Ratu Elizabeth II (Sumber gambar: Wikilmages/Pixabay.com)

Prestasi Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Ini Daftar Peristiwa Penting dalam Hidup Ratu Inggris

09 September 2022   |   12:28 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Duka mengalir dari tanah Inggris dan negara persemakmurannya. Sang ratu akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Kamis, 8 Agustus 2022 waktu setempat. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di  istana Balmoral, Skotlandia. Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II mengukir prestasi yang membanggakan warga Inggris.

Beliau banyak terlibat dengan lebih dari 600 organisasi dan badan amal dunia di dalam hidupnya. Tidak hanya terlibat pasif, Ratu Elizabeth II juga turut menjadi pelindung bagi beberapa organisasi tersebut.

Selain kegiatan sosial, Ratu Elizabeth II banyak mempelopori agenda lainnya. Beliau merupakan wanita pertama dari keluarga kerajaan yang tergabung dalam Armed Services, yakni angkatan bersenjata Inggris. Ratu Elizabeth II juga berperan aktif berlatih dan memegang senjata saat masa Perang Dunia II terjadi.

Baca jugaRatu Elizabeth II Meninggal Dunia, Ini Cerita di Balik Penobatannya sebagai Ratu Inggris

Prestasi lainnya yang pernah diukir adalah saat Ratu Elizabeth membuka pintu Istana Buckingham untuk umum pada 1993 lalu. Ini merupakan sejarah pertama saat publik bisa memasuki kawasan Kerjaan Inggris. Dana dari tiket masuk ke Istana Buckingham kemudian dipergunakan untuk membangun kastil yang sempat rusak pada 1992 lalu.

Sebelum internet ada, sang satu menggunakan ARPANET untuk mengirim email pada 1976. Agenda mengirim email itu tercatat sebagai sebuah kegiatan pengiriman email pertama yang dilakukan ratu atau raja di dunia. Terakhir, Ratu Elizabeth II dinobatkan sebagai ratu terlama yang pernah memegang takhta monarki Inggris.

Wanita yang lahir pada 21 April 1916 ini telah memimpin Inggris sejak 6 Februari 1952 hingga hari kematiannya kemarin. Selama 70 tahun memimpin, Ratu Elizabeth II telah menunjuk 14 Perdana Menteri. Terakhir, sang ratu baru saja menunjuk Liz Truss menggantikan Boris Johnsson menjadi Perdana Menteri Inggris.

Tidak hanya prestasi, ratu tersohor yang dihormati di dunia ini juga melewati banyak persitiwa penting dalam hidupnya mulai dari kecil, menikah, memiliki anak, dan memimpin Inggris. Dilansir dari  express.co.uk, Hypeabis.id merangkum beberapa peristiwa penting yang dilalui Ratu Elizabeth II semasa hidup:
  • 21 April 1926: Ratu Elizabeth II lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary di Mayfair, London.
  • 10 Desember 1936: Elizabeth II dinyatakan menjadi pewaris tahta setelah ayahnya menjadi raja, setelah Raja Edward VIII memutuskan turun takhta.
  • 13 Oktober 1940: Pidato umum pertama Elizabeth II di usia 14 pada agenda BBC Children's Hour.
  • 1945: Elizabeth melayani Inggris saat Perang Dunia II kemudian diangkat menjadi Subaltern di Auxiliary Territorial Service.
  • 20 November 1947: Elizabeth memilih Pangeran Philip Mountbatten untuk menjadi suaminya. Pernikahan berlangsung di Westminster Abbey.
  • 14 November 1948: Pangeran Charles, anak sulung Elizabeth dan Philip lahir, ini sekaligus menandakan dia menjadi pewaris takhta Inggris selanjutnya.
  • 15 Agustus 1950: Anne selaku anak kedua dan putri satu-satunya dari Elizabeth lahir di London.
  • 6 Februari 1952: Raja George VI meninggal dunia, Elizabeth bersiap menjadi ratu penerus takhta.
  • 2 Juni 1953: Elizabeth dinobatkan menjadi Ratu Inggris di Westminster Abbey.

Ratu Elizabeth II di prosesi penobatan ratu Inggris (Sumber gambar: Annie Spratt/Unsplah.com)

Ratu Elizabeth II di prosesi penobatan ratu Inggris (Sumber gambar: Annie Spratt/Unsplah.com)

  • 19 Februari 1960: Pangeran Andrew, anak ketiga Elizabeth dan Philip  lahir di London. Anak ketiga Elizabeth, Pangeran Andrew, lahir di London.
  • 10 Maret 1964: Anak keempat Elizabeth dan Philip, Pangeran Edward lahir di London.
  • Mei 1965: Elizabeth berkunjung ke Jerman Barat, sebuah kunjungan sejarah untuk Jerman pertama oleh seorang pemimpin Inggris setelah 52 tahun terakhir.
  • 1977: Perayaan Silver Jubilee, menandai 25 tahun Elizabeth memegang takhta.
  • 1992: Tahunn mengerikan bagi Elizabeth tiga pernikahan anaknya harus berakhir ke perceraian. Di tahun ini juga Kastil Windsor kebakaran.
  • 31 Agustus 1997: Putri Diana meninggal dalam tragedi kecelakaan mobil di Paris. Elizabeth membuat siaran televisi dengan tujuan mengenang Diana.
  • 2002: Perayaan Golden Jubilee, penanda 50 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth II. Namun di tahun ini Ratu Elizabeth II berkabung karena meninggalnya sang ibu dan adik perempuan.
  • 20 Desember 2007: Ratu Elizabeth menyalip Ratu Victoria menjadi pemimpin Kerajaan Inggris yang memiliki hidup terlama.
  • Mei 2011: Elizabeth berkunjung ke Irlandia, ini menjadi kunjungan pertama bagi Inggris setelah kemerdekaan Irlandia.
  • 2012: Perayaan Diamond Jubilee, penanda 60 tahun pemerintahan Elizabeth.
  • 9 September 2015: Elizabeth menyalip Ratu Victoria sebagai raja terlama yang memegang tahta monarki dalam sejarah Inggris.

Ratu Elizabeth II saat di mobil (Sumber gambar: LuciaLucy/Pixabay)

Ratu Elizabeth II saat di mobil (Sumber gambar: LuciaLucy/Pixabay)

  • 11 Juni 2016: Perayaan ulang tahun resmi Ratu Elizabeth II yang berusia 90 tahun. Perayaan dilakukan dalam dalam tiga hari di seluruh penjuru negeri.
Baca jugaMengenang Ratu Elizabeth II, Simak Profil Lengkap Pemegang Takhta Terlama Inggris Ini
1
2


SEBELUMNYA

London Bridge is Down, Ini Tahapan Setelah Meninggalnya Ratu Elizabeth II

BERIKUTNYA

Terjual dengan Harga Fantastis, Inilah 5 Lukisan Termahal para Old Master Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: