Ilustrasi desain rumah (Sumber: Unsplash/Stephan Bechert)

Punya Lahan Terbatas, Yuk Intip Inspirasi 5 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Ala Jepang

12 September 2022   |   18:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Dengan keterbatasan lahan dan kemampuan finansial, memiliki rumah minimalis menjadi idaman bagi keluarga baru untuk membangun hunian yang nyaman dengan harga terjangkau. Tak sedikit pula dari calon pemilik rumah yang memanfaatkan ruang ke atas atau memilih rumah dua lantai.

Bagi yang memiliki banyak anggota keluarga, mereka menyiasati keterbatasan ruang dengan menciptakan desain dua lantai untuk memenuhi kebutuhan. Ada yang memilih konsep mezzanine ada juga yang menyukai lantai penuh.

Meski tak semua gaya interior cocok untuk hunian minimalis ini, tapi Genhype tidak perlu khawatir karena bisa menerapkan desain rumah minimalis ala Jepang yang dapat membuat rumah mungil kalian nampak luas dan asri.

Baca juga: 13 Kiat Menciptakan Eco House yang Ramah Lingkungan dan Estetik

Berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber lima desain rumah minimalis dua lantai ala Jepang yang bisa kalian jadikan inspirasi ketika ingin membangun rumah untuk berlindung. Simak ya!

 

1. Desain Slice of the City

Rumah unik ini adalah karya dari Alphaville Architects yang membuat desain hunian minimalis di distrik Nishinomiya, Jepang berbentuk dua blok vertikal yang saling berhadapan satu sama lain dengan disambungkan lorong datar yang terbuat dari beton.

Laman Archdaily menulis, rumah ini didedikasikan oleh Alphaville bagi mereka yang ingin memiliki hunian minimalis berlantai dua dan tetap menginginkan privasi dengan eksterior yang futuristik.
 

Desain rumah Slice of the City (sumber gambar Archdaily.com)

Desain rumah Slice of the City (Sumber gambar: Archdaily/Toshiyuki Yano)

Atap rumah ini sendiri menggunakan kaca skylight sehingga pencahayaan rumah terlihat lebih natural. Agar lebih dinamis, mereka juga membangun tangga ke setiap rungan yang dibuat miring dan disesuaikan dengan posisi jendela. Sehingga penghuni dapat menikmati pemandangan yang berubah dari berbagai sudut.

 

2. Desain HsK House

Desain rumah karya Architecture studio no. 555 berlokasi di Tokyo, Jepang yang dibuat pada tahun 2015 menggunakan campuran material kayu jati  dan beton dengan atap miring yang terbuat dari kayu ek.
 

Desain Rumah HsK House (Sumber gambar: World Architects)

Desain Rumah HsK House (Sumber World Architects)

Rumah minimalis berbentuk vertikal ini juga memiliki jendela yang unik dengan warna netral kayu yang kontras dengan bangunan utamanya yang berwarna krem  sehingga membuat bangunan ini memiliki kesan futuristik.

Dengan mengaplikasikan rumput di halamannya yang terbatas tanpa memberi pagar juga semakin membuat rumah ini luas saat dipandang, sehingga kalian juga akan nyaman untuk bermain di sana.
 

3. Desain Module Grid

Mengusung tema kesederhanaan, rumah rancangan karya arsitektur ternama Tetsuo Yamaji ini dibangun menggunakan material-material ramah lingkungan yang kebanyakan didominasi oleh kayu di daerah pinggiran Kanto utara, Jepang.
 

Desain rumah  Module Grid (Sumber Archdaily)

Desain rumah Module Grid (Sumber gambar: Archdaily/Kenta Hasegawa)

Dilansir melalui Archdaily, rumah ini didedikasikan Yamaji untuk pasangan muda yang baru memiliki dua anak kecil agar nyaman di rumah mereka sendiri meski huniannya dibangun dengan harga yang relatif murah.

Rumah ini sendiri baik di bagian depan dan belakang ruangan rumahnya juga diisi dengan furnitur-furnitur berbahan kayu sehingga  konsep yang memadukan desain kontemporer dan tradisional ini menghasilkan hunian yang terlihat elegan.
 

4. Desain Relation

Hunian minimalis yang dibangun layaknya rubik ini dibuat oleh arsitek Tsubasa Iwahasi dengan memanfaatkan desain mezzanine (ruang tambahan) dalam satu lantai yang menghubungkan ruangan yang satu dengan yang lain.
 

Desain rumah Relation (Sumebr Archdaily)

Desain rumah Relation (Sumber gambar: Archdaily/Yoshiro Masuda)

Selain dapat menghemat ruang pada rumah dengan lahan yang terbatas, desain mezzanine yang dibuat dengan bahan-bahan kayu ini juga senada dengan konsep tradisional Jepang yang menjunjung tinggi kesederhanaan, tapi juga terkesan rapi.
 

5. Desain Koro 

Desain rumah minimalis karya Katsutoshi Sasaki ini pertama kali dibuat di komplek Kota Toyota, Jepang, pada tahun 2014. Area ini tulis Archdaily pada awalnya adalah sebuah hutan tapi akhirnya berkembang jadi pemukiman penduduk, sehingga dibuatlah desain rumah yang menggambarakan tentang masa depan.
 

Desain Rumah Koro (Sumber Archdaily)

Desain Rumah Koro (Sumber gambar: Archdaily/Katsutoshi Sasaki + Associates)

Dilihat dari atas, rumah ini berbentuk hexagonal  dengan dinding yang dibalut dengan kayu berwarna abu gelap sehingga memberi kesan industrial modern. Namun kesan ini akan berubah saat kalian masuk, karena akan disambut nuansa hangat dengan dinding dan lantai berwarna krem.

Tak hanya itu, ruangan di dalam rumah juga nampak luas berkat sistem skylight yang diaplikasikan pada sisi atas tiap dinding, sehingga cahaya alami dari luar langsung dapat menerobos ke dalam ruangan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

1 Jam dari Jakarta, Cek Destinasi Wisata Alam di Kawasan Jonggol Bogor

BERIKUTNYA

Hati-hati, 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Hujan Petir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: