Ilustrasi video call dengan kamera laptop. (Sumber gambar: Unsplash)

5 Cara Membuat Kamera Laptop Lebih Jernih

12 September 2022   |   11:00 WIB

Like
Kamera pada komputer dan laptop merupakan salah satu kamera yang memerlukan pembaruan karena kualitasnya yang kadang cukup gelap, kurang jelas, dan kurang tajam. Biasanya, hal ini disebabkan karena kamera bawaan yang memiliki resolusi yang di bawah standar.

Penggunaan kamera pada komputer dan laptop kini penting dengan intensitas penggunaan aplikasi sambungan telepon video seperti Zoom, Google Meet, hingga Microsoft Teams. Tidak hanya itu, kamera laptop juga dibutuhkan dalam beberapa jenis siaran langsung seperti pada YouTube dan siaran dengan media sosial sejenis.

Untuk meningkatkan kualitas dari kamera pada komputer dan laptop, yuk simak beberapa cara di bawah ini.

Baca juga4 Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca pada Komputer & Laptop
 

1. Gunakan pencahayaan eksternal

Meski pencahayaan untuk kamera bisa didapat dari cahaya lampu atau cahaya matahari, sumber cahaya tambahan ternyata penting untuk meningkatkan kejernihan video. Untuk cahaya ini, penggunaan lampu yang terang dengan warna yang lembut bisa menyajikan warna yang lebih akurat dan mengurangi grain pada video.

Tata letak juga memiliki pengaruh, di mana cahaya dari sisi samping dan belakang juga memberikan kesan kamera yang jernih dan jelas. Pastikan tata letak ini tidak membuat Genhype tampak terlalu gelap atau terlalu terang saat masuk ke dalam tampilan video.
 

2. Atur pencahayaan dari dalam sistem

Selain dari sumber cahaya, pengaturan cahaya juga bisa dilakukan dari sistem kamera atau aplikasi video call. Biasanya, pengaturan cahaya yang disesuaikan meliputi opsi umum seperti tingkat keterangan, kontras, hue, dan saturasi serta opsi yang bisa ditemukan secara spesifik seperti ISO dan white balance.

Pengaturan ini berpengaruh pada seberapa banyak cahaya masuk ke dalam kamera dalam produksi gambar, tingkat grain yang ada di dalam gambar, hingga jumlah warna putih di dalam sebuah gambar yang bisa diatur secara manual.
 

3. Tingkatkan resolusi layar

Penyesuaian resolusi juga bisa jadi cara untuk meningkatkan atau mengurangi ketajaman serta pixel density pada gambar. Resolusi bisa diatur dalam pengaturan sistem komputer jika kualitasnya menjadi kabur dan terdistorsi saat menggunakan kamera laptop dan komputer.
 

4. Uji coba bandwidth

Koneksi internet juga punya pengaruh terhadap kecepatan bandwidth per detik atau kualitas data yang tampak dari pengirim ke penerima, baik kualitas jernih maupun kabur. Biasanya, kecepatan internet yang dibutuhkan minimal sebesar 128 kbps hingga 1Mbps atau lebih untuk mendapatkan kualitas yang jernih.

Pemeriksaan bandwidth bisa menggunakan situs daring seperti SpeedTest dan pengecekannya bisa dilakukan secara real time. Selain mempermudah mengetahui kepastian dari jumlah bandwidth dan kecepatan internet yang pasti, pemeriksaan ini juga bisa memastikan tindakan preventif dengan mencari koneksi internet yang tidak banyak digunakan oleh banyak perangkat.
 

5. Bersihkan lensa kamera

Pembersihan dan perawatan lensa kamera jadi cara teknis untuk memastikan gambar yang dihasilkan tetap jernih dari partikel debut. Cara pembersihannya adalah menggunakan kain lap halus dan pembersih khusus seperti blower tangan yang biasa digunakan pada kamera profesional.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Tampil Perdana di Teaser The Little Mermaid, Simak Profil Halle Bailey

BERIKUTNYA

Mencuri Raden Saleh Tembus 2 Juta Penonton dan Rating 8,2 di IMDb

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: