 persen dibuat menggunakan buah durian asli sehingga teksturnya lebih empuk dan legit.
 

2. Pendap

Makanan khas Kota Bengkulu ini dibuat dari bahan dasar  ikan baik tawar atau pun laut dengan bumbu-bumbu rempah yang dihaluskan dan dibalurkan ke ikan tersebut lalu dibungkus dengan daun talas untuk kemudian direbus.

Proses mamasak pendap sendiri membutuhkan waktu kurang lebih delapan jam agar bumbunya meresap sempurna. Selain itu, penggunaan daun talas ditujukan supaya  bau amis ikan hilang dan berganti aroma daun.

Setelah bumbu meresap sempurna, pendap biasanya ditiriskan lalu disantap bersama nasi putih hangat yang cocok dinikmati kapan pun saat perut lapar. Membayangkannya saja sudah menggugah selera bukan?
 

3. Rebung Asam Undak Liling

Rebung yang merupakan tunas muda pohon bambu ini juga bisa disulap oleh masyarakat Bengkulu menjadi makanan yang maknyus loh Genhype. Dengan memanfaatkan aneka rempah dan keong (liling) dua bahan dasar itu pun menjadi makanan khas dengan rasa yang ciamik.

Meski membutuhkan waktu lama untuk memprosesnya, makanan yang hampir mirip dengan gulai ini juga memiliki keunikan sendiri saat disantap, yakni dengan mengambil atau mengeluarkan daging keong yang dilakukan dengan cara menghisap dari cangkangnya.
 

4. Bagar Hiu

Kuliner berbahan dasar daging hiu ini juga wajib menjadi santapan kalian saat berkunjung ke Kota Bengkulu. Meski sepintas mirip rendang di Kota Padang, Sumatera Barat, tapi bagar hiu tidak dimasak menggunakan santan melainkan menggunakan kelapa sangrai.

Kuliner ini juga pernah menjadi makanan favorit Presiden Soekarno saat diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938-1942 silam loh Genhype. Jadi jangan lupa menyantap makanan yang kini juga sudah mulai langka dan biasanya hanya ada pada saat bulan Ramadhan.
 

5. Gulai Kemba'ang

Makanan khas ini juga patut dicoba saat kalian melancong ke Bengkulu. Berbahan dasar iga sapi yang dimasak dengan rempah rahasia turun temurun masyarakat di sana, kuliner ini juga banyak ditemukan saat memasuki bulan Ramadhan hingga lebaran.

Hidangan ini sepintas mirip gulai sapi pada umumnya, tapi dengan bahan dasar rempah yang khas, gulai kemba'ang memiliki citarasa yang berbeda dengan aroma rempah yang cukup kuat. Kamu pun bisa menyantapnya dengan nasi putih  hangat. Dijamin pasti nambah.
 

6. Kue Bay Tat

Kue yang sepintas mirip pai ini juga wajib dicoba dan menjadi buah tangan saat kalian jalan-jalan ke Bengkulu. Dibuat dari bahan utama telur ayam, tepung gandum, gula pasir dan mentega, Bay Tat  dulunya adalah makanan yang hanya dinikmati oleh kaum bangsawan.

Namun, kini kalian tak perlu khawatir untuk mencicipi kelegitannya yang memiliki rasa nano-nano manis, gurih dan asin ini. Kudapan yang memiliki makna 'kue tart induk' ini dapat kalian temui di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Bengkulu.

Nah, itulah dia Genhype 6 makanan khas kota Bengkulu yang wajib kalian coba saat melancong. Jangan sampai lupa ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News) 

Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

NCT 127 Konser di ICE BSD November, Cek Harga Tiket dan Syaratnya!

BERIKUTNYA

Cek 8 Cara Ini Sebelum Membangun Mezanin di Dalam Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: