Minum boba (RODNAE Productions)

Es Boba Bikin Diabetes? Ini Kebiasaan Anak Muda Penyebab Diabetes!

12 September 2022   |   16:50 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena adanya kegagalan tubuh memproses glukosa menjadi energi akibat kelebihan produksi glukosa. Es boba yang mengandung gula melimpah bisa menjadi salah satu faktor tersebut. Sebab kandungan gula pada es boba memicu kadar gula meninggi hingga menyebabkan kefatalan yaitu diabetes.

Penyakit ini akan menghantuimu seumur hidup jika tidak segera menghentikan kebiasaan minum yang manis-manis seperti es boba. Selain minum es boba, ada beberapa saat ini yang memicu diabetes.

Yuk, simak kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan diabetes.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Mudah Dicari untuk Penderita Diabetes
 

1. Jarang berolahraga

 

Woman runs (Tirachard Kumtanom)

Woman runs (Tirachard Kumtanom)

Kaum rebahan harus rajin olahraga dari sekarang agar terhindar dari diabetes! Melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti olahraga akan membantu melancarkan metabolisme tubuh yang bisa berkontribusi bagi kesehatan tubuh. Lakukan kegiatan ini sebanyak 3 - 4 kali dalam seminggu minimal setengah jam. Mulailah dengan olahraga sederhana seperti pemanasan, berjalan kaki, bersepeda, hingga mendaki.
 

2. Sering begadang

 

Begadang (Cottonbro)

Begadang (Cottonbro)

Biasanya anak muda yang sering begadang adalah mahasiswa semester akhir yang sedang menyelesaikan skripsi. Tahukah kamu, ternyata begadang sangat buruk bagi kesehatan jika kamu tidak segera merubah kebiasaan ini.

Agar kamu tidak menyita separuh jam tidur malam, lakukan penjadwalan untuk belajar dan tidur. Menyusun jadwal belajar dan tidur akan menolong kamu mengatur waktu dengan baik. Tentunya hal ini akan membawa dampak baik juga bagi kesehatan tubuh kamu.
 

3. Merokok

 

Merokok ( Barik5ive)

Merokok ( Barik5ive)

Kebiasaan ini juga yang paling sering dilakukan anak muda tetapi juga sering diabaikan bahayanya. Padahal merokok tidak hanya menyebabkan masalah pernapasan saja, loh. Merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Kok bisa? Nikotin yang ada pada rokok mengandung gula, bila kamu merokok tiga batang dalam sehari itu berarti kamu mengonsumsi gula yang tinggi.
 

4. Makan fast-food

 

Fried chicken (Kai-Chieh Chan)

Fried chicken (Kai-Chieh Chan)

Makanan cepat saji sering dijadikan andalan anak muda saat ini tanpa repot masak dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya batasi konsumsi makanan cepat saji mulai saat ini agar kamu terhindarkan dari dampak negatif makan makanan cepat saji.
 

5. Tidak mengontrol makanan

 

Food ( Chan Walrus)

Food ( Chan Walrus)

Makan tanpa menghitung jumlah kalori harian bisa menyebabkan gula darah naik, loh. Mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa mengatur jumlah kalori serta glukosa. Jika kamu makan berlebihan tidak hanya diabetes saja yang bisa menghantui kamu tetapi juga obesitas.

Sebaiknya hitung kebutuhan kalori harian dan indeks massa tubuh agar kamu tahu makanan apa serta porsi tepat yang dibutuhkan tubuh kamu.

Demikian ulasan mengenai beberapa kebiasaan buruk anak muda yang bisa menyebabkan diabetes di kemudian hari. Yuk, jauhi kebiasaan-kebiasaan di atas!

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.
SEBELUMNYA

Mimpi Kota Ambon Jadi Episentrum Musik Dunia

BERIKUTNYA

Anak Muda Simak Yuk, 5 Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: