Perkiraan pendapatan kotor film Mencuri Raden Saleh bisa mencapai Rp300 miliar (Sumber gambar: twitter.com/mrs_film)

Mencuri Raden Saleh Tembus 2 Juta Penonton dan Rating 8,2 di IMDb

12 September 2022   |   11:42 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko, yakni Mencuri Raden Saleh berhasil menembus angka dua juta penonton sejak tayang perdana pada 25 Agustus 2022. Dengan demikian, film bergenre heist tersebut masuk dalam jajaran film Indonesia terlaris tahun ini.

Pencapaian tersebut disampaikan melalui akun resmi film Mencuri Raden Saleh @mrs_film. “Terima kasih 2,000,000++ penonton! Piko, Ucup, Sarah, Fella, Gofar, Tuktuk, Permadi, Rama, Dini, Mas Gito, Pak Budiman, dan teman-teman lain juga ikut berterima kasih buat kamu semua,” demikian tulis akun tersebut.

Unggahan pencapaian ini turut mendapatkan beragam tanggapan dari pengguna Twitter lainya. Banyak di antara mereka memberikan selamat atas pencapaian yang telah diraih oleh film tersebut. Akun @ramdianiiiii menuliskan bahwa ini pertama kalinya dia menonton film di bioskop di mana seisi ruangan kompak tepuk tangan di penghujung film.

 

Akun lainnnya, yakni @Horangipower15, menuliskan bahwa dirinya memiliki pengalaman yang sama dengan akun @ramdianiiiii ketika para penonton tepuk tangan di dalam studio saat menyaksikan film Mencuri Raden Saleh.

“Sama, ingat banget pas aku lagi amaze banget di adegan berantem refleks tepuk tangan malah diikuti satu studio,” katanya.

Baca juga: Film Mencuri Raden Saleh Bukti Film Indonesia Mampu Eksplorasi Genre

Sementara itu akun @sh3fiaaaa_ menuliskan bahwa orang tuanya mengajak untuk menonton kembali film Mencuri Raden Saleh karena tidak percaya bahwa film ini adalah buatan sineas Indonesia.

“Cihuy selamat, mamaku sampe mengajak aku re-watch saking enggak percayanya itu [Mencuri Raden Saleh] film Indonesia,” katanya.

Dalam hitungan Hypeabis.id, film Mencuri Raden Saleh setidaknya memperoleh perkiraan pendapatan kotor sebesar Rp70 miliar – Rp300 miliar dengan asumsi tarif bioskop berada pada kisaran Rp35.000 – Rp150.000.

Dengan pencapaian lebih dari dua juta penonton, ini membuat film Mencuri Raden Saleh bersanding dengan film-film terlaris lainnya yang dirilis sepanjang 2022, sampai dengan September, seperti KKN di Desa Penari, Pengabdi Setan 2, Ivanna, Ngeri-Ngeri Sedap, dan Kukira Kau Rumah.
 

Tangkapan layar halaman Mencuri Raden Saleh. (Sumber gambar: IMDb)

Tangkapan layar halaman Mencuri Raden Saleh. (Sumber gambar: IMDb)


Sementara itu, dilansir dari laman IMDb, film Mencuri Raden Saleh memperoleh rating 8,2 dari 10. Film ini mendapatkan penilaian dari 683 pemilik akun di laman IMDb. Dari total 683 penilai, sebanyak 246 penilai atau 36 persen memberikan nilai 10 dari 10. Sementara pemberi nilai 9,8, dan 7 terhadap film Mencuri Raden Saleh masing-masing sebanyak 189 penilai, 159 penilai, dan 56 penilai.

Akun @yeanyprajaya yang memberikan penilaian 9 dari 10 menuliskan bahwa story telling film Mencuri Raden Saleh sangat bagus bahkan dengan liku-likunya. Cerita maju – mundur yang terdapat dalam film yang sangat baik membuat 2,5 jam berlalu tidak terasa.

Pengenalan dan pengembangan karakter yang hebat membuat penonton ikut terbawa di dalam cerita, dan tidak ada karakter yang terbuang pecuma. Para pemeran jelas terlihat mampu memainkan peran sesuai dengan karakter dan memberikan penampilan yang luar biasa.

Film ini juga memiliki sinematografi dan koreografi yang hebat. Tidak hanya itu, editing dalam film juga mampu meningkatkan dan menekankan adegan dan cerita. Menurutnya, tidak ada adegan yang terbuang.

Baca juga: Selain Mencuri Raden Saleh, Ini 5 Film Terbaik Garapan Angga Dwimas Sasongko

“Dan saya juga menyukai latar belakang lukisan itu sendiri dan filosofi yang menjadi tema film. Mencuri Raden Saleh merupakan film Indonesia terbaik di tahun 2022 sejauh ini,” tulisnya.

Sementara akun @MichaelNontonMulu yang memberikan nilai 8 dari 10 menuliskan bahwa film ini jauh lebih baik dari yang diharapkan. Pada awalnya, dia berpikir bahwa Mencuri Raden Saleh akan sedikit murahan, terutama melihat para pemeran yang terdiri dari aktris dan aktor muda.

Film itu ternyata sangat bagus setelah ditonton, dan transisi antara satu plot ke plot lainnya mulus. Menurutnya, film ini memiliki nilai produksi yang tinggi dengan pengaturan yang luar biasa, koreografi petarungan yang luar biasa, urutan aksi yang bagus – terutama pencurian itu sendiri.

“Bahkan ada plot twist merek dagang dari genre semacam itu yang dimasukkan dengan cemerlang di sini. Dengan akhir seperti itu, saya tidak keberatan untuk melihat sekuel jika mereka memilih untuk melakukannya, bahkan jika kali ini durasinya mungkin agak terlalu lama,” tulisnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Cara Membuat Kamera Laptop Lebih Jernih

BERIKUTNYA

7 Outfit Nyaman Saat Musim Hujan, Jaga Tampilan Tetap Stylish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: