Ilustrasi chat WhatsApp. (Sumber gambar: Unsplash)

4 Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Telepon

07 September 2022   |   21:53 WIB

WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi obrolan daring yang banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia. Aplikasi milik Meta ini memiliki sejumlah fitur yang diperkenalkan dalam berbagai aspek, mulai dari pengiriman pesan hingga keamanan obrolan.

Salah satu hal yang bisa dilakukan di WhatsApp adalah mengirimkan pesan kepada nomor pengguna yang tidak ada dalam daftar kontak. Biasanya, hal ini cukup sulit dilakukan karena umumnya cara ini dilakukan melalui nomor yang sebelumnya masuk dikirimkan ke dalam ruangan chat.

Baca juga: Kuy Berkenalan dengan 6 Fitur WhatsApp untuk Perlindungan Pesan Teks

Namun, ternyata ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghubungi pengguna lain yang ada di chat lho! Mulai dari penggunaan teknik khusus hingga aplikasi pihak ketiga, yuk intip beberapa caranya.
 

1. Cantumkan nomor telepon di dalam chat

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk meninggalkan pesan ke nomor yang tidak ada dalam kontak adalah mengirimkan nomor dan nama pengguna ke dalam sebuah pesan obrolan dengan format khusus, yaitu berupa link nomor WhatsApp. Biasanya, cara ini bisa dilakukan untuk membuka fitur self-chat atau obrolan dengan nomor sendiri maupun nomor orang lain melalui WhatsApp ponsel dan web.

Format ini bisa ditulis dengan link http://wa.me/(kode negara dan nomor telepon) untuk format singkat atau http://api.whatsapp.com/send?phone=(kode negara dan nomor telepon) pada bar alamat situs di browser. Setelah memasukkan nomor tanpa simbol tambahan seperti tanda kurung dan tanda tambah, buka halaman tersebut dan akan ada pesan yang mengarah pada WhatsApp orang lain.

Cara lainnya adalah dengan mencantumkan sebuah nomor tanpa alamat situs ke dalam ruang obrolan WhatsApp. Biasanya, cara ini dilakukan dengan mengirimkan nomor tanpa pemisah spasi atau strip, lalu klik nomor tersebut dan akan muncul pop-up bertuliskan 'Nomor ponsel ini ada dalam WhatsApp' dan pengguna bisa memilih untuk melakukan chat atau menghubunginya.
 

2. Cara untuk pengguna iPhone

Bagi mereka yang memiliki WhatsApp di ponsel iPhone, ada cara lain yang hanya bekerja untuk sistem operasi iOS 12 dan versi yang lebih baru. Cara ini menggunakan fitur Siri Shortcuts, sebuah aplikasi khusus dalam ponsel Apple sebagaimana disebutkan dalam situs Gadgets360.

Untuk cara ini, Genhype bisa membuka aplikasi dan memilih menu Galeri. Setelahnya, masukkan shortcut yang disukai dan pindah ke halaman Pengaturan > Shortcut > nyalakan opsi Allow Untrusted Shortcuts dan buka halaman WhatsApp to Non Contact yang ada dalam iCloud.

Setelah memilih tombol Get Shortcut dan unggah aplikasi tersebut, masukkan shortcut dari aplikasi WhatsApp to Non Contact ke dalam halaman My Shortcut di Siri Shortcuts. Nyalakan aplikasi ini saat ingin menghubungi nomor yang tidak ada di kontak dan cantumkan nomor penerima pesan dengan kode negara. Tahapan selesai saat muncul tampilan WhatsApp dengan halaman baru.
 

3. Aplikasi dan situs pihak ketiga

Meski dua cara di atas merupakan cara yang lebih simpel, beberapa pengguna ada yang memilih penggunaan aplikasi pihak ketiga yang bisa ditemukan dalam rupa situs maupun aplikasi. Untuk situs, beberapa pilihannya meliputi SendWhatsappMsg.com, NoContactApp.com, EasyMessage.app, dan Rainer.li.

Untuk situs, caranya hanya mengakses halaman web di browser ponsel atau perangkat komputer dan pilih kode negara nomor penerima dan masukkan nomornya. Setelahnya, masukkan pesan yang akan dikirimkan dan tekan Send Message.

Sementara itu, pilihan aplikasi untuk obrolan ini meliputi Easy Message di Android dan iOS; Direct Message for WhatsApp dan Click to Chat di iOS; serta WhatsDirect dan Click to Chat di Android. Cara dari penggunaan ini cukup membuka aplikasi pihak ketiga yang sudah diunduh, lalu cantumkan kode negara dan nomor telepon dan pilih opsi 'Start Chat in WhatsApp' untuk nomor yang tidak ada di dalam kontak.
 

4. Melalui Grup WhatsApp

Jika kontak yang ingin dihubungi ternyata berada dalam satu grup obrolan WhatsApp yang sama, maka caranya hanya tinggal memilih kontak yang ada di dalam grup. Biasanya, cara ini dilakukan dengan membuka halaman informasi tentang grup dan periksa daftar anggota di dalamnya, lalu pilih nomor penerima yang dituju.

Baca juga: Asyik, WhatsApp Sedang Uji Coba Opsi Edit Pesan Terkirim

Setelah itu, muncul pop-up yang terdiri dari memasukkan nomor ke dalam kontak serta menghubungi nomor tersebut melalui pesan teks dan telepon. Terakhir, pilih opsi metode kontak yang ingin dilakukan dan lakukan obrolan tersebut.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Wajib Tahu, Begini 6 Cara Memproteksi Data Pribadi di Akun Digital

BERIKUTNYA

Drama Korea Revenge of Others Umumkan Daftar Aktor, Ada Siapa Saja?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: